in

Mengenal Nunuk Nuraini, Pahlawan di Balik Rasa Kelezatan Indomie yang Melegenda

Siapa yang tak mengenal makanan satu ini? Rasa lezat yang legendaris membuat ia dicintai oleh semua orang. Karena bisa dijadikan andalan saat lapar dan variasi rasa yang bermacam-macam, tak heran jika Indomie laris manis di pasar. Tak hanya Indonesia saja, semua penikmat dari berbagai belahan negara juga mengakui betapa juaranya rasa makanan satu ini.

Bagi penikmat Indomie seluruh Indonesia, rasanya tak afdhol jika kamu tidak mengetahui sosok yang berjasa di balik terciptanya makanan favorit ini. Adalah seorang wanita bernama Nunuk Nuraini, berkat racikan tangannya ia sangat terkenal sebagai penyelamat, terutama anak kosan. Untuk mengetahui banyak, yuk kenalan dulu dengan Nunuk Nuraini.

Seorang sarjana lulusan Universitas Padjajaran

Walaupun diakui lezat oleh berbagai Negara, faktanya, dari pihak Indomie sendiri tidak pernah membeberkan orang yang bertanggung jawab atas kelezatan makanan satu ini. Namun, baru-baru ini pengguna internet tau ternyata sosok ibu Nunuk-lah penemu rasanya.

Seorang Insinyur lulusan UNPAD [Sumber gambar]
Bernama lengkap Nunuk Nuraini, ia adalah seorang insinyur lulusan teknik pangan Universitas Padjajaran, Bandung. Kepiawaian memasak dan ilmu teknologi pangan yang mumpuni membuatnya sukses menciptakan berbagai rasa lezat Indomie.

Sudah 26 tahun bekerja sebagai Flavor Development Manager Indofood

Wah, sebagai salah satu pakar rasa di Indonesia, seharusnya Nunuk dikenal semua orang bukan? Namun, wanita dengan pembawaan keibuan ini memilih tetap berada di balik layar dibanding diteriakkan sebagai pahlawan. Walaupun begitu, ia sudah sangat lama berkecimpung meramu berbagai rasa Indomie.

Bekerja selama 26 tahun [Sumber gmbar]
Terhitung, sudah 26 tahun mengabdikan diri sebagai Flavor Development Manager Indofood. Jabatannya ini bisa disebut sebagai tampuk tertinggi pada bidang rasa Indomie. Berkat tangannya, kini sudah ada 62 rasa Indomie yang tercipta.

Nunuk mengedepankan bahan alami dalam racikannya

Selama ini, banyak orang mengeluhkan tentang bumbu mi instan yang disinyalir banyak mengandung penyedap rasa alias MSG (monosodium glutamat) –kalau anak sekarang menyebutnya kebanyakan micin. Padahal, pada kenyataannya Nunuk menjelaskan bahwa bumbu yang ia gunakan berasal dari bahan-bahan alami dengan konsentrasi MSG yang sudah diatur porsinya (tak terlalu banyak, tidak juga terlalu sedikit).

Dibuat daribahan alami [Sumber gambar]
Sebelum dimasukkan ke dalam kemasan, Nunuk juga telah membuat tester. Setelahnya, teknologi yang tinggi juga membuat ia makanan aman dan kualitasnya tetap terjaga. Jadi, kelezatan Indomie bukan semata-mata karena kebanyakan micin seperti yang sering kita sangkakan ya Sahabat Boombastis.

Indomie yang mendunia

Banyak selebriti asing yang tak malu mengakui kalau makanan asli Indonesia satu ini masuk deretan santapan lezat. Dalam hal pembuatannya, Nunuk juga dibantu oleh tim-nya memutar otak bagaimana agar citarasa nusantara bisa diakui di luaran sana (Asia, Amerika, Australia, serta beberapa Negara Afrika).

Indomie di Afrika [Sumber gambar]
Hasilnya, berbekal ilmu dan kehobian berkecimpung di dapur, ibu ini berhasil membuat semua orang senang. Selain prestasi di atas, Indomie pernah masuk ke dalam 12 hadiah favorit ketika natal versi Roger Ebert, seorang jurnalis asal Amerika.

Jadi, setiap porsi mie yang kalian makan, ingatlah selalu jasa bu Nunuk Nuraini ya. Karena berkat beliau, para anak kos, mahasiswa, semua yang kondisi keuangannya sedang mepet masih bisa kenyang dengan makanan nikmat. Terimakasih Bu Nunuk!

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Nyaris Lolos Piala Dunia, Mimpi Indonesia Tumbang ‘Gara-gara’ Timnas Israel

Kisah The Scream, Lukisan ‘Menjerit’ Asal Eropa yang Gambarkan Kiamat Kecil di Indonesia