5 Masjid Menakjubkan Ini Dibangun di Atas Air (Beberapa Ada di Indonesia, Lho)

oleh Rahma Muliani
13:44 PM on Jul 6, 2015

Jika biasanya sebuah masjid berdiri dengan kokoh di sebuah daratan, tapi tidak dengan beberapa masjid di bawah ini. Masjid-masjid ini di bangun di atas air, sehingga jika dilihat dari kejauhan bangunan ini terlihat seperti mengapung. Pemandangan yang sangat menakjuban bukan?

Bangunan yang mengapung ini, membuat pemandangan di lautan tersebut menjadi semakin indah dan menawan. Mau lihat seperti apa keindahannya? Mari kita simak masjid-masjid terapung yang sudah ada di beberapa negara ini, termasuk di Indonesia.

Baca Juga
Inilah 4 Kisah Pria Beruntung 2017, yang Berhasil Bikin Bule “Ngebet” Nikah
Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah

1. Masjid Fatimah, Jeddah

Saat ini Masjid Fatimah lebih dikenal dengan nama Masjid Ar-Rahman. Luas bangunannya mencapai 20 meter x 30 meter. Tempat ini sering kali di kunjungi oleh para jemaah Haji, selain untuk beribadah para jemaah Haji juga ingin menikmati keindahan arsitektur dari masjid terapung ini.

Lebih Dikenal Dengan Nama Masjid Ar-Rahman
Lebih Dikenal Dengan Nama Masjid Ar-Rahman [ImageSource]
Masjid Fatimah berlokasi di tepi Laut Merah. Bangunan ini merupakan masjid terapung yang paling terkena di Arab Saudi. Meski hanya sebagian bangunan yang berada di atas laut, akan tetapi pemandangan di sana tetap sangat menakjubkan, terlebih saat air laut sedang pasang.

2. Masjid Selat Melaka, Malaysia

Masjid Selat Melaka juga termasuk salah satu masjid terapung. Masjid ini berdiri dengan megahnya di tepi Selat Melaka, Malaysia. Banyak sekali fotografer  yang datang untuk menikmati indahnya laut yang membentang luas dengan sebuah bangunan di atasnya.

Pemandangan Masjid Selat Melaka Pada Malam Hari
Pemandangan Masjid Selat Melaka Pada Malam Hari [ImageSource]
Ide pembangunan ini dicetus oleh seseorang bernama Mohd. Ali, yang terinspirasi dengan Masjid Fatimah yang berada di Jeddah. Di masjid terapung ini juga terdapat sebuah menara yang tingginya mencapai 30 meter, menara itu adalah sebuah mercusuar yang juga digunakan untuk tempat mengumandangkan adzan.

3. Masjid Haji Ali Dargah, Mumbai

Bangunan berwarna putih ini, mengapung dengan indahnya di kawasan Morli Bay, India. Bangunan ini dikenal dengan nama Masjid Haji Ali Dargah, dan termasuk salah satu masjid terapung yang terkenal di dunia. Tempat ini merupakan tempat bersejarah bagi umat Muslim yang ada di sana.

Bangunan Berwarna Putih Dan Megah
Bangunan Berwarna Putih Dan Megah [ImageSource]
Selain masjid, di kawasan ini juga terdapat sebuah makam dari Sufi Haji Ali Dargah. Banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, terlebih lagi saat hari Jum’at banyak sekali peziarah yang datang. Namun sayang, pengunjung wanita tidak di izinkan untuk datang ke makam ini.

4. Masjid Amirul Mukminin, Makassar

Masjid terapung yang berada di Makassar ini merupakan masjid terapung pertama yang berada di Indonesia. Bangunan yang juga dikenal dengan nama Masjid 99 Al Makazarry ini berdiri mengapung  dengan megah, di tengah laut lepas dari Pantai Losari.

Pemandangan Masjid Airul Mukminin
Pemandangan Masjid Airul Mukminin [ImageSource]
Masjid ini cukup luas, karena mampu menampung hampir 400 jamaah. Bangunannya juga bertingkat, lantai dasar untuk jamaah laki-laki dan lantai dua untuk jamaah wanita. Dilokasi ini juga merupakan spot terbaik untuk menikmati sunset atau berfoto-foto.

5. Masjid Al Munwaroh, Ternate

Masjid Al Munawaroh berada di Ternate, Maluku Utara. Perairan dimana masjid ini dibangun sangatlah jernih. Dari permukaan airnya, kita bisa melihat dengan jelas ikan-ikan yang sedang berenang. Masjid terapung ini, sudah menjadi ikon dari kota Ternate.

Masjid Al Munawaroh, Terdapat 4 Buah Menara Yang Sangat Tinggi
Masjid Al Munawaroh, Terdapat 4 Buah Menara Yang Sangat Tinggi [ImageSource]
Masjid Al Munawaroh ini juga memiliki menara sebanyak empat buah, yang masing-masing memiliki ketinggian 44 meter. Dua diantara menara tersebut berdiri kokoh di tengah laut, yang juga berfungsi sebagai pondasi dari bangunan masjid terapung ini.

Masjid-masjid yang mengapung ini sangat indah dan menakjubkan bukan. Masjid ini sebenarnya tidak benar-benar mengapung, hanya saja pembangunannya berlokasi di pinggir pantai. Jadi bangunan ini seakan-akan terlihat mengapung. Kamu sendiri, sudah pernah mengunjungi salah satu dari masjid-masjid di atas?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA