Ramadan tahun ini mungkin lebih berat dari tahun-tahun sebelumnya. Jangankan mikir untuk beli baju baru biar gaya di hari lebaran, untuk menu sahur dan buka tiap hari saja harus diirit-irit. Terlebih adanya larangan mudik untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, bikin para perantau harus ikhlas menjalankan ibadah puasa jauh dari keluarga.

Membahas soal berpuasa tanpa keluarga, yang paling ngenes pasti soal makan sahur dan berbuka. Kebanyakan anak rantau sangat mengandalkan mie instan yang dianggap murah dan cepat. Padahal, masih banyak menu sehat, murah, dan praktis yang bisa dicoba. Cukup hanya pakai magic com saja lho.

Sop praktis tanpa ribet

Dengan budget sekitar 10 ribu, atau bahkan nggak nyampe segitu, kalian sudah bisa menikmati menu buka dan sahur sekaligus.  Yups, sop adalah rekomendasi terbaik untuk buka puasa atau pun sahur. Selain bernutrisi, rasanya juga enak. Kalian bisa beli satu paket sayur sop di tukang sayur, biasanya harga nggak sampai lima ribu.

Sayur sop [sumber gambar]
Satu paket sayur sop itu biasanya sudah dapet wortel, sepotong kubis, kentang berukuran kecil, buncis juga daun bawang dan seledri. Seperti di judul, cara memasak hanya menggunakan magic com. Rebus semua bahan dalam magic com, kemudian ditambah bumbu racik sop. Biar makin mantul lagi, bisa juga ditambahkan makaroni atau sosis. Setelah matang, sayur sop siap disajikan untuk menu buka. Kalian juga bisa menyisihkan sebagian untuk makan sahur di malam harinya.

Ada nasi sisa? Bikin nasi goreng aja

Menu favorit sejuta umat ini nggak bakal gagal menggugah selera. Dengan memanfaatkan nasi sisa yang ada di magic com, kamu bisa mengolahnya jadi menu sahur atau berbuka tanpa ribet. Yang perlu dilakukan adalah memindahkan nasi sisa di wadah lain, lalu membersihkan magic com. Set magic com dengan mode ‘cook’, lalu masukkan margarin hingga meleleh.

Nasi Goreng Ekonomis [sumber gambar]
Tambahkan  bumbu ulekan bawang merah, bawang putih, cabe, terasi, dan garam. Setelah harum, bisa langsung memasukkan nasi sisa ke dalam magic com. Aduh hingga rata. Bila suka, kamu bisa tambahin irisan sosis. Oh iya, kalau malas ngulek bumbu nasi goreng, masih bisa pakai bumbu instan yang dibeli di warung-warung loh.

Kare ekonomis super praktis

Salah satu kuliner nusantara paling beken adalah kare. Masak menu kare untuk menu berbuka juga bisa jadi pengobat rindu masakan emak. Bumbu instan dengan cita rasa ‘rumahan’ sudah banyak dijual di minimarket. Biar lebih irit, daging ayam bisa diganti dengan tahu dan telur rebus.

Kare telur tahu [sumber gambar]
Cara memasak juga cukup simple, kamu nggak perlu ngantri dapur karena bisa langsung dimasak di kamar kos. Tinggal siapkan magic com dan rebus santan bersama bumbu instan. Masukkan telur rebus dan juga tahu goreng. Praktis dan yang pasti enak disantap saat buka mau pun sahur.

Omelet murmer

Punya stock mie instan tapi udah bosen makan seduhan mie instan melulu? Baiklah, berarti sekarang waktunya bereksperimen membuat sesuatu yang ‘beda’. Kalian bisa bikin omelet murmer alias murah meriah dengan memanfaatkan telur dan mie instan. Caranya sederhana, masak mie instan seperti biasa. Kalian bisa menggunakan magic com juga saat memasaknya.

Omelet murah meriah [sumber gambar]
Setelah itu, kocok telur, dan masukkan mie tersebut dalam telur. Tambahkan irisan daun bawang, kacang polong, dan irisan cabe. Boleh ditambahkan tepung terigu biar tekstur omelet sedikit lebih padat. Jika kalian tambah tepung, jangan lupa tambah garam atau kaldu bubur agar omeletnya lebih sedap saat dijadikan lauk. Goreng omelet di magic com dengan menekan tombol cook, kemudian tambah minyak dalam wadah dan goreng seperti biasa.

BACA JUGA: 6 Menu Sahur yang Menyelamatkan Saat Bangun Telat

Yang harus diingat buat para anak rantau nih, yang murah dan bikin kenyang bukan cuma mie instan. So, jangan melulu menganggap mie sebagai penyelamat perut saat harus berhemat. Apalagi saat momen puasa gini, tubuh butuh lebih banyak nutrisi. Ada baiknya kamu memanfaatkan magic com untuk mengolah sayur sendiri.