Mungkin hingga saat ini apa yang dicapai Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dengan mampu menjadi pemain terbaik dunia lima kali sulit untuk disamai. Namun bagi perempuan bernama Marta Viera hal tersebut tidaklah berlaku. Pasalnya selama kariernya menendanng kulit bundar skrikandi Brasil ini juga sukses raih beberapa penghargaan di jagad sepak bola dunia.

Pencapaian wanita ini pun bisa dibilang luar biasa apabila berbicara mengenai torehan gelar bersama negara atau tim. Hal ini lantaran Marta mampu torehkan sukses saat berseragam Timnas di kompetisi internasional atau klub yang bermain di kompetisi Eropa. Kehebatannya dalam mengolah bola juga kerap menyihir beberapa pemain. Lantas prestasi apa saja yang pernah dicapainya? Untuk mengetahuinya simak ulasan berikut ini.

Sukses menjadi ratunya sepak bola selama 5 berturut-turut

Pengharagaan pemain wanita terbaik dunia [Sumber Gambar]
Bukan sebuah rahasia lagi apabila prestasi Messi dan Ronaldo sebagai pemegang 5 pemain terbaik dunia menjadikan mereka saat ini adalah raja di sepak bola. Berkaca dari hal tersebut, tidak salah bila menyebutkan Marta Viera sebagai ratunya olahraga ini. Pasalnya dalam kiprahnya di dunia tersebut, perempuan asal Brasil juga sukses lima kali dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia. Pada tahun, 2006, 2007, 2008, 2009, dan 2010, prestasi yang bisa dibilang sulit untuk diukir oleh pesepakbola wanita lain. Bahkan apabila tidak memandang persaingan bola lelaki dan wanita, Ronaldo dan Messi mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan itu.

Artikel Lainnya
Dianggap Tim Lemah, Beginilah Kiprah Menawan Bangladesh yang Sempat Selamatkan Timnas
Lindswell Kwok Jadi Peraih Emas Kedua, 15 Netizen Twitter Ini Ndagel Tentang Dirinya

Mampu membawa negaranya tampil hebat di kompetisi bola dunia

Aksi Timnas Brasil wanita [Sumber Gambar]
Penghargaan istimewa tersebut, tidak bisa dilepaskan dari kiprah gemilangnya saat memperkuat panji Timnas Brasil di berbagai ajang event internasional. Selama berlaga dengan Tim Samba, dirinya sukses bantu negaranya bermain dengan istimewa. Meski kerap tidak beruntung dengan jadi nomor dua atau tiga, namun pencapaian tetaplah hebat. Tercatat beberapa kali ia bantu Brasil masuk final Piala Dunia dan sukses raih medali perak pada pesta olahraga akbar dunia bertajuk Olimpiade. Selain itu juga Marta juga mampu torehkan prestasi gemilang di level klub dengan menjadi juara kompetisi Benua Biru.

Penghargaan bola emas selalu lekat diberikan kepada Marta

Penghargaan Marta [Sumber Gambar]
Seperti yang telah dibilang tadi, Marta memang kerap tidak beruntung dengan menjadi juara kala berseragam Timnas. Tapi hal tersebut tidaklah pernah menghalangi perempuan satu ini untuk mendapatkan penghargaan bola emas. Prestasi yang juga menunjukkan apabila dirinya sangat tajam saat berada di depan gawang lawan. Selain itu anugerah untuk top skore tersebut juga terbilang lekat dengan dirinya. Mulai saat mengikuti kejuaraan junior (U-19) sampai senior Marta hampir selalu munculkan namanya untuk jadi pemenang. Kapten Timnas Brasil ini juga sudah torehkan ratusan gol selama di dunia kulit bundar.

Selama berkiprah di olahraga sukses ciptakan ratusan gol

Capaian hebat Marta tersebut juga berimbas pada torehan gol yang bisa dibilang sangat fantastis. Hebatnya lagi ia sudah mampu ciptakan ratusan gol selama berkarier di jagad sepak bola wanita. Lewat penelusuran penulis, tercatat selama bermain di delapan klub berbeda, Marta sudah ceploskan 222 gol. Jumlah yang pastinya tidak sembarangan orang mampu menciptakan rekor tersebut. Tidak hanya di tim saja, kala memperkuat Brasil Marta juga tidak kalah hebat. Dalam 72 pertandingan yang pernah dilakoninya bersama Tim Samba ia sukses ciptakan 80 gol.

Apa yang diciptakan wanita Brasil ini adalah bukti bagiaman sepak bola kini bisa dimainkan oleh siapa saja. Bahkan prestasi mereka juga bisa dibilang luar biasa lantaran mampu menyamai beberapa bintang dunia. Jadi kini tidak ada alasan lagi untuk tak merubah pandangan kita ke sepak bola wanita.