in

Penting untuk Diperhatikan! Begini Cara Hadapi Kondisi Darurat Saat di Pesawat

Sampai saat ini, korban dari jatuhnya Pesawat Lion Air JT-610 masih beberapa saja yang ditemukan. Dari sini, Brigjen Marinir Bambang Suryo Aji selaku Dirops Pencarian dan Pertolongan Basarnas memprediksi kalau tak akan ada korban yang selamat. Ini karena korban yang ditemukan sementara ini hanyalah berupa potongan tubuh saja.

Dari insiden ini, kita jadi berpikiran kalau para penumpang pesawat kemungkinan besar tidak bisa selamat dari kecelakaan. Kalau sudah terjebak di kondisi darurat, maka hanya doa yang bisa dipanjatkan dan intinya pasrah. Namun pemikiran seperti itu tidaklah benar sepenuhnya. Sebab ada beberapa hal yang bisa kita lakukan supaya selamat dari peristiwa mengerikan semacam itu.

Para penumpang diwajibkan untuk memperhatikan instruksi dari awak kabin

Sering kali ketika naik pesawat, banyak penumpang yang mengabaikan instruksi dari awak kabin. Padahal sebenarnya itu sangat penting untuk keselamatan penumpang kalau terjadi hal yang tak diinginkan.

Wajib perhatikan instruksi dari awak kabin [Sumber Gambar]
Alvin Lie selaku pengamat penerbangan mengutarakan jika semua yang diucapkan dan diperagakan oleh pramugari tersebut berguna bagi keselamatan diri dari para penumpang. Jadi sebaiknya para penumpang memperhatikan instruksi dari awal sampai akhir dengan seksama. Nah kalau kurang jelas, kalian bisa bertanya kembali kepada awak kabin ataupun membaca buku petunjuk yang disediakan di masing-masing tempat duduk.

Menghitung jarak tempat duduk ke arah pintu darurat

Alvin Lie juga menganjurkan hal yang tak kalah penting untuk dilakukan kita sebagai penumpang. Sebelum kita duduk, alangkah baiknya untuk melihat di mana pintu darurat berada. Kalau sudah tahu di mana letaknya, kita menghitung banyak kursi dari tempat duduk menuju ke arah pintu darurat.

Menghitung jarak kursi ke pintu darurat [Sumber Gambar]
Hal ini perlu sekali kita lakukan karena saat pesawat dalam kondisi darurat, semua lampu akan dimatikan. Ya meskipun nantinya akan ada lampu di lantai pesawat yang menyala, tapi itu tidak cukup membantu Sahabat Boombastis.

Jika pesawat akan mendarat darurat, lakukan hal ini

Apabila Sahabat Boombastis di dalam pesawat yang hendak mendarat darurat, jangan lupa melakukan hal-hal penting ini. Dave Inch selaku Kapten Pesawat Boeing 787 mengatakan hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyingkirkan semua benda tajam dari kantong baju atau celana.

Melepas sepatu hak tinggi [Sumber Gambar]
Ini dilakukan supaya kita tidak tertusuk benda tajam saat terjatuh. Lalu longgarkan ikat pinggang, melepaskan dasi atau syal dan juga menyingkirkan sepatu hak tinggi.

Lakukan hal ini kalau pesawat sudah mendarat darurat di darat

Nah, jika pesawat yang ditumpangi sudah mendarat darurat, jangan buru-buru untuk bangkit dari kursi. Tetaplah duduk dan tunggu instruksi dari awak kabin. Mungkin butuh waktu beberapa menit, tapi kalian perlu sabar sedikit untuk menunggu instruksinya.

Jangan buru-buru keluar dari pesawat [Sumber Gambar]
Lebih baik berlama-lama daripada terburu-buru yang bisa membahayakan nyawa. Intinya tetap sabar dan jangan gegabah Sahabat Boombastis. Semua orang di dalam pesawat menginginkan selamat dari peristiwa tersebut, namun tetap tunggu instruksi dari pihak yang lebih mengerti metode penyelamatannya.

Kalau pesawat mendarat di air, perhatikan aspek-aspek penting ini

Dave Inch juga menjelaskan apa yang harus dilakukan ketika pesawat mendarat darurat di air. Menurutnya, hindari mengembangkan rompi atau pelampung sampai kita berada di pintu darurat. Kalau kalian terburu-buru mengembangkan pelampung, maka yang ada tubuh kita akan mengambang ke arah langit-langit pesawat.

Jangan kembangkan pelampung sebelum dekat dengan pintu keluar [Sumber Gambar]
Jika sudah begini, kita akan susah keluar dari pintu darurat. Nah, jika masalah satu ini terjadi pada kalian, lepaskan pelampung dan berpeganganlah kepada seseorang yang menggunakan rompi. Jangan takut tenggelam, karena pelampung pada pesawat diciptakan untuk menyelamatkan dua orang kok.

Selamat dari kecelakaan pesawat memang sangat kecil harapannya. Tapi setidaknya dengan melakukan trik-trik di atas, kita bisa mengurangi risiko kematian. Jadi kunci utama keselamatan ini adalah memperhatikan instruksi dari para awak kabin. Selain itu, tidak panik ketika pesawat mengalami kondisi buruk. Jika kita panik, maka bisa membuat keadaan pesawat menjadi tak kondusif dan selanjutnya berpengaruh kepada keseimbangan pesawat. Tetap berhati-hati saat melakukan perjalanan jauh ya Sahabat Boombastis dan jangan lupa untuk berdoa.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Lion Air Jatuh 13 Menit Pasca Take Off, Ini Penjelasan ‘Critical Eleven’ dalam Penerbangan

5 Tugas Berat Basarnas yang Buktikan Mereka Adalah Pekerja Keras dan Tak Kenal Lelah