6 Mata-mata Wanita yang Aksinya Mengagumkan dalam Sejarah Politik dan Peperangan

oleh Tetalogi
09:30 AM on Sep 30, 2015

Dengan dianugerahi beberapa kelebihan yang berbeda dari pria, para ahli setuju bahwa wanita punya keuntungan yang membuat mereka mampu menjadi mata-mata terbaik. Sifat mereka sebagai pendengar dan pandai dalam hal-hal yang praktis adalah beberapa kelebihan tersebut.

Kelebihan-kelebihan tersebut ternyata dimanfaatkan dengan baik oleh para wanita ini sebagai mata-mata. Berikut ini adalah mata-mata wanita tersebut.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Elizabeth Van Lew

Elizabeth Van Lew bekerja untuk Union ketika perang sipil di Amerika. Janda yang tinggal di Richmond Virginia ini sangat mengecam tindakan perbudakan dan bahkan membebaskan budaknya sendiri. Tidak hanya itu saja, ia juga menggunakan uang warisan miliknya sebesar 10 ribu dolar untuk membeli dan membebaskan anggota keluarga mereka. Selama empat tahun, ia memberikan informasi pada petugas Union dan membantu tahanan perang. Beberapa orang bahwan menyebutnya mata-mata Federal paling sukses dalam peperangan.

Elizabeth Van Lew [Image Source]
Elizabeth Van Lew [Image Source]
Dengan menggunakan budak yang ia bebaskan sebagai kurir, Van Lew mengirimkan informasi penting untuk Union yang disembunyikan di dalam sepatu dan telur. Ia bahkan pura-pura gila dan sering bicara sendiri untuk menghindarkan diri dari kecurigaan. Hal ini membuatnya dipanggil “Crazy Bet” atau Bet yang gila oleh para tetangganya. Ia terus bekerja sebagai mata-mata sampai perang usai. Setelah peperangan berakhir, ia dikucilkan di Richmond, tempat ia tinggal sampai akhir hayatnya.

2. Cecily Lefort

Lahir di Irlandia, Cecily Lefort kemudian pindah ke Perancis saat masih remaja dan menjadi seorang pengemudi Yacht handal. Namun, ketika Perancis diserang pasukan Jerman pada tahun 1940, ia kemudian lari ke Inggris dan menjadi mata-mata dengan kode nama “Alice”. Ia dikirim kembali ke Perancis dengan dua orang mata-mata lainnya, Diana Rowden dan Noor Inayat Khan.

Kamp Konsentrasi [Image Source]
Kamp Konsentrasi [Image Source]
Lefort hanya bekerja sebagai mata-mata selama tiga bulan sebelum ia ditangkap karena mengunjungi rumah yang sudah diperingatkan untuk tidak didekati. Seorang Jerman yang curiga menangkapnya dan ia diinterogasi secara brutal selama beberapa bulan. Lefort kemudian dikirim ke kamp konsentrasi Ravensruck tempat ia dieksekusi pada 1 Mei 1945, sama seperti mata-mata wanita lain yang tertangkap oleh Nazi.

3. Stephanie von Hohenlohe

Stephanie von Hohenlohe terkenal akan kecantikannya serta kecerdasannya di berbagai bidang. Di awal abad ke-20, ia terlibat hubungan dengan 2 orang pangeran yaitu Franz Salvator of Tuscany dan Friedrich Franz von Hohenlohe-Waldenburg-Schillingsfürst of Austria. Ia hamil oleh Salvator tapi berhasil meyakinkan Hohenlohe bahwa bayi yang dikandungnya adalah miliknya. Keduanya menikah dan Stephanie mendapatkan gelar kehormatan “putri”.

Stephanie von Hohenlohe [Image Source]
Stephanie von Hohenlohe [Image Source]
Sebagai seorang sosialite, ia sangat populer diantara kalangan elit Jerman dan berteman dengan pejabat negara termasuk Adolf Hitler. Meski tahu bahwa Stephanie adalah setengah Yahudi, Hitler tergila-gila padanya dan bahkan memecat seorang pria ketika Stephanie ketahuan menjalin hubungan dengannya. Ia menjadi mata-mata Jerman di Eropa pada tahun 1930an dan mengirimkan pesan antara pejabat yang merupakan simpatisan Nazi.

Ketika perang akhirnya pecah, von Hohenlohe lari ke Amerika dan ia ditangkap setelah Pearl Harbor diserang. Dalam tahanan, ia akhirnya memberikan bocoran tentang Hitler yang digunakan untuk menganalisa pemimpin Jerman tersebut. Tahun 1945, “putri Nazi” ini akhirnya dimaafkan dan ia kembali ke Jerman.

