Di masa pandemi seperti sekarang ekonomi benar-benar terasa berat. Apalagi bagi mereka yang mengalami phk atau sepi order. Kondisi ini memaksa kita untuk lebih aware lagi terhadap uang, tak hanya soal mendapatkan tapi juga bagaimana menyimpannya. Tujuannya tentu agar di masa seperti ini segalanya masih bisa bertahan sebagaimana mestinya.

Penting untuk tahu bagaimana cara menabung yang baik di era ini. Pasalnya ini berbeda dari sebelumnya di mana kegiatan menabung masih bisa sangat fleksibel. Lalu seperti apa cara menabung yang oke?

Buat anggaran berdasarkan waktu

Lantaran mendapatkan uang cukup susah di masa sekarang, perlu untuk lebih detail lagi ketika membelanjakan. Oleh karenanya perlu kita untuk membuat anggaran yang dibagi berdasarkan waktu, entah itu harian, mingguan, dan juga bulanan. Jika sudah membuat maka berkomitmenlah untuk mematuhi.

Catat setiap pengeluaran

Tak banyak orang yang benar-benar mencatat detail ke mana semua uangnya pergi. Hal ini tanpa sadar membuat gaji atau simpanan entah ke mana dibelanjakan. Maka dari itu mulai sekarang buatlah catatan pengeluaran dengan detail. Ini agar kita bisa melacak ke mana uang pergi dan jadi bahan evaluasi keuangan di bulan berikutnya.

Menabunglah betulan

Tips menabung terbaik tentu tidak lain adalah melakukan aktivitas menabung itu sendiri. Cara terbaiknya adalah usahakan untuk menabung di awal bulan dan lakukan transfer antar bank agar tabungan tidak terdistraksi. Maksudnya bedakan rekening menabung dan operasional.

Manfaatkan diskon dan promo

Agar bisa menghemat lebih banyak uang maka manfaatkan diskon dan promo ketika ingin membeli barang atau bahkan hal kecil seperti makanan. Adanya dua hal tadi bisa membuat kita mampu menyisihkan sedikit uang, jika dikumpulkan maka akan semakin menambah banyak pundi-pundi yang kita miliki.

Pintar dalam menabung akan membuat kita akan mampu bertahan di masa sekarang. Di samping itu, jika perlu mencari pekerjaan tambahan bisa jadi solusi agar modal kita cukup untuk menjalani hari di masa pandemi ini.