Mengingat Ramadan adalah bulan di mana kita tak boleh makan minum, maka concern paling utama di bulan ini selain ibadah adalah makanan. Ya, makanan adalah hal yang paling dipikirkan saat bulan puasa. Setiap saat selalu terpikirkan apa ya kira-kira pas buat buka, mau bikin makanan apa, dan sebagainya. Kadang kita sudah mikir ini itu soal santapan padahal magrib masih jauh, etdah.

Tak hanya makanan buka, untuk sahur pun orang-orang juga banyak kepikiran. Susah-susah gampang sih menyoal makanan sahur ini. Sebenarnya hanya tinggal makan, namun memang bikin nggak enak sih waktunya. Habis bangun banget lalu makan, rasanya kayak nggak bisa menikmati makanan. Nah, kalau kamu merasa seperti itu, maka ulasan ini untukmu. Kali ini Boombastis akan memberikan tips-tips untuk makanan sahur yang nggak hanya menggugah selera makan tapi juga menyehatkan. Simak ges, penting ini!

Oseng-oseng kangkung hangat, bikin nafsu makan meningkat

Oseng kangkung enak dan sehat

Kalau sahur enaknya memang menikmati sesuatu yang hangat. Sayur pun lebih enak yang nggak berkuah. Contohnya tumisan atau oseng-osengan. Kangkung adalah sayur yang bisa kalian jadikan opsi untuk menu sahur. Sebab, sayur ini memang punya rasa juara saat diolah sebagai tumisan. Kalau kamu kurang suka kangkung, bisa coba juga mengganti kangkung dengan sayur lain seperti sawi, kacang panjang atau buncis. Bumbu-bumbu yang dibutuhkan juga sederhana, antara bawang merah, bawang putih, cabe rawit, garam dan gula. Anak kost juga pasti bisa mengolah sendiri menu sahur yang enak dan bernutrisi ini.

Telur gulung isi sayuran

Telur gulung sayuran

Kadang, saat sahur, kita paling malas makan pakai sayur. Pernah ngalamin? Tapi, demi kebaikan kita, baiknya tetap mengkonsumsi sayur untuk memenuhi kebutuhan selama berpuasa. Kemalasan makan sayur masih bisa kok disiasati dengan ‘menyisipkan’ sayur di lauk kita. Seperti apa tuh? Yuk, bikin aja telur gulung isi sayuran. Cara membuatnya hampir sama dengan membuat telur dadar pada umumnya kok. Cukup siapkan worter yang dicincang halus, sawi yang diiris tipis, bawang bombai cincang, bawang daun dan bawang putih. Semua bahan itu bisa dicampurkan dalam kocokan telur, setelahnya tambahkan merica dan garam. Telur pun siap digoreng dan disajikan, dan hasilnya… kita tetap makan sayur saat sahur.

Tumis tempe kecap

Tumis tempe kecap

Salah satu makanan segala umat di Indonesia adalah tempe. Harganya yang murah dan rasanya yang enak bikin makanan ini digemari banyak orang. Jika kamu salah satu penggemar tempe, boleh banget mengolah makanan ini dengan cara yang berbeda. Nggak melulu digoreng dengan garam, tempe juga bisa diolah sebagai tumisan. Mungkin ibu kalian pernah membuat menu ini sebelumnya. Kini giliran kalian yang coba buat untuk menu sahur. Caranya juga mudah, cukup tempe membentuk dadu kecil. Kemudian siapkan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah, lengkuas, daun salam, kecap, dan garam. Nah, jika kamu sahur dengan menu tempe, kamu nggak perlu meragukan kandungan nutrisinya. Dijamin kamu kuat puasa seharian.

Bihun goreng, buat kamu yang males makan nasi

Bihun goreng

Malas makan nasi saat sahur? Kayaknya banyak yang mengalami hal serupa. Tapi, hal itu bukan alasan kamu nggak makan sahur. Kalau pun nggak selera makan nasi saat pagi, kamu bisa pilih karbohidrat lain sebagai pengganti. Contohnya nih, mie atau bihun. Jangan melulu mie instan lho ya, mungkin sesekali boleh, tapi jika terlalu sering, tentu nggak baik buat kesehatan. Untuk menyiasati malas makan nasi, coba aja olah bihun untuk makan sahur. Kamu bisa membuat bumbu yang sesuai selera kamu. Bisa juga menambahkan irisan kubis sebagai pelengkap, kalau mau lebih enak, tambahkan saja sosis atau bakso, biar makan sahur jadi lebih semangat.

Telur orak arik

Telur Orak Arik

Jam sahur emang paling males banget berurusan dengan dapur. Makanya, rasanya pengen bikin olahan yang sesimple mungkin. Telur orak arik bisa kamu jadikan pilihan untuk makan sahur. Secara, cara membuatnya sederhana dan cepat. Dan tentu saja tanpa mengabaikan nutrisi ya. Coba siapkan beberapa butir telur di kulkas. Jadi, kamu bisa memanfaatkan itu jika sewaktu-waktu ingin santap sahur dengan telur. Cara membuatnya sederhana, cukup goreng telur dan orak arik bersama bumbu. Sebagai campurannya, bisa tambahkan sawi putih dan cabe besar. Menu sehat dan praktis pun siap untuk mengawali puasa kalian.

Itulah lima menu praktis, enak dan tentu saja sehat untuk santapan sahur teman-teman muslim semuanya. Semoga menjadi mencerahan buat kalian yang suka males membuat olahan saat sahur. Apa pun alasannya, sahur dengan menu sehat itu harus lho ya.