6 Makanan yang Katanya Asli Indonesia Ini Ternyata Berasal dari Tiongkok

oleh Aisyah Putri
17:17 PM on Jan 20, 2017

Kuliner Indonesia itu tidak ada duanya. Iya lho, hal ini sudah banyak yang mengakui. Cita rasa makanan di negeri kita begitu kaya dan menggugah selera. Meski saat ini banyak bisnis masakan luar negeri yang masuk ke Indonesia dan masakan fusion yang mulai banyak digemari, bisnis kuliner tradisional tidak pernah kehabisan pasar.

Tapi kekayaan kuliner Indonesia tidak murni dari Nusantara semata. Tahukah bahwa sebagian masakan khas Indonesia yang sering kita makan ternyata berasal dari luar negeri, yaitu Tiongkok?

Baca Juga
5 Fakta Keong Sawah, Makanan Sepele yang Ternyata Punya Kandungan Gizi Seperti Daging Sapi
Cowo Wajib Tau: 4 Jenis Kopi Indonesia dan Racikan Pas untuk Menikmatinya

Nasi Goreng

Indonesia bangga banget dengan kuliner yang satu ini. Setiap kali ada turis mancanegara yang bertanya apa makanan enak di Indonesia, kebanyakan jawaban yang mereka terima adalah nasi goreng. Rupanya itu adalah jawaban yang tepat, karena banyak sekali yang jatuh cinta pada nasi goreng pada suapan pertama. Bahkan Barack Obama pun mencintai makanantersebut. Tapi ternyata, nasi goreng bukan berasal dari Indonesia, saudara-saudara.

Nasi goreng tercipta karena tak ingin ada makanan bersisa [image source]
Walaupun cita rasa nasi goreng saat ini sangat Indonesia karena kaya akan rempah-rempah, namun dulunya makanan ini merupakan makanan khas Tionghoa. Nasi goreng sudah ada sejak jaman 4000SM. Berawal dari Orang Tionghoa yang tidak menyukai makanan dingin, tapi tidak mau membuang-buang makanan. Mereka pun mengolah lagi makanan yang sudah ada sehingga terciptalah nasi goreng.

Bakso

Bakso juga jadi makanan khas Indonesia yang sangat dibanggakan. Rasanya yang gurih, kuahnya hangat, teksturnya yang lembut, dan harganya yang terjangkau membuat bakso dapat dinikmati semua kalangan. Dari mana asal bakso? Solo? Malang?

Bakso [image source]
Bukan rahasia jika bakso berasal dari Tionghoa. Ini dapat dilihat dari namanya Bak yang berarti daging dan So yang berarti giling. Bakso dibuat oleh seorang anak Tionghoa yang ibunya menyukai daging tapi tidak dapat mengunyah karena usia. Anak tersebut akhirnya mencari cara supaya ibunya tetap bisa makan daging tanpa kesusahan. Ia kemudian memiliki akal untuk menggiling daging dan merebusnya.

Lumpia

Lumpia atau lun pia merupakan jajanan yang sering kita kategorikan sebagai jajanan tradisional Indonesia. Sampai ada lagunya pula tentang lumpia basah asal Semarang. Tidak salah juga sih. Tapi makanan ini tidak lahir di sini.

Lumpia Semarang dibawa oleh Tiongkok [image source]
Lumpia dibawa dari Tiongkok dan dipopulerkan oleh etnis Tionghoa yang tinggal di Semarang. Lumpia terdiri dari lembaran tipis yang terbuat dari tepung dan berisi sayur-sayuran atau daging. Penganan sejenis lumpia juga banyak ditemui di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Vietnam dan Flipina.

Bakwan

Bakwan memiliki banyak nama di Indonesia seperti bala-bala, ote-ote, dan weci. Jenis bakwan juga cukup bevariasi seperti bakwan sayur dan bakwan jagung. Bahkan di Surabaya, bakwan adalah nama penganan sejenis bakso. Memang secara harfiah, ‘bak’ berarti daging dan ‘wan’ berarti bulatan.

Bakwan yang berevolusi jadi berbagai bentuk [image source]
Konon, saat dibawa dari Tionghoa ke Indonesia, bakwan berisi daging atau udang. Tapi kini, bakwan lebih banyak berisi sayuran. Apapun bentuknya kini, bakwan tetap digemari oleh banyak orang.

Soto

Ini yang paling tidak disangka-sangka. Soto adalah salah satu makanan yang Indonesia banget. Tidak ada yang mengira bahwa soto sebenarnya berasal dari Tiongkok. Soto dulunya bernama caudo, yaitu hidangan sup yang berbahan dasar daging dan berbagai bumbu.

Soto ternyata bawaan dari Tiongkok [image source]
Etnis Tionghoa pada saat itu memasaknya untuk menghangatkan tubuh di kala cuaca sedang dingin. Makanan ini pun diadopsi oleh masyarakat pribumi dan mengganti beberapa bumbu dengan rempah-rempah khas Indonesia supaya rasanya lebih ramah di lidah. Akhirnya soto pun tersebar ke seluruh Nusantara dan dikembangkan oleh masyarakat hingga muncul berbagai variasi.

Tahu Sumedang

Judulnya tahu sumedang, ternyata yang membawa adalah orang Tiongkok. Yang datang ke Cirebon saat itu adalah Ong Kino, tapi yang mengembangkan bisnis tahu Sumedang adalah Ong Bungkeng yang merupakan anak dari Ong Kino. Makanan yang rasanya eleuh-eleuh banget ini makin populer ketika Bupati Sumedang kala itu mampir dan mencicipi tahu Ong Bungkeng.

Generasi Ong Bungkeng dan tahu sumedang

Gara-gara bupati bilang enak dan menyebut kalau makanan itu bakal laku keras, ternyata kini jadi kenyataan. Tahu Sumedang tidak hanya ada di Sumedang, tapi juga dijual di beberapa kota. Meski rasanya beda-beda tipis dengan yang asli, tapi tetap laris manis di manapun dijual.

Kalau sudah tahu sejarahnya begini. kita perlu memahami bahwa . Indonesia sendiri memang negara yang unik. Kulinernya merupakan adaptasi dari berbagai makanan di berbagai daerah. Terus bangga dengan makanan-makanan khas Indonesia, ya!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA