in

Masjid Si Pitung, Tempat Ibadah Kebanggaan Betawi yang Dipercaya Dibangun dalam Sehari

Indonesia memang terkenal dengan keragaman budayanya. Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari suku sampai rumah adatnya. Tak terkecuali juga masjid yang terdapat di berbagai wilayah. Bentuk dan namanya disesuaikan dengan adat warga sekitar. Salah satunya adalah Masjid Si Pitung yang terdapat di gang-gang sempit pemukiman Ibukota.

Terlihat dari namanya, Si Pitung ini memang merupakan masjid kebanggaan dari Suku Betawi. Meskipun tidak sebesar tempat ibadah terkemuka lainnya, Masjid Si Pitung tersebut sering dijadikan destinasi oleh para wisatawan. Bukan tanpa alasan, tapi tempat ibadah sederhana ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh masjid-masjid lainnya.

Disebut juga Masjid Al Alam Marunda [Sumber Gambar]
Masjid yang juga disebut Al Alam Marunda tersebut, dipercaya dibangun hanya dalam waktu sehari saja. Kata pengurus Masjid Al Alam yang bernama Kusnadi, cerita ini sudah ada sejak dari zaman dahulu. Kemudian cerita tersebut diturunkan oleh penduduk ke anak cucunya sampai sekarang. Namun untuk kebenarannya, hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Sehingga sampai saat ini hal tersebut masih dipercaya saja dan belum ada fakta yang bisa mengungkapkannya.

Masjid Si Pitung [Sumber Gambar]
Nah, membahas tentang namanya, masjid satu ini tidak dinamakan Si Pitung begitu saja. Ada sebab yang membuat orang-orang dahulu memberi nama masjid ini sama dengan jawara asal Betawi tersebut. Masjid ini dahulu ternyata merupakan tempat si Pitung menenangkan diri ketika dikejar oleh kompeni Belanda. Selain itu, rumah si Pitung juga berdekatan dengan Masjid Al Alam Marunda. Sehingga para warga menamakan masjid tersebut dengan jawara yang asli dari Rawa Belong itu.

Sumur tiga rasa [Sumber Gambar]
Bukan kedua faktor itu saja yang membuat para wisatawan tertarik mengunjunginya. Ada hal lain lagi yaitu tentang sumur tiga rasa. Tepat di samping masjid terdapat sumur yang konon katanya airnya memiliki rasa bermacam-macam. Para pengunjung yang mencoba air dari sumur tersebut mengaku jika rasanya tidak pernah sama. Ada yang manis, asin, pahit dan lain sebagainya. Kemudian yang menarik lagi dari sumur tersebut adalah airnya bisa menyembuhkan penyakit. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang membawa tempat minum untuk menampung air dari sumur tersebut.

Keunikan yang dimiliki oleh Masjid Si Pitung ini mengajarkan kita tentang banyak hal. Misalnya adalah mengenai kekuasaan Allah yang menciptakan sumur tiga rasa tersebut. Apa yang kita rasa tidak mungkin, ternyata bisa dengan mudahnya Allah untuk menciptakannya. Dengan keunikan yang Allah ciptakan itulah membuat umat Islam dari berbagai penjuru rela datang ke tempat ibadah satu ini. Namun, jangan sampai kalian mengunjungi masjid hanya karena uniknya saja ya. Sebisa mungkin kunjungi masjid karena ingin beribadah kepada Allah dan berniat untuk mendapatkan ridhoNya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

4 Fakta Kandungan ‘Racun’ dalam Air Zam-zam yang Malah Bikin Badan Jadi Sehat

Tak Perlu Ceramah di Masjid, Pemuda Ini Berdakwah Dengan Cara yang Bikin Geleng Kepala