in

Lucu dan Imut, Maskot Piala Dunia Qatar Malah Tuai Kontroversi

Akhirnya FIFA memperkenalkan maskot untuk gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar. Maskot yang diberi nama La’eeb itu dirilis pada momen pengundian final Piala Dunia 2022 pada Jumat (01/04/2022) di Doha, Qatar. Maskot La’eeb memakai igal di kepala dan jubah putih yang terlihat melayang di udara.

La’eeb dalam bahasa Arab berarti pemain yang sangat terampil. Didesain berwajah ceria, maskot itu terlihat menggemaskan dan imut. Tapi setelah diresmikan, La’eeb menuai kontroversi dari warganet.

La’eeb disebut mirip tokoh kartun Casper

Casper dan La’eeb [sumber gambar]
Banyak yang mengomentari La’eeb persis dengan karakter hantu di sebuah film animasi legendaris zaman 90-an bernama Casper. Pasalnya, La’eeb yang memakai jubah berwarna putih memang tidak mempunyai kaki-tangan dan melayang di udara seperti Casper. Kemiripan itu juga disadari oleh seorang jurnalis asal India yang mencuitkan apakah La’eeb terlihat seperti Casper si hantu ramah sedang memakai sorban.

Netizen jadikan La’eeb simbol tewasnya ribuan pekerja migran

Beberapa netizen mengkritisi maskot La’eeb dan dihubungkan dengan kisah kelam kematian pekerja migran saat membangun stadion. Diketahui, Qatar memang sedang gencar membangun infrastruktur seperti hotel, stadion, dan fasilitas lainnya.

Pekerja migran meninggal akibat proyek Qatar [sumber gambar]
Namun, proses pembangunan yang dilakukan selama 10 tahun terakhir itu memakan banyak korban. Sekitar 6.500 pekerja migran dilaporkan tewas demi membangun fasilitas untuk Piala Dunia 2022. Sejumlah kalangan menilai Qatar telah melakukan eksploitasi besar-besaran kepada para pekerja migran.

FIFA tanggapi kontroversi La’eeb

Direktur pemasaran FIFA Khalid Ali Al Mawlawi mengatakan semua orang bebas mengartikan maskot La’eeb. Khalid menjelaskan maskot bertema Now is All itu bertujuan agar setiap orang memiliki rasa percaya diri. La’eeb juga menjadi simbol bahwa sepak bola bisa memberikan kegembiraan untuk semua orang.

Maskot Piala Dunia 2022 Qatar [sumber gambar]
Khalid justru optimis La’eeb akan menjadi ikon semangat muda yang menyebarkan kepercayaan diri dan kegembiraan. Ia yakin penggemar di seluruh dunia akan menyukai karakter La’eeb yang menyenangkan. La’eeb diharapkan bisa memberikan inspirasi untuk penggemar muda.

BACA JUGA: Mengenal Kreuz, Sepeda Lipat Buatan Bandung yang Sukses jadi Transportasi Resmi Piala Dunia 2022

Meski banyak dikritisi, tak sedikit yang kagum dengan maskot La’eeb. Mereka memuji La’eeb terlihat menggemaskan dan lucu. Matanya yang lebar dan mulut mungilnya disukai oleh penggemar dari berbagai usia.

 

Written by F A Agustina

Lebih Lancar Bahasa Indonesia, Warga Malaysia Keluhkan Anaknya Tak Bisa Bahasa Melayu

7 Makanan Sahur agar Tidak Gampang Keroncongan Saat Puasa