in

5 Makhluk Mitologi ini Kemungkinan Ada Berdasarkan Teori Evolusi yang Dikembangkan Manusia

makhluk mitologi

Makhluk mitologi adalah makhluk yang biasanya hanya ada di dalam cerita saja. Entah itu cerita secara lisan, tertulis, atau dalam bentuk ilustrasi yang cantik. Makhluk ini selalu saja menarik perhatian banyak orang. Tua, muda, hingga anak-anak pun selalu menyukai atau bahkan takut. Bentuknya yang unik dan aneh membuat makhluk mitologi selalu gampang diingat oleh siapa saja.

Lantas, jika mereka memang nyata dan hidup di masa lalu. Kira-kira makhluk mana saja ya yang kira-kira ada dan mampu berevolusi? Well, mari kita coba bahas satu per satu makhluk mitologi apa saja yang bisa bertahan hingga sekarang.

1. Bigfoot atau Yeti

Bigfoot adalah legenda makhluk yang menyerupai kera besar dan hidup di pegunungan. Menurut cerita yang beredar, mereka nyata dan sering meninggalkan jejak. Yeti adalah makhluk serupa namun tinggal di daerah tinggi bersalju seperti himalaya. Ia bertubuh besar dengan bulu putih dan berjalan menyerupai kera raksasa.

ilustrasi Yeti [image source]
ilustrasi Yeti [image source]
Banyak orang mengatakan jika mereka hanyalah mitos saja. Namun bisa jadi mereka adalah evolusi kera-kera zaman purba. Hanya saja keberadaan mereka hanya sedikit. Dan terpenting lagi mereka tidak menyukai namanya keramaian. Pegunungan tinggi tak semuanya dijelajahi manusia. Jadi bukan tak mungkin mereka hidup di sana, kan?

2. Loch Ness

Sekitar tahun 1934, seorang fotografer melakukan pemotretan terhadap monster Loch Ness. Namun beberapa tahun kemudian foto itu dianggap hoax. Akhirnya Loch Ness berkembang menjadi makhluk mitos yang kadang sampai sekarang masih dipercaya banyak sekali orang di daerah dataran tinggi Skotlandia.

Loch Ness [image source]
Loch Ness [image source]
Jika menggabungkan teori evolusi. Bisa jadi Loch Ness monster ini merupakan evolusi dari reptil Plesosaurus. Dulu saat zaman prasejarah, mereka hidup di danau-danau besar untuk mencari makan dan juga bermain. Jika Loch Ness monster benar-benar ada maka teori evolusi ini bisa digunakan.

3. Raksasa

Dibandingkan naga yang bisa menyemburkan api dari mulutnya, raksasa seperti lebih masuk akal. Bahkan jika dikait-kaitkan dengan teori evolusi makhluk ini mungkin saja ada. Mereka adalah makhluk jenis Gigantopitecus. Makhluk ini sejenis kera raksasa yang hidup sekitar 300.000 tahun yang lalu.

Gigantopitecus [image source]
Gigantopitecus [image source]
Jika kita menganggap makhluk ini bisa bertahan hingga sekarang. Mungkin saja, raksasa yang tubuhnya lebih besar dari manusia benar adanya. Mereka hidup berdampingan dengan manusia dan mungkin saja menjadi makhluk yang jauh lebih dominan.

4. Hobbit

Anda mungkin pernah mendengar berita tentang spesies kerdil yang ditemukan di Indonesia, tepat di Flores. Makhluk ini memiliki tubuh sangat kecil meski diperkirakan usianya telah dewasa. Ilmuwan menjulukinya sebagai Homo floresiensis Penemuan ini membuat dunia sedikit gempar karena mereka dianggap Hobbit.

Hobbit [image source]
Hobbit [image source]
Makhluk mitologi yang ada di film itu dianggap mewakili fosil yang telah ditemukan. Arkeolog meyakini jika di masa lalu terdapat makhluk kerdil yang hidup dan terisolasi di sini. Namun karena tak bisa bertahan akhirnya spesiesnya habis dan tak ditemukan lagi hingga sekarang. Cukup make sense, kan?

5. Kraken

Kraken adalah monster laut yang banyak sekali dipercaya pada mitologi dunia. Mereka suka sekali menenggelamkan kapal laut. Menggunakan semua kekuatan dari tentakel hingga kapal kuat hancur perlahan-lahan. Kraken memanglah legenda, namun cumi-cumi atau gurita raksasa sebenarnya ada. Bahkan ukurannya tak masuk akal.

Kraken [image source]
Kraken [image source]
Makhluk dengan nama latin Architeuthis ini memiliki panjang hingga mencapai 13 meter untuk betina dan jantan mencapai 14 meter. Bisa dibayangkan betapa besar dan mengerikannya makhluk laut ini. Jika saja makhluk ini terus berevolusi atau terus tumbuh, legenda kraken benar-benar jadi nyata.

Nah, terbukti kan? Jika ada makhluk mitologi yang bisa dibuat agak lebih nyata dengan menggabungkannya dengan teori evolusi. Anyway, dari lima makhluk di atas, kira-kira mana saja yang ingin anda lihat secara nyata?

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

6 Rahasia Besar Negara-Negara di Dunia yang Pernah Dibocorkan Wikileaks

fiAlam

Inilah Potret Kerusakan Bumi yang Bikin Hatimu Remuk Redam