7 Negara Ini Akan Memburu dan Membunuh Siapa Saja yang Dicurigai Sebagai Penyihir

oleh Tetalogi
07:00 AM on Apr 12, 2016

Kebanyakan orang berpendapat bahwa perburuan penyihir identik dengan kejadian abad pertengahan. Orang-orang yang dituduh sebagai penyihir akan diburu, disiksa, dan dibunuh. Meski sebenarnya tidak ada bukti kuat yang menyebutkan bahwa seseorang tersebut adalah penyihir.

Di era masyarakat modern seperti sekarang ini, ternyata pemburuan penyihir masih saja ada. Kepanikan massal membuat orang-orang di beberapa negara ini memburu siapa saja yang dianggap sebagai penyihir.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Kongo

Para pria, wanita, dan anak-anak tidak berdosa menjadi sasaran atas nama “Tuhan” oleh para pemburu penyihir. Mereka dianiaya dan dibunuh atas tuduhan sihir hitam. Ratusan orang lari dari Kongo dengan lengan atau kaki yang patah, serta luka bakar di tubuhnya.

Anak-anak Kongo [Image Source]
Anak-anak Kongo [Image Source]
Pada tahun 2001, pernah terjadi kepanikan akibat isu penyihir. Orang-orang Kongo menjadi brutal dan menghajar siapa saja yang dianggap penyihir tidak peduli teman atau tetangga. Banyak yang diserang menggunakan kapak atau parang. Bahkan ada juga yang dipukuli di tempat umum. Hingga saat ini kekerasan seperti ini masih terjadi di Kongo.

2. Kamerun

Sihir dan guna-guna masih banyak dipercaya di negara-negara sub-Sahara, termasuk Kamerun. Warga di negara tersebut dikenal pernah melakukan kerusuhan dengan membakar rumah dan benda-benda yang dituduh berhubungan dengan sihir. Ratusan orang meninggal setiap tahunnya karena perburuan penyihir.

Pembakaran terhadap benda yang dianggap milik penyihir [Image Source]
Pembakaran terhadap benda yang dianggap milik penyihir [Image Source]
Tahun 2014 lalu, beberapa rumah, mobil, dan toko dibakar serta dihancurkan oleh masyarakat. Bahkan anak-anak juga tidak luput dari perlakuan mengerikan tersebut. Beberapa laporan menyebutkan bahwa orang yang dituduh sebagai penyihir terkadang disiksa dan dibakar di tempat umum oleh warga.

3. Afrika Selatan

Penyerangan brutal kepada orang yang dituduh sebagai penyihir masih banyak muncul di masyarakat Afrika Selatan. Banyak kasus pembunuhan yang melibatkan tuduhan penyihir tidak dilaporkan dan sering kali tidak diketahui oleh kepolisian.

Anak kecil yang dianggap penyihir pun disiksa [Image Source]
Anak kecil yang dianggap penyihir pun disiksa [Image Source]
April 2015, seorang wanita yang dituduh sebagai penyihir dipukuli, disiksa, dan ditelanjangi oleh warga di desa Mpumalanga. Polisi hanya bisa menyaksikan penyiksaan tersebut tanpa melakukan apa-apa. Sebelumnya, pada Februari 2015, Thembekile Ngubane berusia 59 tahun dituduh melakukan sihir dan dipaksa minum bensin sebelum kemudian dibakar. Sebulan kemudian, ia meninggal di rumah sakit karena luka yang dialaminya.

4. India

Sihir hitam masih dipercaya di banyak tempat di India, terutama di pedesaan. Wanita di tempat tersebut seringkali menjadi korban perburuan penyihir. Mereka ditelanjangi, dipukuli, bahkan dibunuh oleh warga desa. Menurut laporan, wanita yang paling sering menjadi sasaran adalah janda agar warga bisa merebut hartanya.

Orang-orang yang terlibat atas kematian 5 wanita yang dianggap penyihir di India[Image Source]
Orang-orang yang terlibat atas kematian 5 wanita yang dianggap penyihir di India [Image Source]
Tahun 2013, sebuah laporan dari biro catatan kejahatan nasional (NCRB) menyebutkan bahwa 700 orang wanita telah dibunuh sejak tahun 2008. Tuduhan sebagai penyihir ini seringkali masih dihubungkan dengan usaha merebut properti milik wanita tersebut, atau karena mereka menolak melakukan hubungan seksual. Tahun 2013, seorang wanita dibunuh dan putrinya diperkosa karena dituduh melakukan sihir hitam.

5. Gambia

Tahun 2009, menurut organisasi Amnesty International, lebih dari 1000 orang dituduh sebagai penyihir dan dikunci di sebuah tempat rahasia serta dipaksa minum ramuan berbahaya yang menyebabkan halusinasi. Ramuan ini mengakibatkan kerusakan ginjal dan setidaknya dua orang meninggal dunia karenanya.

Warga Gambia melakukan protes [Image Source]
Warga Gambia melakukan protes [Image Source]
Banyak orang diantara mereka dipukuli dan disiksa. Bahkan ada juga laporan yang menyebutkan pihak berwenang di Gambia terlibat dengan praktik mematikan ini. Beberapa masyarakat akhirnya memilih lari dari Gambia karena praktik perburuan penyihir yang mematikan ini.

6. Kenya

Perburuan penyihir di kenya sudah terjadi sejak lama sekali dan masih ada hingga sekarang. Tahun 2008, sekelompok warga Kenya membakar 11 orang yang dituduh sebagai penyihir di tempat umum.

Orang yang dianggap penyihir dibakar di Kenya [Image Source]
Orang yang dianggap penyihir dibakar di Kenya [Image Source]
Tahun 2013 lalu, seorang wanita diseret keluar dari rumahnya, ditelanjangi dan dihajar dengan menggunakan parang. Di tahun yang sama, seorang pria dibakar hidup-hidup di tempat umum dengan tuduhan yang sama. Perburuan penyihir telah menjadi masalah serius di negara ini sehingga banyak warga akhirnya memilih kabur dari Kenya.

7. Zambia

Melakukan praktik sihir dianggap melanggar hukum di Zambia. Sama seperti negara Afrika lainnya, perburuan penyihir yang mematikan ini banyak terjadi di Zambia. Kepercayaan yang bersifat mistis di Zambia masih begitu tinggi sehingga hal ini mengarah pada pembunuhan dan kekerasan atas nama sihir hitam.

Penyiksaan terhadap orang yang dianggap penyihir [Image Source]
Penyiksaan terhadap orang yang dianggap penyihir [Image Source]
Pada tahun 2013, dua orang tewas dibunuh dengan kapak oleh anggota keluarganya sendiri gara-gara curiga mereka melakukan praktik sihir. Pada akhir tahun 1920an, geng pemburu penyihir juga muncul dan secara ilegal melemparkan tuduhan, penyiksaan, pemerasan dan penyitaan terhadap orang-orang yang dituduh sebagai penyihir. Hingga saat ini, pemburu penyihir seperti ini masih ada dan beroperasi secara rahasia.

Kita tidak bisa menuduh seseorang sebagai penyihir begitu saja tanpa adanya bukti yang jelas. Namun terkadang karena terdorong oleh rasa takut dan kepanikan, masyarakat dengan mudah terprovokasi sehingga baru merasa aman jika si tertuduh mendapatkan hukuman atau bahkan disingkirkan. Inilah mengapa pentingnya berkepala dingin dan berpikir dengan akal sehat. Karena kita tentu tidak mau orang yang tidak bersalah akhirnya justru menjadi korban.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA