in

Sering Dianggap Tanaman Pengganggu, Benalu Ternyata Punya Manfaat Bagi Kesehatan

Selama ini kita menganggap kalau benalu merupakan tumbuhan yang paling menyebalkan. Itu karena tumbuhan satu ini selalu menghisap makanan dari tanaman yang ia tumpangi. Sehingga banyak orang yang membencinya dan kemudian membuangnya dari tumbuhan kesayangannya.

Namun, di balik sifatnya yang licik ternyata ada hal menarik lho. Benalu ternyata mempunyai beragam khasiat bagi kehidupan. Mungkin kalian agak meragukan teori yang satu ini karena melihat dari sifatnya. Akan tetapi, ini bukan omong kosong belaka Sahabat Boombastis. Hal tersebut memang benar adanya.

Walaupun dianggap parasit, benalu bisa sembuhkan beberapa penyakit [Sumber Gambar]
Salah satu manfaat dari tumbuhan perusak ini adalah dapat membantu mengatasi penyakit kanker lho. Hal ini sudah dibuktikan dari penelitian yang dilakukan sejumlah ilmuwan di Eropa. Ternyata menurut penelitian tersebut benalu mengandung tannin, flavanoid kuersetin, rutin, meso- inosotol yang bisa memperkecil DNA sel kanker. Namun, ini hanya berlaku di benalu mangga saja ya Sahabat Boombastis. Untuk membuat ramuannya cukup merebus daun benalu tersebut. Kemudian, minum air rebusan tersebut secara teratur supaya sel kanker dalam tubuh bisa menghilang dengan cepat.

Selain di atas, manfaat lain dari benalu yang bisa kita dapatkan adalah dapat menghentikan dengkuran saat tidur. Mendengkur memang hal sepele, namun harus segera dihilangkan. Alasannya karena mendengkur dapat menjadi sebuah penyakit dan bahkan merupakan salah satu dari penyebab kematian saat tidur. Pasti kalian enggak mau kan itu terjadi? Sehingga untuk menghilangkannya benalu dari tanaman kopi tersebut direbus. Kemudian minum air rebusan tersebut secara teratur hingga dengkuran menghilang seiring berjalannya waktu.

Bisa hentikan dengkuran [Sumber Gambar]
Kemudian, manfaat selanjutnya ialah dapat membuat tekanan darah menjadi normal. Hal ini sudah diuji oleh beberapa peneliti dan hasilnya pun terbukti. Pada penelitian tersebut, benalu teh mampu menurunkan tekanan darah orang yang terkena hipertensi selama tiga sampai lima minggu. Bukan waktu yang singkat, akan tetapi bisa jadi alternatif penyembuhan daripada harus ke dokter. Namun benalu yang ampuh untuk menjaga tekanan darah ini hanyalah dari tanaman teh. Sehingga benalu dari tumbuhan lain masih belum bisa untuk mengatasi masalah satu ini. Untuk mengolah benalu teh ini menjadi obat, sama seperti cara sebelumnya yaitu hanya direbus saja dan kemudian airnya diminum secara teratur.

Nah, itu tadi adalah sebagian kecil dari manfaat benalu. Ternyata, walaupun itu adalah tumbuhan parasit namun bisa berguna juga untuk kesehatan. Jadi mulai sekarang jangan pernah sepelekan tumbuhan satu ini ya. Tapi ingat, jangan sembarangan menggunakannya sebagai obat karena tidak semua benalu mampu menjadi media penyembuhan.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Kuldhara, Kota yang Terkena Kutukan Kematian dan Penduduknya Lenyap dalam Semalam

Barbie Hingga Lady Diana, 8 Potret Nia Ramadhani Ini Dibilang Mirip Public Figure Dunia