in

Miliki Bau Pesing, Tunas Bambu Ternyata Punya Manfaat yang Luar Biasa

Apa yang terbersit di pikiran kalian ketika ngomongin soal tunas bambu atau rebung? Nah, kemungkinan besar kalian pasti berpikiran tentang aromanya yang lumayan pesing. Ya memang bahan makanan yang satu ini bisa mengundang selera dari baunya tersebut. Namun sayangnya banyak juga yang benci dengan tunas bambu lantaran aromanya.

Bahan makanan yang sering dimasak dengan kuah santan atau tumis ini memang terlihat sepele. Bahkan banyak orang yang menganggap kalau sayur rebung ini tidak mempunyai kelebihan apapun. Eits.. tapi jangan salah, bambu muda ini nyatanya punya manfaat besar bagi tubuh kita lho. Mau tahu apa saja manfaatnya? Simak ulasan berikut.

Bisa menurunkan kadar kolesterol

Menurunkan kadar kolesterol [Sumber Gambar]
Meskipun usianya masih muda, si calon bambu besar ini mempunyai manfaat penting. Salah satunya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol. Dilansir dari laman foodofy.com, kalau rebung ini rendah lemah, gula dan kalori. Alhasil kita tetap bisa aman walaupun konsumsinya dalam jumlah yhang lebih banyak. Bahkan, karena kandungannya tersebut, tunas bambu juga bisa dipercaya bisa menjaga kesehatan dari jantung.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh [Sumber Gambar]
Bukan hanya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, tunas bambu juga berperan untuk menambah sistem imun dalam tubuh. Seperti yang dituliskan di laman organicfacts.net, jika kandungan di tunas muda yaitu vitamin E bisa meningkatkan sistem kekebalan di dalam tubuh. Jadi kita tidak mudah sakit deh. Hal ini juga bertepatan dengan cuaca yang akhir-akhir ini sedang kalut sehingga bisa memicu penyakit bertebaran di mana-mana.

Dapat memperlancar buang air besar

Memperlancar buang air besar [Sumber Gambar]
Bagi Sahabat Boombastis yang sering tidak lancar sistem pembuangannya, sebaiknya konsumsi sayur rebung ini. Sebab, bersumber dari jurnal Comprehensive Reviews in Food Science and Foos Safety tahun 2011, tunas bambu ini memiliki serat yang cukup banyak di dalamnya. Ini dikarenakan kandungan lipid sebanyak delapan gram yang ada di dalam bambu muda tersebut. Jadi kalau kalian konsumsi rebung ini secara rutin, dijamin enggak akan kesulitan buang air besar lagi deh.

Jadi itulah khasiat dari tunas bambu bagi kehidupan kita. Meskipun ia memiliki bau yang bisa dibilang pesing, tapi nyatanya manfaatnya enggak boleh kita remehkan. Nah, bagi yang enggak suka dengan bahan makanan satu ini, yakin masih anti?

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Wall of Shame Peru, ‘Tembok Berlin’ Jilid II yang Bikin Sebagian Rakyat Sana Menderita

10 Potret Damainya Afghanistan yang Bak Surga Sebelum Taliban datang Menyerang