in

Ketika Elektronik Nganggur Bisa Disulap Jadi Masterpiece Keren!

Kupu-kupu indah dari papan sirkuit bekas

Sering menjual atau bahkan membuang pernak pernik elektronik yang udah nggak terpakai? Sepertinya kamu harus menghentikan kebiasan itu mulai sekarang. Pasalnya, kamu bisa menyulap rongsokan elektronik tersebut menjadi benda-benda bernilai seni tinggi seperti yang dilakukan seniman yang satu ini.

Yup, artist bernama Julie Alice Chappell ini mengubah sampah elektronik menjadi serangga-serangga cantik yang memukau. Caranya nggak susah kok, cuma butuh ketelitian, konsisten dan juga sedikit kreativitas. Asiknya lagi, kamu juga bisa menjual serangga-serangga tersebut sebagai cindera mata atau collectible figure. Sampah jadi duit deh!

Penasaran dengan kiprah seniman satu ini? Simak deh ulasannya berikut!

1. Awal Mula Julie Menekuni Seni Unik ini

Suatu ketika ia menemukan sebuah kotak berisi komponen-komponen elektronik yang nggak dipakai. Udah ada niat untuk membuat sesuatu yang seru namun hanya berakhir rencana aja. Hingga akhirnya setelah ia lulus jurusan seni inspirasinya pun meluap.

Kupu-kupu indah dari papan sirkuit bekas [Image Source]
Kupu-kupu indah dari papan sirkuit bekas [Image Source]
Awalnya mungkin bentuk-bentuk yang dibuatnya terlihat aneh. Namun semakin lama dan berkembang, Julie pun makin berimprovisasi dalam membuat replika serangga. Kini bentuknya pun terbilang sangat kompleks dan match seperti aslinya.

2. Papan Sirkuit Adalah Seni

Coba deh perhatikan sebuah papan sirkuit sebuah perangkat elektronik. Di sana kamu bakal menemukan sesuatu yang fun. Entah jalur-jalurnya yang keren atau pun deretan komponen kecilnya tertata sangat rapi itu. Nah, ini pula yang juga dirasakan oleh Julie.

Jalurnya yang unik dan rumit ini emang bagai sebuah seni, kan? [Image Source]
Jalurnya yang unik dan rumit ini emang bagai sebuah seni, kan? [Image Source]
Panel-panel sirkuit yang biasanya berwarna hijau dan biru itu seakan jadi ladang serangga bagi Julie. Dengan teknik memotong di spot yang pas, bisa dipastikan hasilnya juga bakal sangat keren. Sehingga nggak berlebihan kalau puluhan atau mungkin ratusan benda buatannya masing-masing adalah unik. Alasannya karena potongan circuit board-nya nggak bakal ada yang sama. Asik yah?

3. Seni yang Multi Guna

Seni serangga ala circuit board ini ternyata punya banyak manfaat lho. Misalnya aja bisa kamu jual sebagai souvenir. Berbekal bentuk yang rumit dan mirip aslinya, bukan nggak mungkin benda buatanmu bakal dilabeli dengan harga yang tinggi. Bakal jadi sampingan yang lumayan banget. Apalagi ketika membuatnya dilakukan dengan fun sehingga nggak ada beban.

Sampah sebanyak ini bisa jadi karya seni unik bernilai tinggi lho! [Image Source]
Sampah sebanyak ini bisa jadi karya seni unik bernilai tinggi lho! [Image Source]
Manfaat lain adalah berkurangnya limbah elektronik. Mungkin kamu bisa lihat di tempat pembuangan akhir, gimana banyaknya sampah elektronik di sana. Nah, daripada jadi sampah dan bikin penyakit, kenapa nggak dibikin benda seni aja? Kamu bahkan bisa sekalian menyelamatkan lingkungan. Bermanfaat ganda, kan?

4. Bikin Karyamu Sendiri!

Nah, kini saatnya kamu bikin karyamu sendiri. Butuh inspirasi tinggal googling aja deh. Mungkin bisa mulai dengan bentuk-bentuk yang sederhana dulu dan gampang pengerjaannya. Kamu juga butuh pernik-pernik kecil seperti resistor dan sebagainya sebagai pelengkap.

Kamu pun bisa bikin yang kayak begini lho!
Kamu pun bisa bikin yang kayak begini lho!

Tinggal sedikit berkreasi, maka bentuk apa pun pasti bisa dikerjain. Kalau udah ahli mungkin kamu bisa berimprovisasi dengan membuat bentuk lain. Misalnya aja hewan-hewan besar atau mungkin robot-robot.

Berbekal sedikit kreativitas, ternyata benda-benda yang dianggap sampah bisa lebih berguna bahkan bernilai jual tinggi. Mulai sekarang jangan buru-buru dibuang deh sampah elektronikmu, misalnya komputer, AC atau TV bekas. Bisa jadi duit lagi tuh kalau dimanfaatkan. Selamat berkreasi yah!

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Kolam renang paling eksotis

12 Kolam Renang Terbaik Ini Bikin Kamu Nggak Pengen Keluar Setelah Nyemplung

Nostalgia Wiro Sableng, Jagoannya Generasi ’90an yang Asli Indonesia