Cara Memanfaatkan Bulan Ramadan untuk Mengenyahkan Kebiasaan Merokok Selamanya

Ramadan ini peluang besar buat kamu yang niat berhenti merokok

oleh Aini Boom
11:00 AM on Jun 7, 2017

Bagi kamu yang berniat berhenti merokok, momen bulan mungkin Ramadan menjadi waktu yang tepat untuk melakukannya. Mengapa? Karena selama bulan ini bertepatan dengan aktivitas puasa yang secara tidak langsung membiasakan perokok menahan diri selama sekitar setengah hari. Sekitar 14 jam tak menyentuh rokok membuat darah mengalami penurunan nikotin, hal inilah yang membuat lebih mudah untuk berhenti merokok.

Anggaplah setengah jalan untuk berhenti merokok telah terbuka, setengah jalannya lagi tinggal kita menggenapinya. Dokter HM Subuh selaku Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan lingkungan memiliki beberapa cara dan tips untuk membantu seseorang berhenti merokok. Nah, berikut ini cara dan tips memanfaatkan bulan Ramadan untuk berhenti merokok.

Baca Juga
Ini Lho 5 Resep Rahasia yang Bikin Puspa Dewi Awet Muda Bak ABG 20 Tahunan
7 Rahasia Nenek Moyang Serta Putri Zaman Dulu Agar Tetap Cantik dan Awet Muda Tujuh Turunan

Berhenti Seketika

Ilustrasi berhenti merokok [image: source]
Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan berhenti merokok seketika. Artinya jika hari ini masih merokok, maka besok berhenti sama sekali. Cara ini memang agak berat, tapi bukan tidak mungkin dilakukan. Karena selama puasa telah menahan selama sekitar 14 jam lebih, dan bisa diteruskan hingga sehari penuh. Meski cara cukup berat, namun peluang keberhasilannya paling tinggi.

Penundaan Waktu Merokok

Ilustrasi menunda merokok [image: source]
Langkah awal untuk berhenti merokok di bulan Ramadhan adalah dengan menunda merokok saat jam berbuka puasa. Ambillah contoh pada hari permulaan rokok pertama dihisap 1 jam setelah berbuka puasa. Pada hari kedua, rokok pertama dihisap 2 jam setelah berbuka puasa. Lakukan hal ini terus menerus sampai akhirnya berhenti sama sekali. Bila tidak tahan setiap hari menunda 1 jam, bisa setiap dua hari sekali memperlambat merokok 1 jam.

Pengurangan Jumlah Rokok yang Dihisap

Rokok [image: source]
Cara lain untuk memulai berhenti merokok adalah dengan pengurangan. Strategi ini bisa dilakukan dengan mengurangi jumlah rokok yang dihisap setiap harinya secara berangsur-angsur. Misalnya di hari pertama menghisap 8 batang sehari, lalu tiap selang sehari atau dua hari kurangi menjadi 6, 4, 3, hingga 0 batang.

Konsumsi Makanan Sehat Saat Mulai Menjalankan Rencana Berhenti Merokok

Ilustrasi makanan sehat [image: source]
Jika banyak orang berpendapat bahwa menggunakan pengganti rokok seperti permen atau permen karet akan membantu, maka beda halnya yang dikatakan Dr. Mustafa Saif, spesialis penyakit dalam Dubai. Dr Mustafa menyatakan bahwa konsumsi makanan sehat akan membantu mengenyahkan kebiasaan merokok. Makanan yang dianjurkan di antaranya wortel, mentimun, dan buah-buahan serta sayuran berserat  dapat meminimalisir kecanduan pada rokok.

Minta Dukungan dari Keluarga dan Lingkungan Sekitar

Ilustrasi menolak rokok [image: source]
Apa pun cara yang dipilih untuk memulai berhenti merokok hal pertama yang harus dilakukan adalah memberitahukan keluarga tentang rencana tersebut. Meminta keluarga dan orang-orang terdekat untuk mengingatkan saat kita mulai lupa pada tujuan akan menjadi hal penting. Selain dukungan keluarga, hal lain yang penting adalah perencanaan dan penetapan target. Maka saat akan menjalankan rencana, ambil target kapan akan berhenti sama sekali. Misal tetapkan hari ke 17 atau ke 20 bulan Ramadan. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terlena dan memiliki patokan keberhasilan rencana.

Cara dan tips-tips di atas akan membuatmu berhasil jika benar-benar serius menjalankannya. Ingat-ingat saja banyak kerugian yang didapat saat merokok, dan banyak penyakit menanti jika sampai kegiatan itu kamu lakukan terus-menerus. Dan bukankah yang menyakiti pantas untuk ditinggalkan?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA