10 Makhluk Mitologi Yunani yang Belum Pernah Kamu Lihat Sebelumnya

oleh Tetalogi
08:00 AM on Sep 23, 2015

Kisah-kisah mitologi memang selalu menarik untuk diikuti. Tidak hanya memiliki cerita yang seru, kisah-kisah kuno tentang pahlawan atau dewa-dewi juga selalu memiliki daya tarik tersendiri. Belum lagi cerita tentang monster-monster yang menyeramkan.

Nah, kali ini kita akan membahas dan mengenal lebih jauh tentang mitologi Yunani. Dari raksasa bermata satu hingga anjing berkepala tiga, berikut ini 10 makhluk mitologi yang menyeramkan di Yunani.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Centaurus

Centaurus adalah makhluk mitologi dengan kepala, lengan dan torso berupa manusia. Namun, ia memiliki kaki-kaki dan tubuh seekor kuda. Dalam mitologi Yunani, Centaurus terkenal tentang usahanya menghasut pertarungan dengan bangsa Lapith. Suatu hari dalam upacara pernikahan Hippodamia dengan Pirithous yang seorang raja Lapithae, para Centaurus datang dan mengacaukan pernikahan dan berusaha menculik wanita Lapith.

Centaurus [Image Source]
Centaurus [Image Source]
Centaurus paling terkenal di mitologi Yunani adalah Chiron. Ia terkenal akan kecerdasan dan kemampuan medisnya sangat berlawanan dengan sifat umum yang dimiliki Centaurus pada umumnya yaitu suka kekerasan dan minum minuman keras secara berlebihan.

2. Cerberus

Cerberus adalah iblis anjing besar berkepala tiga yang menjaga pintu masuk dunia bawah. Dengan adanya anjing penjaga ini, siapapun yang telah menyeberangi sungai Styx tidak akan bisa kabur. Cerberus juga merupakan anjing penjaga setia milik Hades, dewa dunia bawah.

Cerberus [Image Source]
Cerberus [Image Source]
Cerberus suka makan daging seseorang yang masih hidup. Untuk itu ia akan membiarkan arwah seseorang yang telah meninggal untuk lewat, tapi akan memakan siapa saja yang masih hidup dan berusaha mendekatinya. Kepala 3 Cerberus melambangkan masa lalu, masa sekarang dan masa depan meski menurut versi yang lain, tiga kepala ini melambangkan masa muda, masa dewasa, dan masa tua. Cerberus paling dikenal dalam kisah tugas Hercules. Dalam tugasnya yang ke-12 sekaligus yang terakhir, Hercules harus masuk ke dunia bawah, bergulat dengan Cerberus tanpa senjata, kemudian membawanya ke dunia manusia hidup-hidup dan memberikannya pada raja Eurystheus.

3. Siren

Siren adalah makhluk wanita yang memikat para pelaut dengan suara dan musik mereka yang indah sehingga membuat mereka menabrak garis pantai yang berbatu dan tenggelam. Siren biasanya digambarkan sebagai burung berkepala wanita. Di awal seni Yunani, Siren digambarkan sebagai seekor burung dengan kepala yang sangat besar, bulu, serta kaki bersisik. Namun ia kemudian digambarkan sebagai wanita tanpa sayap dengan kaki dari burung dan terlihat memainkan alat musik terutama harpa.

Siren [Image Source]
Siren [Image Source]
Kata ‘Siren Song’ atau lagu Siren kini memiliki arti sebuah godaan yang sulit ditolak, namun jika dilakukan akan membawa hal buruk. Beberapa penulis menunjukkan bahwa Siren adalah sosok kanibal, sedangkan yang lain berpendapat bahwa mereka membuat para pelaut mati kelaparan, tidak bisa makan atau pergi karena begitu terpesona.

4. Pegasus

Pegasus adalah kuda putih bersayap di mitologi Yunani. Kuda ini adalah keturunan dari Medusa dan Poseidon. Menurut legenda, sebuah mata air akan muncul setiap kali Pegasus menderapkan kakinya di tanah. Pegasus banyak terlihat di gerabah, lukisan, dan patung Yunani pada masa Renaisans karena dianggap sebagai simbol puisi dan inspirasi.

Pegasus [Image Source]
Pegasus [Image Source]
Pegasus adalah saudara dari Chrysador dan ia lahir ketika ibunya dimutilasi oleh Perseaus. Setelah kelahirannya, ia naik ke surga dan mengabdi pada Zeus, raja segala dewa. Zeus kemudian menugaskannya untuk membawa petir dan kilat dari Olympus. Pegasus terkenal menciptakan Hippocrene, mata air di gunung Helicon. Selain itu, ia juga membawa Bellerophon, seorang pahlawan Yunani untuk menaikinya dalam pertarungan melawan Chimera. Setelah kematiannya, Zeus mengubah Pegasus menjadi formasi bintang Pegasus dan meletakkannya di langit.

5. Empusa

Empusa memang tidak terlalu terkenal jika dibandingakan dengan legenda Yunani lainnya karena ia memang tidak muncul di legenda popular atau cerita tradisional pada umumnya. Empusa digambarkan sebagai wanita cantik yang mampu berubah menjadi makhluk bergigi tajam, berambut api dan bersayap kelelawar. Menurut cerita, ia adalah makhluk setengah dewi di bawah kontrol dewi Hecate.

