Ketika kalian mutusin berumah tangga, tentu yang terbesit adalah angan-angan indah hidup bersama dirinya. Kemudian kalian punya anak dan bahagia selamanya. Sayang, kenyataan nggak bisa disamain dengan dongeng pengantar tidur. Nyatanya, yang namanya berumah tangga itu selalu punya tantangan dan kesulitan tersendiri. Dan tentu saja menikah itu bukan perkara mudah, terlebih saat kehidupan baru muncul di antara kamu dan pasangan.

Bahagia itu pasti, tapi kegembiraan tersebut pasti berjalan beriringan dengan tanggung jawab dan kesulitan yang nggak pernah bisa kamu tolak. Tapi, saat itulah kamu digembleng buat jadi orangtua yang sesungguhnya. Dan berikut ini adalah meme yang mengilustrasikan orangtua muda. Ngeselin sih, tapi bahagia juga…

Beda dari kamu yang barangkali nggak bakal kebangun meski ada petasan meledak, si kecil malah kesenggol dikit aja pasti kebangun! Itu greget banget!

Menidurkan anak itu susah [image source]

Orangtua yang baru dapet anak pertama biasanya kemaruk, beli segala macem perlengkapan yang kadang nggak begitu dibutuhkan. Saat punya anak kedua, sudah nggak kemaruk lagi

Perbedaan anak pertama dan setelahnya [image source]

Cuma orangtua yang punya anak kecil yang bisa ngerasain momen memuakkan ini

Pas lagi makan, anak boker [image source]

Ketika masih belum punya anak, masih sempet ngerawat diri. Sejak ada si kecil, istri fokus sama anak sampai nggak peduli lagi sama penampilan. Boro-boro dandan, ditinggal pipis aja dia nangis

Nggak sempet urus diri [image source]

Akan ada masa di mana waktu tidur kita nggak lagi 7 jam

Susahnya jadi orangtua [image source]

Hayoo… siapa yang biasanya kayak gini? Kalau kelihatan orang sih, sok baik sama anak. Kalau nggak ada yang liat, baru deh ngomelin anak sepuas jidat

sok baik atau galak image source]

Dulu, kalau libur kerja bawaannya pengen tidur sampe siang. Tapi setelah ada si kecil, boro-boro dah tidur sampe siang

Bangun tidur nggak kayak dulu [image source]

Pasangan muda biasanya masih perhitungan nih kalau urusan ngasuh anak

Masih itung-itungan [image source]

Orangtua pasti pernah ngalamin, saat tiap hari bahu terasa patah

bayi minta gendong terus [image source]

Capek kerja sih boleh, tapi jangan kira ngurus anak itu nggak capek lho ya!

Gantian ngurus anak [image source]
Kehadiran anak itu pelengkap rumah tangga. Suara tawa dan tangisnya yang bakal bikin pernikahanmu lebih berwarna. Tapi ingat, setiap ada kebahagiaan yang diberikan, pasti ada tanggung jawab yang harus dipikul. Berani punya anak, kamu juga harus siap mengurus si kecil dengan sepenuh jiwa raga. Karena tentu saja semua bakal tumbuh sesuai yang kamu tanam.