4. Sarah Aaronsohn

Sarah lahir di negara yang sekarang dikenal dengan nama Israel, tapi dulunya wilayah ini adalah provinsi di kekuasaan Kerajaan Ottoman. Sepanjang hidupnya ia tinggal di wilayah tersebut kecuali saat ia pergi ke Istanbul dalam waktu singkat. Sekembalinya dari sana, ia menyaksikan sesuatu yang mengubah hidupnya selamanya. Pasukan Turki mengikat 5ribu lebih orang Armenia ke piramid duri dan membakar mereka. Saudaranya, Aaron kemudian meyakinkannya untuk bergabung dengan Nili, lingkaran mata-mata Yahudi.

Sarah Aaronsohn [Image Source]
Sarah Aaronsohn [Image Source]
Selama hampir 2 tahun, Aaronsohn dan beberapa mata-mata lainnya membantu Inggris berperang melawan Turki. Hal ini pula yang akhirnya berujung pada kematiannya. Ia ditangkap oleh tentara Turki pada 1 Oktober 1917 dan disiksa secara brutal. Meski begitu, ia tidak pernah mengatakan atau membocorkan informasi apapun. Takut ia akhirnya akan kalah dengan siksaan tersebut dan membuat mata-mata lain tertangkap, ia memutuskan untuk bunuh diri dengan pistol yang berhasil ia selundupkan. Dalam catatan bunuh dirinya, ia menulis, “sebagai pahlawan kami mati dan tidak mengaku apapun”.

5. Velvalee Dickinson

Dikenal sebagai “The Doll Lady” karena toko boneka dan kolektor barang antik, wanita ini juga berperan Sebagai agen dengan mengirimkan informasi rahasia tentang perahu pasukan sekutu ke pihak Jepang. Ia sering terlihat di konsulat Jepang dan mengirim surat dengan kode yang sangat jelas kepada Señora Inez Lopez de Malinali di Buenos Aires, Argentina. Kode yang mudah dipecahkan tersebut dibuat oleh rekannya yang akhirnya membuat Dickinson mudah ditangkap.

Velvalee Dickinson [Image Source]
Velvalee Dickinson [Image Source]
FBI mencurigai surat yang gagal terkirim dan dikirim kembali ke Amerika. Setelah dilakukan penyelidikan, ternyata surat tersebut membicarakan tentang pergerakan perahu angakatan laut Amerika Serikat. FBI kemudian menangkapnya dan berhasil menemukan bukti tambahan berupa uang sebesar 13 ribu dolar yang setelah dilacak berasal dari pejabat Jepang. Takut didakwa atas espionase, Dickinson membocorkan semua yang ia ketahui dan menjelaskan secara detail tentang operasi yang dijalankan.

Dickinson ternyata mendapatkan informasi dari penduduk lokal sebelum ia lanjutkan informasi tersebut ke Argentina. Namun, kontaknya di Argentina ternyata telah ditemukan dan rekan yang bertanggung jawab atasnya gagal mengetahui hal ini sehingga surat Dickinson dengan mudah disadap. Dickinson dihukum penjara 7 tahun dan menghilang dari mata publik begitu ia dibebaskan.

6. Jeannie Rousseau

Jeannie Rousseau dianggap sebagai salah satu mata-mata paling efektif pada masa Perand Dunia II. Ia menjadi mata-mata untuk pasukan Sekutu dan mendapatkan informasi dari Jerman. Berkat kecantikannya dan kemahirannya dalam berbahasa Jerman, ia berhasil mendapatkan banyak informasi yang dengan senang hati ia bagikan kepada Sekutu.

Jeannie Rousseau [Image Source]
Jeannie Rousseau [Image Source]
Informasinya tentang Peenemünde Center (sebuah laboratorium militer dan fasilitas) membuat presiden Churchill memutuskan untuk menyerang laboratorium tersebut. Hal ini membuat tertundanya pembuatan roket V-1 dan V-2 sehingga berhasil menyelamatkan ribuan orang. Ia ditangkap beberapa kali, dan dimasukkan ke tiga kamp konsentrasi yang berbeda, tapi tidak sama seperti mata-mata wanita yang lain, ia berhasil selamat. Setelah perang berakhir, ia kemudian bekerja sebagai penerjemah untuk PBB.

Itulah tadi beberapa mata-mata wanita yang dikenal. Tidak hanya pria yang mampu bekerja sebagai seorang mata-mata, dengan kemampuannya sebagai pendengar yang baik dan pintar menarik perhatian, mereka juga mampu menjadi mata-mata yang efisien.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA