5 Makanan dan Minuman ini Terbuat Dari Cacing yang Berlendir, Berani Coba?

oleh Adi Nugroho
12:00 PM on Oct 29, 2015

Banyak hal yang bisa kita manfaatkan sebagai makanan di bumi ini. Asal tidak beracun, semuanya bisa kita olah menjadi makanan. Termasuk serangga hingga cacing yang biasanya untuk memancing. Ngomong-ngomong tentang cacing, ternyata banyak juga makanan di dunia ini yang terbuat dari cacing. Hewan berlendir yang bisa menyuburkan tanah ini ternyata bisa dimakan, hingga menyembuhkan penyakit.

Well, daripada anda penasaran. Langsung saja kita bahas satu persatu makanan yang yang buat dari cacing ini. Siapkan nyali anda baik-baik ya!

Baca Juga
Inilah 4 Hal yang Terjadi Jika Indonesia Benar-benar Memboikot Produk Amerika
Mulai dari Akhir Israel Hingga Bencana, Inilah 4 Prediksi Nostradamus Tentang 2018 yang Bikin Merinding

1. Cacing Wawo Goreng

Di daerah Maluku, terdapat sebuah cacing bernama Laor atau Cacing wawo. Cacing ini berasal dari lautan dengan warna merah. Warga setempat biasanya menggunakan cacing ini untuk dimakan. Cacing wawo yang telah dibersihkan bisa langsung digoreng setelah direndam dalam air garam dan juga bawang putih. Jika anda kebetulan ke Maluku, atau Raja Ampat, jangan lupa mengkonsumsi cacing goreng yang katanya sangat gurih.

Cacing wawo goreng [image source]
Cacing wawo goreng [image source]
Sejak zaman dahulu, cacing wawo dimanfaatkan sebagai bahan pangan pengganti protein. Sebuah penelitian menunjukkan jika cacing ini sama sekali tidak bahaya, bahkan gizinya sangat tinggi. Tak mengherankan warga lokal sangat menyukai hewan yang notabene sangat menjijikkan ini!

2. Tamilok

Tamilok adalah makanan yang terbuat dari cacing asli Palawan, Filpina. Cacing yang digunakan adalah cacing besar yang biasanya diambil dari laut dan hutan. Orang Filipina biasanya mengolah cacing ini dengan merendamnya menggunakan air cuka yang sebelumnya diberi cabai dan juga bawang merah.

Rasa tamilok sedikit berlendir, asin agak pedas. Jika pertama kali menyantapnya, anda akan merasa ingin muntah. Meski terlihat mengerikan, tamilok biasanya disajikan di restoran dan hotel berbintang. Jika anda kebetulan sedang ke Filipina, cobalah mencicipi kuliner yang akan membuat anda tak bisa melupakannya seumur hidup.

3. Sal de Gusano

Sal de Gusano adalah sebuah penyedap rasa yang banyak digunakan di Meksiko. Terbuat dari garam, cabai merah dan tentu saja cacing laut. Semua bahan dikeringkan lalu dihancurkan menjadi serbuk merah dengan rasa dominan asin dan sedikit pedas. Orang Meksiko biasanya menggunakan Sal de Gusano sebagai bumbu atau cocolan saat sedang ngemil.

Sal de Gusano [image source]
Sal de Gusano [image source]
Di Meksiko, serbuk ini begitu familiar dan kerap dijadikan oleh-oleh. Jika kebetulan anda sedang ke Meksiko, jangan lupa membeli serbuk cacing yang katanya juga sangat bergizi ini. Well, setidaknya Sal de Gusano tak memiliki wujud cacing seperti Tamilok dan cacing wawo goreng.

4. Cacing Palolo Dimasak Dalam Berbagai Cara

Tak ubahnya cacing wawo, cacing palolo juga kerap dikonsumsi di beberapa daerah di dunia. Termasuk Indonesia, Fiji, dan Samoa. Cacing berwarna merah agak oranye ini memiliki bentuk yang agak mengerikan, bisa dibilang mirip kelabang. Hidup di air dan biasanya akan dipanen oleh manusia sekitar bulan Oktober hingga Desember.

Cacing Palolo Dimasak Dalam Berbagai Cara [image source]
Cacing Palolo Dimasak Dalam Berbagai Cara [image source]
Di daerah Fiji, cacing ini digunakan sebagai sumber makanan yang cukup utama. Mereka bahkan sengaja melakukan ternak. Setelah besar dan panjang mencapai 30 cm, cacing ini dipanen dan dimasak dengan cara digoreng atau dicampur sayur-mayur. Di daerah Maluku atau Papua, cacing ini juga biasanya diolah sebagai lauk pengganti daging.

5. Cacing Tanah Untuk Obat Tradisional Typus

Cacing tanah yang biasanya kita gunakan sebagai umpan saat memancing ternyata juga berguna sebagai obat typus. Masyarakat Jawa biasanya mencari cacing ini dan dicampur dengan daun krokot (sejenis moss rose). Ramuan ini dihancurkan menggunakan blender, disaring dan diminumkan kepada penderita typus.

Cacing Tanah Untuk Obat Tradisional Typus [image source]
Cacing Tanah Untuk Obat Tradisional Typus [image source]
Cacing tanah ternyata mengandung banyak sekali protein dan enzim yang berguna buat tubuh. Salah satu enzim yang sangat berguna itu bernama Enzim Selulose yang berguna untuk menjaga pencernaan tubuh, dalam hal ini usus yang diserang oleh penyakit typus.

Selain dibuat jus, cacing juga dikeringkan untuk dibuat serbuk. Selanjutnya akan dicampurkan dengan bubuk kopi atau susu coklat. Hal ini untuk menghindari orang yang merasa jijik mengkonsumsi hewan berlendir seperti cacing.

Itulah lima olahan cacing yang bisa anda coba. Hewan ini mungkin menjijikkan, tapi manfaatnya sangat banyak. Selain bisa untuk pengganti sumber protein, cacing juga menyembuhkan penyakit. Ehm, masih ragu mau mencoba?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA