Mengenal Study Loan Buat Kamu yang Ingin Kuliah di Luar Negeri Tapi Nggak Punya Duit

oleh Rizal
07:00 AM on Jul 3, 2016

Kuliah di Indonesia sih oke, ya. Tapi jujur saja kalau dibikin semacam head-to-head, kampus-kampus di Indonesia masihlah kalah jauh kalau dibandingkan dengan luar negeri sana. Misalnya Harvard, MIT, atau yang lainnya. Nah, makanya, hasrat untuk kuliah di luar negeri itu  bakal tetap besar seiring dengan kualitas mereka yang tetap kokoh tak terbantahkan.

Selain minat dan niat, modal utama kuliah keluar negeri yang paling krusial tentu adalah duit. Faktanya, butuh lebih banyak uang untuk kuliah di luar sana daripada di sini. Gara-gara ini akhirnya banyak yang memutuskan mimpinya untuk kuliah di luar negeri. Sebenarnya uang untuk kuliah di luar negeri itu tak benar-benar jadi masalah, karena ada banyak cara yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya dengan study loan alias pinjaman khusus untuk sekolah atau kuliah semacam ini.

Baca Juga
Mengenal Port Moresby, Kota ‘Paling Berbahaya’ yang Bertetangga Dengan Indonesia
Tajir tapi Dermawan, 5 Negara Ini Jadi Sasaran Bill Gates ‘Hambur-hamburkan’ Uangnya

Tapi, namanya juga pinjam, ada term and condition yang harus dipenuhi. Nah, kalau kamu tertarik banget dengan kuliah di luar negeri dan pas nggak ada duit, ulasan ini mungkin bisa banyak membantu.

Federal Stafford Loans, Kuliah Dengan Pinjam Duit Pemerintah Setempat

Dari semua jenis pinjaman uang kuliah, yang paling populer adalah Federal Stafford ini. Jadi, siswa atau mahasiswa bisa diperkenankan untuk pinjam uang dari negara tempat kuliah dengan syarat dan ketentuan khusus. Umumnya tidak susah kok apalagi kalau kondisinya benar-benar kepepet.

Kuliah pakai uang pemerintah setempat [Image Source]
Kuliah pakai uang pemerintah setempat [Image Source]
Namun, ada satu syarat yang harus dipenuhi secara khusus, yakni membayar bunga dari pinjaman tersebut. Umumnya hal tersebut dilakukan selama kuliah. Pinjaman yang diberikan sendiri bermacam-macam tergantung dari lama menjadi mahasiswa. Misalnya untuk mahasiswa baru mendapatkan $5.500, mahasiswa tahun kedua $6.500, dan sebagainya.

Parent PLUS Loans, Pinjaman Bagi Orangtua untuk Kuliah Anak

Mekanisme uang pinjaman kuliah ini nggak melulu kepada si mahasiswa langsung, tapi juga bisa lewat orangtua. Hal inilah yang diterapkan oleh Parent PLUS. Jadi, pihak pemberi pinjaman akan memberikan uang kepada orangtua untuk dipakai khusus sebagai uang kuliah anak.

Uang kuliah yang pinjam orangtua [Image Source]
Uang kuliah yang pinjam orangtua [Image Source]
Pinjamannya sendiri tak terbatas oleh jumlah. Jadi, kemungkinan bisa sekaligus dalam jumlah besar. Tapi, yang harus diperhatikan adalah pembayaran bunga rata-rata sekitar 7,21 persen per tahunnya. Karena melibatkan orangtua, mungkin jenis pinjaman ini khusus untuk mahasiswa yang berdomisili dengan orangtua di luar negeri.

Perkins Loans, Pinjaman Uang Kuliah Tanpa Perlu Ribet

Kuliah di luar negeri akan selalu mahal, apalagi kalau jurusan yang dipilih bergengsi. Entah teknik atau kedokteran. Biaya kuliah fakultas ini pasti akan lebih tinggi dari yang lainnya. Nah, untuk bisa melunasi biaya kuliah dengan tarif yang luar biasa ini, kita bisa tuh memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh Perkins Loan.

Bisa pinjam banyak sekaligus [Image Source]
Bisa pinjam banyak sekaligus [Image Source]
Ya, Perkins ini bisa memberikan pinjam besar dalam satu waktu. Bahkan bisa sampai $20.000 per mahasiswa. Bunganya sendiri sekitar 5 persen dan harus dilunasi sesuai dengan waktu yang disepakati. Setelah lulus, jaminan bisa membayar hutang kuliah ini besar. Karena lulus dari jurusan bergengsi biasanya dapat pekerjaan mentereng dengan gaji luar biasa.

Private Student Loans, Uang Pinjaman Bagi Mereka yang Jeli

Beberapa lembaga pemberi pinjaman uang kuliah memang menetapkan ketentuan yang sudah baku dan fix, tapi ada juga kok beberapa yang bisa memberikan pinjaman negotiable alias bisa dinego. Salah satunya Private Students Loans ini. Lewat sini kita bisa melakukan pinjaman dengan syarat-syarat yang bisa diubah.

Pinjaman uang lewat lembaga swasta [Image Source]
Pinjaman uang lewat lembaga swasta [Image Source]
Salah satunya adalah kita bisa mengatur rata-rata bunganya sendiri. Jika di lembaga pinjaman lain bunganya bisa sampai 10 persen, di sini kita bisa mendapatkan jauh di bawahnya. Pinjaman ini biasanya melalui pihak-pihak swasta, entah bank atau lembaga non pemerintah.

Intra-Family Loans, Pinjaman Dari Keluarga Untuk Mahasiswa

Konsep pinjaman satu ini hampir sama seperti Parent PLUS Loans. Hanya saja kalau Intra-Family, si mahasiswa meminjam kepada keluarganya sendiri. Meskipun pinjam ke orang terdekat, tapi profesional. Tak hanya disiplin soal bayar bunga tapi juga tenggat waktunya.

Kuliah pinjam uang keluarga [Image Source]
Kuliah pinjam uang keluarga [Image Source]
Pinjaman melalui keluarga ini diatur oleh pihak tertentu, jadi si mahasiswa sama sekali tak bisa korupsi. Mentang-mentang keluarga, uang pinjaman jadi molor atau bahkan tak dibayar, hal ini sama sekali tak mungkin terjadi. Keuntungan dari pinjaman ini bagi mahasiswa adalah bunganya yang sangat rendah serta tak ada syarat-syarat yang ribet.

Selalu ada jalan kok untuk meraih mimpi kuliah di luar negeri bahkan bagi yang tak punya duit sekalipun. Asalkan niat dan sungguh-sungguh kuliah semahal apa pun bisa terbayarkan, salah satu ya lewat cara pinjaman ini tadi. Fix ya, masalah duit kuliah di luar negeri sudah tuntas sekarang.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia
BACA JUGA