4 Kebiasaan Ini yang Membuat Teman-temanmu Menjauh

oleh Sofia Fitriani
11:00 AM on Feb 5, 2016

Sebagai makhluk sosial, kita tak bisa menghindarkan diri dari kehidupan bermasyarakat. Kita akan berkomunikasi dengan banyak orang, membutuhkan orang lain, dan tak bisa hidup sendiri.

Kita butuh orangtua, kita butuh sahabat, kita butuh saudara, kita juga butuh pasangan hidup. Namun apa jadinya jika karena kesalahan kita sendiri, kita justru dijauhi orang-orang di sekitar kita? Mereka menjadi malas berada di dekat kita, bersyukur saat kita tak ada, bahkan tak mau tahu tentang kita. Na’udzubillaah.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Untuk itu, sebaiknya kita hindari beberapa hal berikut ini. Karena ternyata hal-hal ini bisa menjauhkan kita dari orang-orang terdekat di sekitar kita.

1. Banyak Berbohong

Siapa sih yang mau dibohongi? Pasti tak ada satu pun orang di dunia ini yang bersedia diberikan dusta oleh orang lain. Apalagi jika orang tersebut adalah orang terdekat yang amat dicintai dan dipercaya. Akibat dari seseorang yang sering berbohong adalah akan minim kepercayaan dan juga dijauhi oleh orang-orang di sekitarnya. Rasanya menyedihkan sekali ya?

Jangan Suka Berbohong [image source]
Jangan Suka Berbohong [image source]
Untuk itu, jauhilah budaya dan hobi berbohong. Anggap lah yang kita lakukan ke orang lain adalah apa yang mungkin akan kita terima. Jika kita tak suka dibohongi, maka jangan pernah berbohong pada orang lain. Jika kita tak ingin dijauhi orang lain, maka jangan pernah kita menyakiti hati mereka dengan berbohong.

2.Berbicara Kasar

Selain berbohong, kata-kata kasar yang entah sadar atau tidak, keluar dari mulut kita, ternyata bisa menjadi penyebab kita dijauhi orang lain. Siapa yang nyaman, jika ada orang yang berkata kasar padanya? Tentunya kamu pun tak menyukai hal itu.

Jangan Suka Berkata Kasar pada Orang Lain [image source]
Jangan Suka Berkata Kasar pada Orang Lain [image source]
Untuk itu, hindari berkata kasar atau meneriakkan sesuatu pada orang lain, terlebih pada orang yang lebih tua. Selain merendahkan diri kita sendiri karena akan dinilai tidak sopan, orang-orang akan tidak nyaman dan pelan-pelan menjauhi kita.

3. Egois

Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya, bahwa sikap saling menolong dan menghargai orang lain adalah sikap yang sangat dicintai di masyarakat. Hal itu terlihat dari ketulusan beliau di masa hidupnya, yang dari situlah, pelan-pelan banyak orang masuk Islam. Itulah mengapa, kita harus sekuat mungkin menjauhi sikap egois atau mementingkan diri sendiri.

Bersikap Egois Membuat Orang Lain Benci [image source]
Bersikap Egois Membuat Orang Lain Benci [image source]
Seseorang yang egois selalu merasa bahwa urusannya saja yang paling penting daripada kepentingan orang lain. Asalkan kebutuhannya terpenuhi, dia tak peduli pada apa yang dialami orang lain. Dia bisa meminta orang lain membantunya, namun giliran dia dimintai tolong orang lain, dia tidak mau melakukannya.

Nah, siapa yang nyaman jika berada di dekat orang seperti itu? Maka wajar saja, jika kita egois maka orang lain akan menjauhi kita.

4. Sombong

Sikap sombong, pada akhirnya bisa menjadi watak. Dan jika sudah menjadi watak, maka seseorang tersebut akan sulit menghilangkannya dari kehidupan. Seseorang yang sombong akan merasa dia yang paling hebat, merasa dia paling bisa, dan tak ada orang lain yang mampu mengalahkannya. Kesombongan bisa mendorong kita pada kesyirikan bahkan na’uddzubillah menjadi murtad.

Orang Sombong Bisa Dijauhi Teman [image source]
Orang Sombong Bisa Dijauhi Teman [image source]
Seperti kesombongan Firaun, yang merasa bahwa dialah yang paling hebat, sampai kemudian dia mengaku dirinya adalah Tuhan. Lalu Allah murka dan menghukumnya dengan membinasakannya beserta pengikut-pengikutnya tanpa terkecuali. Jangan sampai orang lain menjauhi kita karena kesombongan yang kita pupuk di dalam diri. Jika rasanya dijauhi orang saja sudah menyakitkan, apalagi jika Allah yang menjauhi kita kan?

Nah, itulah tadi keempat hal yang paling sering membuat orang lain merasa tidak nyaman ada di sekitar kita. Karena kita menyadari status kita sebagai makhluk sosial, sudah menjadi keharusan bagi kita untuk menjaga hubungan baik dengan orang-orang di sekitar kita agar tercipta kenyamanan di antara kita dengan mereka. (Sof)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA