in

7 Makhluk Mitologi Gabungan yang Mungkin Belum Pernah Kamu Dengar

Kita masih sering takjub dengan yang namanya makhluk mitologi, terlepas apakah kita percaya atau tidak akan eksistensi mereka. Banyak dari mereka yang memang keren, entah itu Unicorn, Phoenix, Cerberus dan deretan makhluk mitologi terkenal lainnya. Sebenarnya makhluk mitologi tak hanya sebatas ini. Ketika menggali lebih dalam tentang asal usulnya, maka terdapat banyak sekali jenis-jenis dari makhluk tersebut. Salah satunya adalah makhluk mitologi gabungan.

Ya, sesuai namanya, makhluk ini tidak berbentuk tunggal seperti yang lain, tapi merupakan gabungan antara dua makhluk atau lebih. Meskipun terlihat seperti sains fiksi di film-film, namun deretan makhluk mitologi gabungan ini sudah diakui eksistensinya sejak ribuan tahun lalu.

Berikut adalah makhluk mitologi gabungan paling terkenal dari seluruh dunia.

1. Ammit atau Ammut

Makhluk ini dipercaya keberadaannya oleh penduduk Mesir kuno. Ia dianggap sebagai makhluk kegelapan dunia bawah yang haus akan jiwa-jiwa jahat manusia. Ammit sendiri menurut bahasa setempat mempunyai arti soul eater alias pemakan ruh.

Ammit ditakuti karena ia bisa memberikan kutukan [Image Source]
Ammit ditakuti karena ia bisa memberikan kutukan [Image Source]
Ammit ini punya bentuk yang sangat gagah. Ia seperti gabungan antara singa, buaya yang juga kuda nil. Makhluk yang juga disebut Ammut ini sangat ditakuti. Apalagi menurut kepercayaan Mesir kuno dulu, makhluk tersebut bisa mengutuk seseorang sehingga jiwanya kosong.

2. Gajasimha

Makhluk mitologi hindu ini memiliki bentuk yang sangat unik dan menarik. Kepalanya adalah gajah sedangkan seluruh tubuhnya adalah badan singa. Tak diketahui tentang asal-usul makhluk mitologi ini. Namun dipercaya ia mungkin berhubungan dengan Ganesha yang mempunyai unsur gajah pula pada wujudnya.

Gajasimha ini sering dikaitkan dengan Ganesha [Image Source]
Gajasimha ini sering dikaitkan dengan Ganesha [Image Source]
Gajasimha juga sering dikaitkan dengan 10 jenis avatar Wisnu. Di mana salah satu avatarnya bernama Narasimha yang berbentuk kepala singa namun berbadan manusia. Gajasimha banyak ditemukan berbentuk patung di kuil-kuil di India.

3. Hatuibwari

Hatuibwari sering disebut dalam cerita-cerita lawas Melanesia atau daerah-daerah grup pasifik yang berdekatan dengan Australia. Makhluk ini memiliki bentuk kombinasi yang sangat unik. Kepala mereka adalah manusia dengan empat mata, lalu tubuhnya adalah ular, serta punya kaki elang dan juga sayap.

Hatuibwari sering dianggap sebagai leluhur manusia pertama [Image Source]
Hatuibwari sering dianggap sebagai leluhur manusia pertama [Image Source]
Hatuibwari dikatakan sebagai moyang manusia pertama manusia. Keberadaannya sendiri sering dianggap filosofi versi jantan dari bumi yang diidentikkan dengan feminitas. Ya, jika bumi kita kenal dengan ibu pertiwi, maka Hatuibari adalah versi lelakinya.

4. Hippalectryon

Mitologi Yunani yang kita kenal ternyata tak hanya menyimpan makhluk keren yang itu-itu saja. Ya, ternyata masih ada satu makhluk mitologi lagi yang bisa dibilang lebih spesial karena bentuknya yang hibrid atau gabungan. Makhluk satu ini bernama Hippalectryon.

Hippalectryon mungkin masih berhubungan dengan Pegasus atau Griffin [Image Source]
Hippalectryon mungkin masih berhubungan dengan Pegasus atau Griffin [Image Source]
Hippalectryon punya bentuk yang cukup unik. Ia semacam gabungan dari setengah kuda dan setengah elang. Tak hanya itu, Hippalectryon juga punya sayap burung yang besar. Sekilas makhluk ini mengingatkan kita akan Pegasus atau juga Griffin.

5. Onocentaur

Kalau dilihat dari namanya, makhluk satu ini seperti memiliki hubungan tertentu dengan sosok mitologi bernama Centaur. Nyatanya memang demikian, Onocentaur ternyata merupakan versi lain dari Centaur. Bedanya, jika badan Centaur adalah kuda, Onocentaur bertubuh keledai.

Onocentaur ternyata punya hubungan dengan Centaur [Image Source]
Onocentaur ternyata punya hubungan dengan Centaur [Image Source]
Karena berhubungan dekat, maka bisa dipastikan pula jika Onocentaur merupakan makhluk mitologi Yunani. Banyak diceritakan jika Onocentaur punya sifat yang berkebalikan dari saudara dekatnya. Jika Centaur identik dengan keberanian dan marah, Onocentaur justru menunjukkan sifat takut dan lemah.

6. Qilin

Bagi orang China, Qilin bisa dibilang makhluk mitologi terhebat mereka. Qilin jika dideskripsikan punya bentuk kombinasi yang unik. Ia adalah setengah rusa dan naga. Yang menarik adalah sisik-sisik tubuhnya yang cerah seakan mengisyaratkan kecantikan luar biasa.

Gabungan naga dan rusa, Qilin adalah makhluk mitologi yang sangat cantik [Image Source]
Gabungan naga dan rusa, Qilin adalah makhluk mitologi yang sangat cantik [Image Source]
Mitos tentang makhluk ini adalah kepercayaan jika kemunculannya merupakan tanda yang baik dan buruk. Biasanya dikaitkan dengan kelahiran atau kematian orang hebat. Qilin juga memiliki sebutan terkenal lain yakni Chinese Unicorn.

7. Tarasque

Dari sekian makhluk mitologi gabungan ini, yang bisa dibilang paling keren karena jumlah kombinasinya yang banyak adalah Tarasque. Bagaimana tidak, makhluk ini adalah gabungan dari beberapa hewan sekaligus. Misalnya bagian kepalanya yang berbentuk singa, lalu kakinya merupakan kaki beruang dengan jumlah enam buah, lalu sebuah tempurung kura-kura, serta bagian ekornya yang merupakan buntut kalajengking.

Tak ada makhluk mitologi gabungan yang lebih keren dari pada Tarasque [Image Source]
Tak ada makhluk mitologi gabungan yang lebih keren dari pada Tarasque [Image Source]
Legenda Tarasque sangat terkenal di zaman pertengahan Eropa dulu. Menurut legenda, makhluk ini tinggal di sepanjang sungai Rhone dan akan menerkam siapa pun yang tak sengaja bertemu dengannya.

Inilah deretan hewan mitologi gabungan paling sangar di dunia. Namanya juga makhluk mitologi, maka keberadaannya sangat bias alias tak jelas. Meskipun begitu, 7 makhluk ini menjadi cerita turun temurun yang sudah sangat melekat di beberapa tempat. Menurutmu, makhluk mitologi gabungan mana yang paling gahar?

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Suara Paling Misterius yang Pernah Tertangkap di Luar Angkasa

7 Ritual Paling Tabu dan Dilarang ini Masih Dilakukan Banyak Kelompok Manusia di Dunia