Mengintip Kemakmuran Majasari di Indramayu, Desa dengan Predikat Terbaik di Indonesia

Nggak cuma indah, desa ini juga kompak banget

oleh Nikmatus Solikha
12:00 PM on Aug 12, 2017

Kalau ditanya tentang desa apa yang terbaik di Indonesia, mungkin kalian langsung kepikiran desa-desa indah di Bali atau Lombok. Nyatanya, penyandang predikat desa terbaik nasional pada tahun 2016 lalu justru jatuh pada Desa Majasari di Indramayu, lho. Kemendangan tersebut tentu punya dasar yang kuat.

Pasti kalian mulai bertanya-tanya, poin plus apa sih yang bikin desa satu ini sampe bisa ngalain desa-desa yang keindahannya dikenal sampai mancanegara? Kalau kalian datang sendiri ke lokasi, pasti terjawab rasa penasaran itu. Daripada cuma menduga-duga, mending kita intip langsung seperti apa keunggulan Majasari yang jadi pemenang desa terbaik tingkat nasional itu.

Baca Juga
5 Rumah Pohon Cantik Nan Spektakuler di Malang-Batu Ini Bakal Membuatmu Bak Berdiri Di Atas Awan
Miliki Fasilitas Bintang 5, Masjid di Lamongan Ini Mendadak Banyak Fans

Super bersih, nggak ada sampah di sepanjang jalan

Desanya super bersih dan rapih [image source]
Di desa-desa lain, mungkin pemandangan sampah yang tercecer di jalan adalah hal yang biasa. Tapi, nggak demikian dengan Desa Majasari. Jika kamu suatu kali punya kesempatan buat datang ke Majasari, pasti bakal takjub karena kebersihan desanya yang bebas sampah di sepanjang mata memandang. Hebatnya lagi, kebersihan tersebut bukan didapat dari banyaknya pasukan kuning yang bertugas lho, melainkan murni dari ketaatan masyarakatnya pada peraturan dilarang buang sampah sembarangan. Nggak cuma itu, desa ini emang mewajibkan warganya buat memilah sampah organik dan anorganik.

Pemandangannya hijau meski di musim kemarau

Pintu Gerbang Desa Majasari [image source]
Kasus kekeringan di pelbagai desa mungkin jadi pembelajaran bagi desa lain, termasuk Majasari. Upaya untuk terus maju tersebut rupanya juga membuahkan hasil. Salah satu yang nggak kalah menakjubkan adalah pemandangan di Desa Majasari yang selalu hijau meski lagi kemarau. Kok bisa sih? Keberadaan embung ternyata memegang peran besar di sini. Embung tersebut yang ngejamin ketersediaan air hingga masyarakat tetep bisa bercocok tanam. Walhasil, traveler yang datang ke desa satu ini pasti ngerasain hawa kesejukan dan pemandangan yang hijau.

Gotong royong warganya mantap punya

Kesadaran kebersihan bukan satu-satunya yang bikin desa Majasari jadi terbaik tingkat nasional. Kenyataan bahwa masyarakatnya punya rasa gotong royong yang tinggi juga susah disaingi. Selain adanya peraturan dan ketaatan soal buang sampah, warganya juga selalu bahu membahu untuk mengolah sampah buangan tersebut.

Warga Majasari aktif banget gotong royong [image source]
Nggak semua berakhir di TPA, karena sampah organik yang dibuang tersebut kemudian diolah di tempat pekarangan warga. Para masyarakat bergotong royong dalam kegiatan mengubah sampah tersebut menjadi pupuk yang digunakan untuk tanaman.

Tiap warga punya tanaman obat di depan rumah

Ilustrasi tanaman depan rumah [image source]
Ada kekompakan lain yang selalu diterapkan masyarakatnya, yakni menanam tanaman obat di depan rumah masing-masing. Mungkin karena mayoritas penduduknya adalah petani, makanya mereka memang gemar menanam tanaman obat di halaman rumah. Atau justru diwajibkan pemerintah desa agar bisa digunakan saat dibutuhkan? Entahlah, yang jelas tiap rumah di desa memang punya halaman khusus yang digunakan untuk menanam tanaman obat. Keren banget!

Punya perpustakaan desa yang lengkap dengan akses internet

Nggak heran kalau desa satu ini bisa ngalahin desa-desa indah lainnya. Ternyata, Majasari nggak cuma mementingkan soal pemandangan doang, tapi juga kemajuan warganya. Jika biasanya perpustakaan cuma tersedia di kota-kota saja, maka nggak demikian dengan desa Majasari, mereka juga punya perpustakaan yang terletak di Balai Desa. Perpustakaan tersebut juga punya koleksi biku yang cukup lengkap dan punya akses internet.

Perpustakaan desa majasari [image source]
Nggak cuma di Balai Desa, perpustakaan satu ini juga punya sepeda motor khusus yang dilengkapi dengan perpustakaan dan juga komputer plus internet. Ada petugas khusus yang siap berkeliling desa untuk memudahkan warganya yang ingin meminjam buku. Atas keseriusan desa ini mengelola perpustakaan, Pemerintah Kabupaten Indramayu juga memberikan apresiasi, bahkan menjadikan desa ini juara III dalam Lomba Perpustakaan Desa dan Kelurahan tingkat nasional tahun 2014 lalu.

Peduli banget sama kesehatan

Pemerintah desa Majasari emang terbukti banget peduli dengan warganya. Salah satu wujud nyatanya adalah mengadalan program Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk atau disingkat GERTAK PSN. Gerakan yang dilakukan dari rumah ke rumah warga ini berisi sosialiasasi dan juga pendidikan dan juga praktik langsung bagaimana memberantas sarang nyamuk.

Pos Yandu Desa Majasari [image source]
Meski desa satu ini menolak adanya fogging (pengasapan) di lingkungan warga, tapi terbukti jika edukasi yang diberikan pemerintah sukses bikin warganya terbebas dari teror penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.

Itulah keunggulan Majasari yang bikin mereka mutlak jadi pemenang desa terbaik tingkat nasional. Nggak heran sih, kekompakan masyarakat dan jika pemerintahan yang niat sukses jadi kombinasi yang sempurna. Semoga desa satu ini jadi inspirasi untuk desa lain, minimal masalah kebersihannya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri
BACA JUGA