Pelantun Denpasar Moon, Maribeth Pascua yang Cinta Indonesia

oleh Norman Duarte
13:10 PM on Aug 8, 2015

Orang Indonesia di era 90an, pasti tahu banget ama yang namanya Maribeth Pascua, atau yang lebih dikenal dengan nama depannya: Maribeth. Dia ini adalah artis Filipina yang jauh lebih ngetop di Indonesia daripada di negaranya sendiri.

Di tahun 93, singlenya yang berjudul ‘Denpasar Moon’ meledak banget di Indonesia, sampai muncul berbagai versi mulai dangdut sampai koplo. Mungkin karena musiknya unik, yang punya unsur campursari dan nada-nada khas etnis Indonesia.

Baca Juga
Inilah 4 Cara Greget BNN dalam Menghukum Para Bandar Narkoba yang Mulai Merajarela
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam

1. Denpasar Moon

Awalnya Maribeth ini memenangkan sebuah festival musik bertitle ‘Voice of Asia’ di tahun 1991. Suaranya yang merdu dan indah ini kemudian membawanya pada tawaran produser untuk merekam album perdananya yang bertajuk ‘Alone Against the World‘. Di album yang bernuansa Jazz inilah nama Maribeth meledak di Indonesia karena ada single ‘Denpasar Moon’ yang legendaris itu. Padahal lagu itu sendiri adalah sebuah demo musik karya seorang musisi Inggris bernama Sabah Habas Mustapha.

Demo eksperimental yang menggabungkan musik khas Indonesia dengan lirik bahasa Inggris ini kemudian didengar oleh pihak Sony Jepang. Mereka kemudian menawarkan lagu itu kepada Maribeth. Bisa ditebak, lagu itu kemudian ‘pecah’ banget di sini. Malah jadi single iklan TV Sony dan sempat ngetop di Jepang juga loh.

2. Ingin Jadi Warga Negara Indonesia

Karena ketenaran ini, Maribeth jadi pengen pindah ke Indonesia, karena di negaranya sendiri dia kurang dihargai. Ia meluncurkan album lagi yang berjudul ‘Born To Sing‘ dengan single ‘Borobudur’ yang juga laris di pasaran. Hal inilah yang membuat ia kemudian benar-benar berniat hijrah ke Indonesia. Di sini, ia sempat jadi bintang tamu di beberapa sinetron.

b
b [ImageSource]
Maribeth sempat bilang jika ia ingin hidup dan mati di Indonesia. Tetapi sampai sekarang impian itu tak terbalas karena negara Indonesia tidak pernah memberikan kewarganegaraan kepadanya. Padahal Maribeth sangat patuh pada aturan, dan gak mau lewat ‘jalur belakang’ seperti umumnya yang terjadi di birokrasi Indonesia. Bahkan ia sempat ditipu puluhan juta oleh oknum yang gak bertanggung jawab.

3. Kisah Cinta Maribeth

Nasib cintanya pada Indonesia dan pria Indonesia seperti setali tiga uang. Berkali-kali cintanya kandas dan ia mengalami patah hati dengan pria Indonesia. Kabar yang paling terdengar adalah hubungannya dengan Steven Rumangkang yang lebih memilih menikahi Angel Karamoy, dan meninggalkannya.

a
a [ImageSource]
Tapi cinta Maribeth tidak pernah luntur pada Indonesia. Sampai sekarang ia masih tinggal di Indonesia dan berjuang terus untuk mendapatkan kewarganegaraan Indonesia. Ia masih sering menerima tawaran menyanyi di acara-acara kecil, tidak sebesar dan semegah puluhan tahun lalu saat namanya sedang jaya-jayanya.

Betapa ironisnya ya. Ketika banyak penduduk negeri ini yang nyinyir terhadap negaranya sendiri, ada orang negara lain yang begitu cintanya kepada negeri ini, sampai rela tinggal di sini, mengeluarkan uang yang sudah gak kehitung lagi, hanya supaya bisa tinggal di sini. Cinta mati walaupun negara ini tidak menghargainya.

Semoga suatu hari nanti Maribeth mendapatkan apa yang ia inginkan ya. Amin!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA