Sebelum bangsa Romawi memiliki pasukan yang tangguh untuk menguasai Eropa dan sebgaun Afrika. Di Asia Tengah sudah muncul sebuah kerajaan besar yang berdiri sekitar 4500 tahun yang lalu. Kerajaan ini berkembang dengan pesat hingga menciptakan peradaban yang besar. Masyarakat di sini tertata dengan baik dan sistem militernya berkembang dengan sangat pesat.

Artikel Lainnya
Bukan Inggris atau Tiongkok, Bangsa Inilah yang Dipercaya Pertama Kali Memainkan Sepak Bola
Jangan Dilakukan! Tidur Tengkurap Memiliki Efek Buruk Bagi Kesehatanmu

Militer Asiria dikenal sangat sangat hebat dalam bertarung. Mereka kerap melakuan penyerangan untuk memperlebar kekuasaan. Jauh  sebelum Aleksander Agung dikenal oleh banyak orang, para panglima perang di sini menerapkan sistem militer unik yang membuat militer modern seperti tidak ada apa-apanya. Berikut fakta ngeri dari militer Asiria.

1. Sistem Perekrutan Tentara yang Unik

Kalau di Indonesia masih banyak orang membayar uang untuk jadi anggota tentara, di Asiria tidak demikian. Di masa lalu, semua pria diwajibkan untuk melayani kerajaan apa pun statusnya. Setiap pria akan memiliki siklus tiga tahunan yang akan dihabiskan untuk kerajaan dan keluarga.

Sistem Perekrutan [image source]
Tahun pertama, seorang tentara akan bekerja untuk memperbaiki sistem pertahanan di dalam kerajaan. Mereka akan disuruh membuat jembatan atau mempertebal benteng pertahanan. Di tahun kedua, mereka akan dikirim perang melawan musuh atau melakukan invasi. Kalau tahun kedua ini seorang pria mati, mereka tidak akan bisa hidup dengan keluarga di tahun ketiga. Oh ya, siklus ini terus berjalan hingga tentara mati atau tidak memiliki fisik yang kuat.

2. Menyebarkan Teror yang Mengerikan

Bukan tentara Asiria namanya kalau tidak melakukan aksi mengerikan. Setiap mereka memasuki kawasan baru, penduduk yang ada di sana akan ditangkap dan diperlakukan dengan sangat mengerikan. Mereka akan dikuliti hidup-hidup hingga mati karena tidak kuat menahan rasa sakit yang teramat dalam.

Meyebarkan Teror [image source]
Setelah melakukan penyiksaan, mereka akan mencatat apa yang telah dilakukan. Biasanya setiap raja yang memerintah akan memiliki tablet batu yang menggambarkan prestasi mereka. Di dalam tablet akan digambarkan atau dituliskan metode eksekusi sehingga siapa saja yang membaca akan dibayangi teror.

3. Menghancurkan Apa Saja yang Ada

Satu kekejaman yang sangat dikenal dari tentara Asiria adalah keinginan mereka dalam menghancurkan apa saja yang ada. Setiap masuk ke kota atau kawasan baru, mereka akan membunuh siapa saja yang ada. Tidak peduli itu wanita, orang tua, atau anak sekali pun. Mereka akan menghabisinya hingga tidak bersisa dan tanpa ampun.

Menghancurkan apa saja yang ada [image source]
Selain membuat semua penduduk yang ada di kota habis. Mereka juga membakar kota dan menghancurkan semua bangunan yang ada hingga tidak bersisa. Tentara Asiria berusaha untuk menghapus kota dalam peta dan berusaha membangunnya lagi menjadi miliknya yang resmi bagaimana pun caranya.

4. Memiliki Hukuman yang Sangat Mematikan Bagi Kriminal

Asiria adalah negara yang dipenuhi dengan hukuman. Tinggal di sini membuat siapa saja menjadi robot sehingga seluruh hidupnya harus disetir seperti masalah kewajiban ikut dalam militer. Kalau ada pria yang melanggar aturan itu, mereka akan langsung menghukumnya dengan telak seperti dipotong anggota tubuhnya atau dibunuh.

Memiliki hukuman yang sangat mematikan [image source]
Militer bekerja sebagai kontrol masyarakat yang otoriter. Kalau ada pencuri yang tertangkap, tangan mereka akan langsung dipotong saat itu juga. Kalau ada yang diam-diam mendengar percakapan penting dari pihak kerajaan, mereka akan akan dihukum dengan dipotong telinganya hingga putus. Setiap yang salah langsung dipotong apa pun alasannya.

Inilah fakta ngeri militer Asiria yang pernah menguasai kawasan Timur Tengah ribuan tahun yang lalu. Jika bangsa ini hidup hingga sekarang, kira-kira seperti apa ya militernya. Jangan-jangan negeri besar seperti Amerika bisa tunduk di bawahnya.