4 Alasan Menolak Ajakan Makan di Restoran Mahal

oleh Febri
11:30 AM on Apr 11, 2015

Ketika diajak untuk makan di sebuah restoran mewah, mungkin Anda akan berpikir dua kali untuk menerima tawaran tersebut, bahkan mungkin menolaknya. Penyebabnya tentu adalah harganya yang mahal, tidak disertai dengan kualitas makanan yang sebanding. Selain itu, kadang kita akan kecewa dengan jumlah porsi dan jenis makan yang tidak seenak namanya.

Umumnya restoran mewah menawarkan makanan ala Barat, yang belum tentu cocok dengan lidah kita. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cornell University New York, mengungkapkan bahwa manusia masih terjebak dalam anggapan makanan dengan harga yang mahal sudah pasti enak. Padahal belum tentu seperti itu, berikut ini adalah beberapa alasan yang bisa Anda gunakan untuk menolak makan di restoran mewah yang membandrol harga tinggi.

Baca Juga
Mengenal Phu Quoc, Penjara Super Sadis yang Terapkan ‘Siksa Neraka’ di Vietnam
Chatting Kocak Anak Ingusan Main Online Shop Ini Endingnya Bikin Melongo

1. Harganya Mahal

Sudah pasti hal yang lebih dahulu dilihat dari sebuah restoran mewah adalah harga. Pernahkah Anda merasakan penyesalan telah mengeluarkan sejumlah uang hanya untuk seporsi makanan di restoran mewah? Padahal, dengan kualitas makanan yang sama, Anda dapat membeli makanan dengan harga yang jauh di bawah patokan restoran mewah.

Harganya Mahal (c) cnnindonesia
Harganya Mahal (c) cnnindonesia

Yang membuat harga makanan menjadi lebih mahal adalah karena adanya pajak hampir di semua restoran mewah. Jadi, kalau kita bisa makan enak dengan harga murah, mengapa kita harus rela membayar mahal untuk makanan dengan kualitas yang sama?

Harga Mahal (c) liputan6
Harga Mahal (c) liputan6

2. Bentuk Cantik Porsi Sedikit

Kebanyakan orang Indonesia mempunyai porsi makan yang besar. Tidak heran jika ketika makan di luar rumah, terutama restoran mewah pasti berharap dapat porsi yang banyak dan cukup untuk mengenyangkan perut kita.

Bentuk Cantik Porsi Sedikit (c) nwgimg
Bentuk Cantik Porsi Sedikit (c) nwgimg

Tapi sayang, restoran mewah lebih menonjolkan sisi tampilan makanan dari pada jumlah porsinya. Alasannya, porsi besar yang memenuhi piring terlihat kurang cantik dan elegan, terkesan tidak semewah restorannya.

Bentuk Cantik Porsi Sedikit (c) toptenz
Bentuk Cantik Porsi Sedikit (c) toptenz

3. Belum Tentu Enak

Ketika menghadapi hidangan, wajar jika yang kita inginkan tidak hanya tampilannya saja yang cantik, tapi juga kualitas rasa yang enak. Banyak restoran mewah berlomba-lomba menghadirkan menu baru untuk menarik perhatian konsumen. Tapi sayang, kadang rasa dari menu-menu baru tersebut belum tentu sebanding dengan harganya.

Belum Tentu Enak (c) theasianparent
Belum Tentu Enak (c) theasianparent

Pasti Anda akan kecewa bila mengalami hal ini, karena sudah tidak dapat makanan yang bisa membuat lidah menari, malah harus membayar harga yang selangit. Justru tempat-tempat makan sederhana yang tidak semewah retoran mahal, menawarkan rasa yang akan membuat Anda ketagihan. Tentunya dengan harga yang lebih sebanding dengan kualitasnya.

Belum Tentu Enak (c) ranselkecil
Belum Tentu Enak (c) ranselkecil

4. Rasa Kebarat-baratan

Bagi yang pernah berkunjung ke Eropa, pasti akrab dengan menu-menu yang diolah dengan cara Barat. Seperti daging, kentang, mayonise, keju, dan gandum. Banyak restoran, cafe, bahkan juga hotel berbintang menyajikan menu yang diolah ala Barat. Konsep makanan seperti ini ternyata juga membuat harga makanannya semakin mahal. Sedangkan tidak semua makanan dengan cita rasa Barat dapat diterima oleh lidah orang Indonesia.

Rasa Kebarat-baratan (c) eswete
Rasa Kebarat-baratan (c) eswete

Ini karena selera dan kebiasaan makan di setiap negara memang berbeda. Contohnya adalah orang Indonesia tidak biasa makan makanan mentah, tapi di Jepang justru makanan mentah seperti sushi sangat diminati. Ketika Anda mencobanya, mungkin Anda akan berpikir bahwa lemper jauh lebih enak.

Hal yang ingin kita dapatkan dari sebuah makanan adalah sebuah kepuasan, bukan rasa kecewa. Lalu untuk apa kita harus rela membayar mahal kalau kita akan dibuat menyesal setelah kita menyantapnya. Lebih baik kita makan di tempat sederhana. Walaupun murah, tapi kita puas dan menikmatinya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada
BACA JUGA