Di 6 Negara Ini Menghina Agama Akan Membuatmu Terkena Masalah Besar!

oleh Tetalogi
07:00 AM on Apr 25, 2016

Tinggal di negara yang kaya budaya seperti Indonesia seharusnya membuat kita semua memahami akan adanya perbedaan. Tapi sayang, sebagian orang malah tidak mau menerima perbedaan dan menyebarkan kebencian. Kadang agama bahkan menjadi sasaran kebencian.

Tidak banyak orang tahu bahwa menghina agama sebenarnya adalah tindakan melanggar hukum yang bisa membuat pelakunya dijatuhi hukuman serius. Apalagi jika melakukannya di 7 negara ini, karena menistakan agama dianggap sebagai kesalahan yang sangat serius.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Tiongkok

Tiongkok bisa jadi memang negara komunis, tapi bukan berarti pemerintahnya akan membiarkan saja tindakan penistaan agama. Tiongkok bahkan pernah melarang peredaran buku yang berjudul “Xing Fengsu” atau dalam bahasa Indonesia berarti “Budaya Seksual” yang dianggap telah menghina agama Islam. Penulisnya langsung ditangkap dan pemerintah menyelenggarakan pembakaran buku tersebut secara massal.

Umat Kristen di Filipina [Image Source]
Warga Muslim Tiongkok [Image Source]
Tahun 2007 lalu dalam mempersiapkan “Tahun Babi” di kalendar Tiongkok, stasiun televisi terbesar di negara tersebut melarang menyiarkan gambar babi demi tidak menyinggung agama lain. Bahkan saat ada kasus penembakan Charlie Hebdo, media Tiongkok justru menyalahkan media Perancis tersebut. Alasannya karena mereka menerbitkan gambar kartun yang menghina nabi Muhammad dan tindakan tersebut memicu pertikaian antar masyarakat.

2. Finlandia

Di Finlandia, penistaan agama juga memiliki hukum yang jelas tertera dalam undang-undang. Hannu Salama yang merupakan seorang penulis didakwa atas tuduhan penistaan agama untuk novelnya yang berjudul Juhannustanssit tahun 1964.

Hannu Salama [Image Source]
Hannu Salama [Image Source]
Tahun 1969, Harro Koskinen juga dihukum dan harus membayar denda karena membuat karya yang menyinggung agama lain. Di antaranya adalah menggambarkan babi yang disalip dan diberi judul “Babi Mesiah”. Jussi Halla-aho juga didakwa karena menghubungkan pedofilia dan Islam dalam blog-nya tahun 2008.

3. Jerman

Di Jerman, penistaan agama juga dianggap sebagai kejahatan serius. Apalagi jika sampai mengganggu ketentraman masyarakat, maka pelaku akan mendapatkan tindakan tegas dari kepolisian.

Tisu toilet bertuliskan ayat Quran [Image Source]
Tisu toilet bertuliskan ayat Quran [Image Source]
Tahun 2006, Manfred van H dituntut karena menistakan agama Islam. Ia menyebarkan tisu toilet berisi kata-kata “Quran, Quran yang Suci”. Bukan saja ia harus menerima hukuman dari pemerintah, ia juga diancam dibunuh oleh beberapa pihak.

4. Filipina

Masalah penistaan agama tertulis dalam hukum dan undang-undang Filipina dan disebut sebagai “kejahatan terhadap peribadatan”. Artinya, bahkan mengganggu dan menyinggung umat beragama adalah kejahatan yang membuat pelakukan bisa dihukum oleh pemerintah.

Umat Kristen di Filipina [Image Source]
Umat Kristen di Filipina [Image Source]
Hukuman yang diberikan bisa berupa kurungan antara 4 hingga 6 bulan. Namun jika penistaan agama tersebut melibatkan tindakan kekerasan atau ancaman terhadap orang lain, maka pelaku bisa mendekam hingga 6 tahun di penjara.

5. Malta

Malta sebenarnya tidak secara spesifik memiliki hukum yang melarang penistaan agama. Tapi, di negara ini terdapat hukum yang melarang fitnah terhadap agama dan menentang perilaku tidak bermoral. Artinya, menistakan agama sudah termasuk dalam fitnah dan tindakan tidak bermoral sehingga pelakunya bisa mendapatkan hukuman penjara.

Malta [Image Source]
Malta [Image Source]
Bahkan, alasan mabuk, bercanda, atau sejenisnya tidak akan bisa melepaskan siapa saja dari hukuman karena dianggap sudah menghina agama. Ini berarti Malta adalah negara yang sangat menghormati orang lain sehingga tindakan yang menyinggung dan tidak bermoral akan mendapatkan hukuman.

6. Polandia

Polandia juga tidak secara spesifik memiliki hukum penistaan agama. Meski begitu, ada hukum yang menyebutkan bahwa “Siapa saja yang menyinggung perasaan suatu umat bergama atau orang lain dengan menghina benda religius atau tempat peribadatan, maka ia akan dikenakan denda atau bahkan dipenjara hingga 2 tahun.”

Polandia [Image Source]
Polandia [Image Source]
Beberapa pihak yang menentang hukum ini beralasan bahwa hal tersebut membatasi kebebasan berbicara dan menghalangi debat terhadap pengaruh gereja tentang kehidupan sosial, seksual dan politik di Polandia. Namun tentu saja, hukum ini ada juga demi menghindari pertikaian karena orang-orang tidak bertanggung jawab yang berusaha menghina orang atau agama lain.

Kebebasan berbicara sering dijadikan alasan bagi beberapa orang untuk mengucapkan hal-hal yan semena-mena termasuk menghina orang atau agama lain. Setiap orang memang bebas berbicara apapun, tapi jangan lupa, selalu ada konsekuensi di setiap kata yang telah diucapkan atau tindakan yang dilakukan. Termasuk ketika kamu memutuskan untuk menyinggung seseorang atau kelompok tertentu.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA