in

Jangan Gegabah! Lakukan Hal Ini Seandainya Terjebak di Lokasi Penembakan

Penembakan di Thailand yang terjadi pada Minggu (8-9/2/2020) menjadi salah satu momen paling mencekam dan menakutkan di awal tahun ini. Setidaknya ada lebih dari 20 nyawa tewas karena peluru yang ditembakkan secara random oleh Jackrapanth Thomma. Ia beraksi di mal Terminal 21 serta lokasi lain di Nakon Ratchasima, Thailand.

Para pengunjung yang ada di dalam mal dan selamat serta bisa keluar adalah mereka yang mendapatkan kabar melalui aplikasi layanan pesan singkat setiap saat mengenai pergerakan Jackrapanth. Sebelumnya, beberapa dari mereka bersembunyi di toilet dan ruang lain untuk menyelamatkan diri. Nah, kalau sedang berada dalam kondisi darurat berupa terror penembakan seperti ini, inilah hal yang bisa kamu lakukan.

Menelepon kepolisian terlebih dahulu

Jika malangnya, kamu adalah orang yang terjebak dalam situasi seperti para pengunjung mall Thailand ini, maka pertama-tama jangan bingung. Tenang dan hubungi pihak kepolisian terlebih dahulu. Mengapa begitu? Karena, aparat kepolisian punya wewenang untuk menangkap pelaku kejahatan.

Emergency Call [sumber gambar]
Mereka juga punya perlengkapan senjata yang lengkap, atau mungkin bisa mengerahkan pasukan dalam jumlah banyak untuk melumpuhkan pelaku. Setelahnya, baru hubungi keluarga, minta mereka agar tidak panik, dan jangan datang ke lokasi, karena hal itu akan menambah rumit serta rawan bahaya.

Manfaatkan media sosial

Zaman sekarang, media sosial sangat bisa menolong orang yang sedang kesusahan –bahkan mungkin di ujung pintu mara bahaya. Kabarkan dan sebarluaskan bahwa tempat yang bersangkutan sedang tidak aman.

Meminta tolong melalui medsos [sumber gambar]
Hal ini mungkin bisa mengurungkan niat orang yang mau mendatangi tempat tersebut, sehingga semakin banyak nyawa yang bisa diselamatkan. Tulis pengumuman itu dengan bahasa sejelas mungkin, agar orang-orang tidak bingung.

Temukan tempat persembunyian yang aman

Kalau kamu pernah menonton film ‘Hotel Mumbai’ maka akan tau seberapa mencekamnya suasana saat penembakan berlangsung. Setelah mengabari polisi dan orang terdekat, carilah tempat yang tertutup, aman, dan mungkin tidak akan didatangi oleh pelaku.

Sembunyi di tempat yang aman [sumber gambar]
Misalnya saja, toilet, ruang dapur restoran, atau mungkin pintu darurat yang bisa menuntunmu keluar dari dalam gedung dengan selamat. Tetapi ingat, selalu waspada dan fokus. Pastikan semua peralatan elektronik dalam kondisi silent.

Cari informasi terkait dengan peristiwa yang sedang terjadi

Saat penyerangan, pelaku pasti terus mencari mangsa. Hal ini tentu membuat orang yang ada di keramaian itu tak bisa keluar dan memantau apa yang sedang terjadi di sekitar mereka. Dalam kondisi seperti ini, maka kamu bisa mengecek media sosial dan berita terkini keadaan di tempat itu.

Memantau informasi di tempat kejadian [sumber gambar]
Kalau sedang bersembunyi, maka cobalah googling perkembangan terkininya. Seandainya polisi sudah mengepung tempat itu atau memberikan instruksi, maka kamu bisa bergerak. Namun, jika tidak, tetaplah berada di ruangan tersebut hingga pertolongan datang.

BACA JUGA: Dikenal Jago Tembak, Inilah Sosok Pria yang Lakukan Penembakan Brutal di Thailand

Yang tak kalah penting ada berdoa agar Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungimu. Jangan gegabah dan salah ambil langkah. Kesalahan sedikit saja bisa membuat nyawamu dalam bahaya.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Kerokan hingga Pakai Teh Anget, Inilah Alasan Virus Corona tak Menular di RI Ala Netizen

Heboh Kasus Penembakan di Thailand, Begini Perbandingan Antara Hanuman SWAT dan Densus 88