Wow! Ini Lho 5 Makhluk Mitologi yang Ada di Indonesia

oleh Tetalogi
14:09 PM on Dec 15, 2015

Istilah mitologi memang berasal dari Yunani, tapi bukan berarti kisah-kisahnya hanya ada di Yunani. Mitologi berasal dari kata mitos yang berarti legenda dan logos yang berarti penuturan. Maka mitologi bisa diartikan sebagai kisah-kisah legenda.

Kebanyakan orang mungkin sudah sering mendengar makhluk mitologi Yunani seperti centaurus, cerberus, pegasus, dan sejenisnya. Nah, di Indonesia ternyata juga memiliki beberapa makhluk mitologi sendiri, lho. Berikut ini beberapa contohnya.

Baca Juga
Cantiknya Istri 6 Pemimpin Daerah di Tanah Air Ini Dijamin Bikin Kamu Terpesona dan Ngiri
Kabar Siti Rohmah, Si Kasir Minimarket Cantik yang Kini Sukses Menjelma Menjadi Model

1. Lembuswana

Lembuswana adalah binatang mitologi yang dikenal oleh rakyat Kutai dan konon hidup di zaman Kerajaan Kutai. Hewan ini dianggap suci karena merupakan tunggangan Batara Guru.

Patung Lembuswana [Image Source]
Patung Lembuswana [Image Source]
Zaman dulu, lembuswana dijadikan sebagai lambang Kerajaan Kutai hingga Kesultanan Kutai Kartanegara. Binatang ini memiliki kepala singa yang memakai mahkota, memiliki belalai gajah, bersayap garuda, dan memiliki sisik ikan.

2. Naga Besukih

Naga Besukih adalah sebuah makhluk mitos yang dipercaya berasal dari Bali. Konon kabarnya naga besukih tinggal di bawah kawah gunung Agung. Kisah tentang naga besukih ini juga muncul dalam legenda terciptanya selat Bali.

Ilustrasi Naga Besukih[Image Source]
Ilustrasi Naga Besukih[Image Source]
Naga besukih diceritakan sangat sakti. Sisiknya bisa rontok dan berubah menjadi emas berlian. Konon Begawan Sidhimantra yang sakti memanggil naga besukih dengan genta sakti untuk meminta harta demi melunasi hutang anaknya yang suka berjudi.

3. Garuda

Garuda adalah salah satu dewa dalam kepercayaan Hindu dan Buddha dan merupakan wahana Dewa Wisnu. Garuda digambarkan memiliki tubuh emas, berwajah putih dan memiliki sayap berwarna merah. Ia memiliki paruh dan sayap mirip elang, namun tubuhnya seperti manusia dengan ukuran yang sangat besar.

Patung Wisnu menaiki Garuda [Image Source]
Patung Wisnu menaiki Garuda [Image Source]
Ternyata, bukan hanya Indonesia saja lho yang menggunakan Garuda sebagai lambang negara. Kerajaan Thailand juga menggunakan Garuda sebagai lambang negara yang dikenal sebagai Krut atau Pha Krut.

4. Ahool

Ahool adalah binatang mitologi yang dikabarkan tinggal di pulau Jawa. Makhluk ini kabarnya adalah sejenis kelelawar raksasa, tapi juga ada yang mengatakan sebagai primata yang terbang.

Ilustrasi Ahool [Image Source]
Ilustrasi Ahool [Image Source]
Kabarnya ahool memiliki mata hitam yang besar, dan cakar-cakar yang juga begitu besar seukuran bayi, serta tubuh yang dipenuhi bulu berwarna abu-abu. Tidak hanya itu saja, makhluk ini juga kabarnya memiliki sayap yang lebarnya mencapai 3 meter.

5. Ebu gogo

Ebu gogo adalah makhluk seperti manusia yang muncul di mitologi daerah Flores. Masyarakat Flores menyebutkan bahwa Ebu Gogo berjalan dengan dua kaki dan bisa berlari sangat cepat.

Ilustrasi Ebu Gogo [Image Source]
Ilustrasi Ebu Gogo [Image Source]
Bentuknya menyerupai manusia dengan tinggi sekitar 1,5 meter saja. Diceritakan bahwa mereka memiliki hidung yang lebar dan pendek, wajah yang lebar dengan mulut besar dan tubuh berbulu. Mereka juga diceritakan memiliki bahasa sendiri.

Makhluk mitologi selalu ada di setiap kisah dan kebudayaan masyarakat. Ada yang benar-benar mempercayai bahwa makhluk-makhluk ini pernah ada, tapi ada juga yang hanya menganggapnya sebagai legenda belaka. Lalu, bagaimana menurutmu?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA