in

Tak Hanya Dapat Pahala, Ternyata Ini Manfaat Kita Berpuasa Selama Sebulan Penuh

Bulan Ramadan selalu dirindukan oleh semua umat Islam di dunia. Bulan yang penuh berkah dan kebaikan ini digunakan orang muslim untuk menambah pahalanya. Mulai dari bersedekah, mengaji setelah sholat dan lain sebagainya. Oleh karena itu, para umat Islam selalu berharap bisa bertemu bulan yang suci ini setiap tahunnya.

Namun, berpuasa ternyata tidak hanya untuk menambah pahala dan mendapatkan pengampunan dosa saja. Tapi juga ada manfaat lain yang akan kita dapatkan. Mau tahu apa saja manfaatnya? Simak terus ulasan berikut ini.

Dapat meningkatkan kemampuan otak

Dapat tingkatkan kemampuan otak [Sumber Gambar]
Puasa yang biasanya hanya kita kira sebagai untuk menahan lapar dan dahaga ternyata punya manfaat lain. Adalah dapat meningkatkan kemampuan otak kita. Hal tersebut bisa terjadi karena neurotropik membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel pada otak. Sehingga hal tersebut bisa menjadikan kemampuan otak kita lebih meningkat lagi. Jadi, bisa dikatakan, berpuasa bisa menyebabkan kita lebih pintar beberapa persen.

Juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh [Sumber Gambar]
Meski kita hanya makan pada saat berbuka dan sahur saja, ternyata tidak membuat tubuh menjadi lemas. Ini sudah dibuktikan oleh beberapa ahli yang melakukan penelitian kalau orang berpuasa akan memiliki daya tahan tubuh lebih kuat. Hal itu disebabkan puasa dapat mengurangi risiko kerusakan sel pada tubuh yang diakibatkan radikal bebas dan bisa mencegah pembentukan sel kanker. Sehingga secara tidak langsung, daya tubuh akan meningkat karena melakukan puasa 30 hari lamanya.

Membantu memperpanjang usia

Bisa membantu memperpanjang usia [Sumber Gambar]
Ada salah satu manfaat menarik nih yang akan kita dapatkan ketika melakukan puasa.Yakni bisa membantu kita untuk memperpanjang usia. Ini bukan mitos belaka, tapi ada faktanya. Alasannya karena puasa bisa menghambat proses detoksifikasi yang dapat mencegah penuaan. Dengan begitu, sangat masuk akal kalau puasa bisa menjadi salah satu cara untuk memperlambat proses penuaan.

Dapat membantu menjaga kesehatan mental

Dapat membantu kesehatan mental [Sumber Gambar]
Faedah lainnya ketika kita melakukan puasa adalah dapat menjaga kesehatan mental. Mental yang dimaksud adalah emosi yang dimiliki masing-masing orang. Dengan puasa, emosi akan terjaga dan terkontrol lebih baik lagi. Nah, keadaan tersebut bisa membantu penurunan tingkat adrenalin dalam tubuh. Jadi bisa dipastikan kalau puasa dapat membuat kita lebih sabar dalam menghadapi apapun.

Meningkatkan kadar lemak ‘baik’ dalam darah

Mengurangi risiko penyakit jantung [Sumber Gambar]
Kita yang jarang mengonsumsi makanan pada saat puasa ternyata memberikan efek baik kepada tubuh. Yap, menurut sebuah studi yang dilakukan tahuun 1997 di Annals of Nutrition Metabolism menunjukkan bahwa puasa dapat menurunkan kolesterol jahat sebesar 8%. Kemudian juga meningkatkan kolesterol baik sebanyak 14,3%. Sehingga secara tidak langsung, puasa dapat melindungi jantung dari Penyakit Kardiovaskular.

Tak disangka, puasa ternyata mempunyai banyak manfaat bagi yang melakukannya. Mulai dari meningkatkan kemampuan otak sampai bisa menambah kadar lemak ‘baik’ dalam darah. Oleh karena itu, kalau kalian terkadang masih mengeluh lapar dan haus ketika puasa harus berhenti dari sekarang. Apa kalian tidak mau mendapatkan manfaat-manfaat seperti di atas?

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Pernah Jadi Makanan Mewah, Begini Sejarah Es Batu Saat Pertama Kali Datang ke Indonesia

Seperti Malaikat Pencabut Nyawa, Beginilah Mematikannya Virus Nipah yang Mengancam Dunia