5 Bukti Bagaimana Malaria Telah Mengubah Dunia

oleh Tetalogi
07:00 AM on Aug 1, 2016

Malaria adalah salah satu penyakit tertua yang pernah pernah diketahui. Sudah ada catatan mengenai penyakit ini sejak 3.500 tahun lalu ketika melanda Bangsa Mesir Kuno. Parasit ini tidak ditemukan sampai tahun 1880. Kemudian baru pada tahun 1897 diketahui bahwa nyamuk adalah pembawa parasit tersebut.

Meski malaria bisa disembuhkan dan sudah dimusnahkan di beberapa negara, tapi masih saja ada orang yang terkena penyakit ini. Bahkan jika tidak segera dirawat, penderitanya bisa dipastikan meninggal dunia karena mengalami kerusakan otak atau organ. Karena malaria sudah hidup begitu lama, artinya penyakit ini juga punya andil besar dalam terbentuknya sejarah.

Baca Juga
Inilah 4 Cara Greget BNN dalam Menghukum Para Bandar Narkoba yang Mulai Merajarela
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam

1. Jatuhnya Kerajaan Romawi Barat

Pada tahun 476 Masehi, kekaisaran Romawi berat telah semakin mendekati akhirnya. Kejatuhannya ini diperkirakan sudah dimulai sejak tahun 184 Masehi setelah kematian Marcus Aurelius. Sejak kematiannya, kerajaan mengalami kemunduran terus menerus. Dari hasil penelitian DNA, munculah teori bahwa hal tersebut dikarenakan oleh wabah Malaria.

Pertempuran [Image Source]
Pertempuran [Image Source]
Hasil penelitian pada tulang dari tahun 450 Masehi menunjukkan orang tersebut sakit malaria. Artinya, penyakit tersebut sedang menyebar pada saat ini. Hal ini masih berhubungan dengan teori bahwa ada epidemi besar yang menyerang penduduk Romawi Barat.

2. Perbudakan di Amerika Selatan

Ada alasan tertentu mengapa Amerika Selatan menggunakan orang-orang dari Afrika sebagai budak. Apalagi perjalanan antar benua bukanlah hal yang mudah, memakan banyak biaya, dan jelas tidak efisien. Nah, salah satu alasan mungkin terjadi adalah karena adanya penyebaran malaria.

Perbudakan di Amerika [Image Source]
Perbudakan di Amerika [Image Source]
Ketika orang-orang Afrika dibawa ke koloni Amerika pada Agustus tahun 1619, mereka membawa serta penyakit malaria. Karena di Selatan suhunya lebih hangat dan lembab, nyamuk jadi cepat berkembang sehingga penyakit ini menyebar dengan cepat. Penyakit ini belum pernah dikenali oleh orang Eropa dan Amerika. Namun, orang Afrika sudah punya kekebalan, sehingga mereka tetap bisa bekerja di area yang banyak nyamuk tanpa jatuh sakit. Hal ini pula yang membuat para pasukan pertahanan berusaha mempertahankan sistem perbudakan di Amerika bagian Selatan dan bertahan selama hampir 2,5 abad.

3. Terbentuknya Britania Raya

Tahun 1698, Skotlandia berusaha berdiri sendiri di Dunia Baru. Namun saat itu negara tersebut tengah dalam kondisi buruk karena peperangan puluhan tahun dan harus bertahan karena kelaparan selama 7 tahun. Akhirnya mereka mengirim sekelompok orang untuk ekspedisi dan membentuk koloni.

Penerimaan Acts of Union 1707 [Image Source]
Penerimaan Acts of Union 1707 [Image Source]
Sayangnya ekspedisi ini gagal. Dari 1.700 orang yang berangkat, kurang dari 300 orang yang bisa kembali ke Skotlandia. Sisanya meninggal dunia karena malaria. Ekspedisi kedua dilakukan dan hal yang sama terjadi. Kegagalan ini membuat Skotlandia semaking bangkrut sehingga menjatuhkan moral negara. Akhirnya Skotlandia setuju menandatangani Acts of Union 1707 yang membuat negara tersebut masuk menjadi anggota Britania Raya. Sebagai bagian dari perjanjian, Inggris bersedia membayar lunas hutang-hutang Skotlandia.

4. Perang Revolusi

Pada masa Perang Revolusi tahun 1779, Inggris memutuskan untuk menginvasi wilayah Selatan koloni. Awalnya Inggris memang sukses, tapi ketika musim panas datang, malaria menyebar sehingga mereka terpaksa mundur demi mencegah terlalu banyak pasukan yang jatuh sakit. Hal ini karena pasukan Inggris dan Jerman sama sekali tidak punya kekebalan terhadap penyakit ini karena mereka tidak tumbuh dengan penyakit ini seperti Amerika.

Perang Revolusi [Image Source]
Perang Revolusi [Image Source]
Tahun 1781, 8 ribu pasukan Inggris menetap di Yorktown, Virginia yang banyak nyamuk. Akhirnya pada bulan September, pasukan Perancis dan Amerika mengepung Yorktown sehingga mereka menyerah setelah tiga minggu karena pasukannya sudah terlalu sakit. Menyerahnya Yorktown ini mengakhiri perang daratan di koloni Amerika.

5. Penjajahan di Afrika

Salah satu obat paling awal untuk menyembuhkan malaria disebut kina. Kina dibuat dari batang pohon cinchona dan awalnya digunakan di Peru tahun 1630. Setelah bangsa Eropa menjajah Amerika Selatan, mereka membawa serta kina kembali ke Eropa.

Penjajahan di Afrika [Image Source]
Penjajahan di Afrika [Image Source]
Dengan obat ini, bangsa Eropa akhirnya mampu berangkat ke Afrika dengan tingkat malaria yang tinggi pada tahun 1870. Memasuki tahun 1900, bangsa Eropa berhasil mengalahkan benua Afrika dan 10 juga penduduknya meninggal dunia dalam proses penaklukan tersebut.

Bukan hanya seorang pemimpin atau orang penting saja yang bisa mengubah sejarah. Bahkan penyakit juga berkontribusi dalam pembentukan suatu negara.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA