in

Tidak Hanya Sebagai Hiasan, Tumbuhan Pacar Air Juga Punya Sederet Manfaat untuk Pengobatan

Pacar air merupakan tanaman yang sering dijumpai di sekitar kita. Selama ini pacar air hanya sebatas tanaman hias biasa . Itu dikarenakan pacar air memiliki warna bermacam-macam sehingga banyak orang yang menjadikan pacar air sebagai tanaman hias di rumahnya.

Namun, tahukah kalian kalau sebenarnya tumbuhan cantik satu ini memiliki manfaat? Yap, menurut beberapa penelitian, tanaman pacar air berkhasiat untuk kehidupan sehari-hari Sahabat Boombastis. Terutama berfungsi sebagai obat untuk penyembuh penyakit.

Tumbuhan pacar air [Sumber Gambar]
Salah satu fungsi dari tanaman pacar air ini adalah dapat mengurangi risiko epilepsi. Memang epilepsi termasuk penyakit yang paling susah untuk disembuhkan, namun ternyata pacar air bisa mengatasinya. Jika kalian berminat untuk menggunakan pacar air ini sebagai terapi pengobatan epilepsi caranya cukup mudah Sahabat Boombastis. Pertama-tama, ambil tujuh akar tunggang dari pacar air dan siapkan juga 15 gram daun seribu kering. Kemudian rebus dua bahan tersebut lalu ambil airnya. Nah, konsumsi air rebusan tersebut ketika gejala epilepsi muncul ya.

Bisa mengobati epilepsi [Sumber Gambar]
Selanjutnya, fungsi lainnya yang bisa kita dapatkan adalah menjadi obat untuk tulang retak. Kalau dipikir-pikir memang tidak mungkin disembuhkan hanya dengan pacar air saja. Akan tetapi, menurut beberapa penelitian menyebutkan kalau itu memang benar adanya. Kalau tidak percaya, hal ini bisa kalian terapkan pada kerabat yang mengalami tulang retak. Cara menggunakannya adalah siapkan daun pacar air terlebih dahulu. Lalu dihaluskan dan tempelkan pada bagian tubuh yang tulangnya retak. Eits, tapi hal ini harus dilakukan setiap hari ya agar proses penyembuhannya menjadi lebih cepat.

Ampuh obati tulang retak [Sumber Gambar]
Selain penyakit-penyakit berat, pacar air juga bisa kok untuk mengatasi masalah ringan. Contohnya seperti bisul yang kerap diderita masyarakat. Dengan pacar air, kita tak perlu lagi untuk membeli obat bisul di apotek yang terkadang tidak manjur. Lagipula, mengolah pacar air untuk obat bisul ini tidak susah. Caranya adalah siapkan 15 gram daun pacar air segar. Kemudian siapkan juga lima lembar daun cocor bebek segar. Jika sudah, campurkan dan lalu hancurkan kedua bahan tersebut sampai halus. Selanjutnya, tempelkan kedua bahan yang sudah dihancurkan tadi ke bisul.

Melihat penjelasan di atas, bisa disimpulkan nih kalau pacar air bukan sekedar tanaman hias saja. Tumbuhan yang indah tersebut dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Mulai dari yang ringan sampai parah sekalipun. Nah, kalau kalian mengetahui fungsi dari pacar air selain di atas, bisa share di kolom komentar. Kemudian, jangan lupa juga untuk menyebarkan artikel ini ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Bukan 10 Menit, Inilah Sholat Tarawih Terlama di Magetan yang Berlangsung Selama 8 Jam

Selain Pemain dan Pelatih, Orang ‘Pintar’ Inilah yang Diam-diam Buat Persija Berjaya