Empusa [Image Source]
Empusa [Image Source]
Empusa akan menggoda pria muda yang melakukan perjalanan sendirian. Ketika pemuda tersebut tertidur, makhluk tersebut akan berubah ke wujud aslinya untuk memakan daging korbannya dan meminum darahnya. Makhluk menyeramkan ini terkenal dalam kisah The Frogs karya Aristophane. Dalam cerita tersebut, Empusa membuat dewa Dionysus ketakutan saat ia pergi ke dunia bawah.

6. Sphinx

Sphinx adalah monster dengan tubuh singa, sayap elang, dan wajah seorang wanita. Ia terkenal akan perilakunya yang licik dan tanpa belas kasihan serta kebiasaan mengerikan memakan mereka yang tidak bisa menjawab teka-tekinya dengan benar. Sphinx terkenal dalam kisah legenda Oedipus.

Sphinx [Image Source]
Sphinx [Image Source]
Menurut cerita, Oedipus melakukan perjalanan ke kerajaannya, Thebes namun dihadang oleh makhluk misterius ini. Sphinx kemudian memberinya sebuah teka-teki yang ternyata bisa dijawab oleh Oedipus. Kalah atas permainannya sendiri, Sphinx merasa begitu marah dan frustasi hingga ia memakan dirinya sendiri.

7. Harpies

Dalam mitologi Yunani, harpies adalah monster wanita yang mirip dengan burung namun dengan wajah manusia. Makhluk yang dulunya roh angin ini membawa orang-orang jahat ke Erinyes, tempat pembalasan dendan. Nama makhluk bersayap ini berarti “ia yang merebut”, yang diambil dari tendensinya merebut dan mencuri makanan.

Harpies [Image Source]
Harpies [Image Source]
Suatu ketika Zeus menghukum raja Phineus. Ia ditanggalkan di sebuah pulau dengan meja penuh makanan lezat dan sekelompok harpies. Phineus bertahan dari siksaan dengan kelaparan. Ia tidak pernah bisa menikmati makanan yang ada di depan mata karena harpies akan selalu merebutnya terlebih dahulu. Hal ini merupakan salah satu contoh kekejaman harpies. Mereka menculik orang untuk menyiksa mereka.

8. Griffins/ Hippogriff

Griffin adalah makhluk dalam legenda dengan tubuh, ekor, dan kaki belakang dari singa serta kepala, sayap, dan kaki depan elang. Karena terbentuk dari dua makhluk agung, yakni raja binatang buas dan raja para burung, griffin dianggap memiliki kecerdasan dan keagungan yang sangat tinggi.

Griffins [Image Source]
Griffins [Image Source]
Di zaman dulu, griffin dianggap sebagai simbol kekuatan agung dan sebagai penjaga keagungan. Hippogriff memiliki kesamaan fisik dan sikap dengan Griffin. Hippogriff digambarkan sebagai keturunan dari griffin jantan dengan kuda betina. Karena inilah, mereka punya sifat yang lebih lembut dan lebih mudah untuk dijinakkan. Di zaman dulu, ksatria naik hippogriff dalam peperangan.

9. Chimera

Chimera adalah monster liar dengan nafas api. Ia memiliki tubuh dan kepala singa dan ekor ular. Ia juga memiliki kepala kambing yang muncul di bagian belakang tubuhnya. Kata chimera digunakan untuk menjelaskan makhluk mitologi atau fiksi dengan bagian-bagian tubuh yang diambil dari berbagai macam jenis binatang. Kata ini digunakan untuk menjelaskan konsep imaginatif dan tidak masuk akal.

Chimera [Image Source]
Chimera [Image Source]
Kemunculan Chimera paling awal yang pernah tercatat ada dalam cerita Iliad. Binatang ini biasanya ditampilkan sebagai seorang betina dan sebagai sosok yang melahirkan Sphinx dan singa Nemean. Chimera adalah anak dari Typhon dan Echidna serta saudara dari monster seperti Cerberus dan Hydra. Monster yang ditakuti ini dipercaya sebagai pertanda badai, kapal tenggelam, dan bencana alam lainnya. Monster ini dikenal dalam pertempuran legendarisnya dengan Bellerophon dan Pegasus.

10. Hydra

Hydra adalah monster air mirip ular besar dengan banyak kepala dan racun yang sangat kuat hingga nafasnya saja mampu menewaskan manusia. Darahnya juga sangat beracun hingga bekasnya saja juga mematikan. Pujangga Yunani kuno mengatakan bahwa Hydra memiliki kepala yang lebih banyak dari yang bisa dilukis pelukis vas. Monster ini bisa meregenerasi kepalanya setiap kali kepalanya dipenggal. Setiap satu kepalanya ditebas, maka dua lagi akan beregenerasi di tempat kepalanya yang hilang.

Hydra [Image Source]
Hydra [Image Source]
Sarang Hydra ada di danau Lerna yang terletak di bagian kuno Peloponnese. Hydra mengintai di gua bawah air yang dikatakan sebagai pintu masuk dunia bawah. Hydra adalah monster kedua yang harus dihadapi Hercules dalam 12 tugasnya. Menyadari bahwa pukulan biasa tidak berguna dalam mengalahkan Hydra, Hercules membuat rencana. Ia memenggal satu kepala Hydra dan membakar sisa bekas lukanya sehingga Hydra tidak bisa memunculkan kepala lagi. Dengan taktik ini, ia bisa memenggal semua kepala Hydra dan membunuhnya.

Itulah tadi beberapa makhluk Yunani yang belum pernah dilihat sebelumnya. Tentu saja karena makhluk-makhluk ini memang hanya mitos belaka. Menurutu, makhluk mana yang paling menarik?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA