Mengenang Nicky Hayden, Mantan Pembalap MotoGP yang Pernah Mematahkan Rekor Valentino Rossi

Meski namanya nggak melegenda Valentino Rossi, tapi dia pernah mengalahkan sang juara bertahan

oleh Nikmatus Solikha
15:00 PM on May 23, 2017

Dunia dikejutkan dengan kecelakaan Nicky Hayden. Mantan juara dunia motoGP tersebut meninggal dunia di usia yang bisa dibilang cukup muda. Hayden mengalami kecelakaan hebat pada tanggal 17 Mei 2017 lalu saat tengah bersepeda di Rimini. Akibat kecelakaan tersebut, ia mengalami cedera politrauma pada kepala yang menyebabkan kerusakan otak.

Setelah berjuang melawan masa kritis, pada akhirnya pembalap asal Amerika Serikat tersebut menghembuskan napas terakhirnya di Maurizio Bufalini Hospital, Cesena, Italia pada tanggal 22 Mei 2017 kemarin. Kepergian Hayden begitu meninggalkan duka yang mendalam bagi rekan dan juga para penggemarnya. Untuk mengenang sang mantan juara, berikut ini adalah sekelumit kehidupan Hayden yang mungkin ingin kamu ketahui.

Baca Juga
Sempat Diadakan 1997, Inilah 4 Alasan Mengapa Indonesia Gak Ditunjuk Lagi Jadi Tuan Rumah Moto GP
Inilah 4 Hal yang Terjadi Jika Indonesia Benar-Benar Jadi Tuan Rumah Moto GP

Kenal dunia balap sejak kecil

Ayah Hayden memang mengenalkan dunia balap pada putra-putranya sejak kecil. Hayden menggunakan nomor 69 saat berlaga di arena. Nomor tersebut adalah yang dulunya dipakai oleh ayahnya dulu. Ia mulai debut sebagai pembalap pada tahun 1999 di ajang kejuaraan AMA.

Hayden Brother [image source]
Pada ajang tersebut, ia berhasil mendapatkan juara AMA 600 Supersport dan meraih penghargaan AMA Rookie of the Year serta AMA Grand National Dirt Track Rookie of the Year. Tak berselang lama, tepatnya pada tahun 2002, ia juga berhasil menjuarai AMA Superbike 2002.

Nicky Hayden pernah memotong rekor Rossi hingga 6 kali

Nama Nicky Hayden mungkin tidak melegenda seperti halnya Valentino Rossi. Namun, sebagai pembalap motoGP, Nicky pernah juga mengalahkan Rossi hingga 6 kali berturut-turut pada tahun 2006. Meski hanya memenangi balapan di Amerika dan Belanda, tapi kemenangan tersebut ternyata berhasil menghentikan rekor Rossi yang menjadi juara bertahan sejak tahun 2001 hingga 2005.

Kedekatan Hayden dengan Rossi [image source]
Keberhasilan Hayden mengalahkan Rossi rupanya jadi kejutan terhebat dalam sejarah motoGP. Meski jadi saingan saat di lintasan, namun mereka akrab di luar area balapan. Bahkan, bisa dibilang kalau Rossi dan Nicky Hayden merupakan sohib karib.

Tak mampu mengulang prestasi

sempat memberi kejutan dunia di motoGP dengan mengalahkan Valentino Rossi, namun sayangnya Hayden tidak mampu mengulangi prestasinya di tahun-tahun berikutnya. Terakhir kali dia membalap di MotoGP Spanyol pada September 2016 sebagai pengganti untuk pembalap asal Australia Jack Miller yang cedera di tim satelit Marc VDS Honda.

Nicky Hayden [image source]
Ia tampil pada 216 balapan antara 2003 dan 2015 dengan catatan tiga kali kemenangan. Hingga pada tahun 2016, dia memutuskan untuk berkiprah di Superbike World Championship.

Meninggal di usia muda

Kabar yang menghebohkan dunia adalah tentang kematian Nicky di usia muda. Ia ditabrak oleh mobil Peugeot saat bersepeda bersama dengan 14 orang temannya. Pembalap yang kerap dijuluki Kentucky Kid tersebut terpental dan jatuh ke bagian kaca depan mobil hingga kaca depan pecah.

Kondisi mobil yang menewaskan Hayden [image source]
Saat itu, Hayden tengah berada di Italia setelah menjalani seri kelima World Superbike (WSBK) di Autodromo Enzoe Dino Ferrari, Imola yang dilaksanakan pada tanggal 13-14 Mei 2017. Setelah kecelakaan, Hayden berada di ICU dan mendapat perawatan intensif. Beberapa hari terbaring koma, ia akhirnya meninggal dunia pada hari Senin, 22 Mei 2017 di usia 35 tahun.

Meski karir sebagai pembalap motoGP tak segemilang Valentino Rossi, namun Nicky Hayden tetap memiliki sejarah hebat di dunia balap. Meski namanya tak begitu melegenda, namun tetap saja kepergiannya yang begitu cepat tetap meninggalkan duka yang mendalam bagi pecinta motoGP.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA