5 Makanan Ekstrem yang Hanya Ada di Indonesia

oleh Rahma Muliani
09:00 AM on Sep 6, 2015

Kuliner di Indonesia begitu banyak ragamnya. Di setiap daerahnya pun, pasti mempunyai makanan khas masing-masing yang mempunyai citarasa dan keunikan yang berbeda-beda. Tak jarang turis mancanegara datang ke Indonesia hanya untuk mencicipi kuliner khas Indonesia.

Diantara keanekaragaman makanan tersebut, ada beberapa makanan yang terbuat dari bahan yang tak lazim. Tapi justru hal itulah yang menjadi daya tarik para wisatawan. Seperti apa yaa makanan yang terbuat dari bahan tak lazim itu? Mari kita simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

1. Ulat Sagu – Papua

Salah satu makanan di Indonesia yang terbuat dari bahan tak lazim ada di Provinsi Papua. Namanya adalah Ulat Sagu. Ulat sagu yang bersarang di dalam batang pohon sagu yang sudah ditebang, akan dimakan secara hidup-hidup.

Ulat sagu, bisa dimakan hidup-hidup
Ulat sagu, bisa dimakan hidup-hidup [ImageSource]
Pasti saat pertama kali mendengarnya, makanan ini terdengar cukup ekstrim bukan. Tapi ternyata, ulat sagu mengandung protein yang sangat baik untuk tubuh loh.  Buat kamu yang ngeri makan ulat ini hidup-hidup, ulat sagu ini juga bisa dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan.

2. Rujak Cingur – Surabaya

Makanan selanjutnya adalah Rujak Cingur yang berasal dari Surabaya. Hampir sama dengan rujak pada umumnya, dalam makanan ini terdiri dari berbagai macam buah-buahan yang dicampur dengan bumbu kacang tanah.

Rujaknya di campur dengan cingur sapi
Rujaknya dicampur dengan cingur sapi [ImageSource]
Namun yang berbeda dari Rujak Cingur ini yakni dengan penambahan cingur dalam campuran rujak tersebut. Cingur dalam bahasa Jawa mempunyai arti ‘Mulut’. Ya, daging sapi bagian mulut akan diiris tipis dan dicampur ke dalam rujak tersebut. Hemmm seperti apa yaa rasanya?

3. Bothok Tawon – Jawa Timur

Satu lagi makanan dengan bahan tak lazim dari Jawa Timur. Nama kuliner yang cukup aneh ini adalah ‘Bothok Tawon’. Jika biasanya bothok terbuat dari bongkil atau ampas kelapa muda, kalau yang satu ini cukup aneh dan unik.

Bothok yang dicampur dengan sarang tawon
Bothok yang dicampur dengan sarang tawon [ImageSource]
Jangan salah sangka dulu saat mendengar namanya. Bothok tawon bukan terbuat dari tawon, melainkan dari sarang tawon atau lebah. Rasanyapun bervariasi, ada yang manis, pedas maupun asam segar. Kita dapat menemukannya di daerah jawa bagian timur, tepatnya di kota Madiun.

4. Rempeyek Laron – Yogyakarta

Siapa yang suka makan rempeyek?. Rempeyek merupakan camilan yang terbuat dari campuran tepung beras, air dan juga bumbu-bumbu. Makanan yang satu ini rasanya gurih dan juga renyah. Sangat cocok dimakan bersama nasi sebagai pengganti kerupuk.

Rempeyek laron, gurih dan renyah [ImageSource]
Rempeyek laron, gurih dan renyah [ImageSource]
Dalam lembaran rempeyek biasanya ada bahan yang dijadikan sebagai isiannya. Bahan-bahan itu adalah kacang tanah, ikan teri ataupun ikan rebon. Nah untuk rempeyek yang ada di Yogyakarta ini, laron pun dijadikan sebagai bahan isian dari camilan lezat tersebut.

5. Kelelawar Goreng – Manado

Makanan dengan bahan tak lazim yang terakhir adalah Kelalawar Goreng. Kuliner ini dapat ditemukan dengan mudah di daerah Manado. Biasanya kelalawar goreng ini disajikan dengan bumbu kecap sambal pedas.

Kelelawar goreng, dipercaya sebagai obat
Kelelawar goreng, dipercaya sebagai obat [ImageSource]
Kuliner ekstrem yang satu ini cukup diminati dari berbagai kalangan. Pasalnya, selain rasanya renyah dan gurih, daging kelelawar ini juga kaya akan khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti gatal-gatal, alergi pada kulit serta asma.

Itulah tadi beberapa makanan yang terbuat dari bahan yang tak biasa dan cukup ekstrem. Meski terdengar sedikit menyeramkan atau menggelikan bagi beberapa orang, akan tetapi kuliner-kuliner ini cukup menarik perhatian wisatawan dari mancanegara loh. Tertarik untuk mencoba salah satu makanan di atas readers? :).

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA