in

Menengok Gunung Olympus di Mars yang Ketinggiannya Takkan Bisa Kita Bayangkan

Bukan tanpa alasan kenapa tak semua orang bisa mendaki Gunung Everest. Selain karena kondisi alamnya yang ekstrem dan luar biasa, gunung ini juga jangkung sekali dengan ketinggian mencapai 8.848 meter. Benar-benar antara hidup dan mati kalau mau mendaki gunung tertinggi di muka Bumi ini. Dan dengan ketinggian macam ini kita pasti berpikir jika Everest pastilah juga jadi gunung tertinggi di Tata Surya. Ya, mungkin kesannya seperti itu, padahal tentu saja tidak.

Everest yang setinggi ini ternyata sama sekali bukan apa-apa kalau dibandingkan dengan deretan gunung lain di Tata Surya. Misalnya saja dengan Gunung Boosaule Montes yang ada di Io, satelit Jupiter. Gunung ini memiliki ketinggian hampir 17ribu meter, atau dua kalinya Everest. Boosaule Montes sendiri pun bukanlah yang tertinggi karena masih ada satu lagi yang paling jangkung. Perkenalkan, inilah Olympus yang memiliki tinggi 25 km!

Dengan ketinggian tak karuan macam begitu, praktis membuat Olympus yang ada di mars ini dijuluki gunung tertinggi di Tata Surya. Dan ngerinya lagi, ternyata Olympus tak hanya punya ketinggian, tapi juga hal-hal mengerikan lainnya. Seperti apa sebenarnya gunung satu ini? Simak ulasannya berikut.

Ketinggian Olympus yang Tak Karuan

Olympus sebelumnya tak pernah dideteksi sebagai sebuah gunung. Dulu citranya hanya nampak seperti daratan biasa saja dari atas. Namun, beberapa waktu kemudian satelit bernama Probe memastikan jika Olympus adalah sebuah gunung, dan yang bikin terkejut lagi gunung ini punya ketinggian yang tak karuan.

Ketinggian Olympus [Image Source]
Ketinggian Olympus [Image Source]
25 kilometer atau 25.000 meter tentu bukanlah angka yang main-main. Kalau dibandingkan dengan Everest, Olympus kurang lebih berukuran tiga kali lipatnya. Bayangkan, jika puncak Everest saja seolah sudah mencapai atap langit, maka seperti apa ujung Olympus? Sungguh benar-benar tak bisa dibayangkan.

Tak Hanya Sangat Tinggi, tapi Juga Luar Biasa Besar

Olympus tak hanya memiliki ketinggian yang luar biasa, tapi juga punya diameter yang begitu panjang. Menurut data yang ada gunung ini memiliki lingkar tengah kurang lebih sekitar 600 kilometer. Ukuran sepanjang ini sama seperti tiga kali lebar Depok atau dua kali Medan. Benar-benar besar, kan?

Olympus yang luas [Image Source]
Olympus yang luas [Image Source]
Kalau kita bicara coverage area, gunung ini memiliki luas hampir 300 ribu kilometer atau hampir seluas Italia. Sebagai perbandingan, gunung Everest memiliki coverage aera hanya sepertiga atau kurang dari yang dipunyai Olympus. Makin nggak terbayangkan ya betapa gunung ini sangat besar.

Terbesar di Tata Surya dan Masih Aktif

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Keiko Kondo, Istri Jepang Pertama dari Soekarno yang Konon Telah Dihapuskan dari Sejarah

Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia