Gak Kalah dengan CS, Inilah 4 Mainan Jadul yang Bikin Anak 90-an Berasa di Medan Tempur

Hayo siapa yang dulu dompisnya di jemur dulu bias suara mengelagar

oleh Arief Dian
14:00 PM on Nov 18, 2017

Zaman sekarang, game tembak-tembakan seperti CS, point blank dan lain-lain sudah sangat laku di pasaran. Kebanyakan penggunanya sih  anak-anak zaman sekarang yang memang sudah akrab dengan namanya teknologi. Namun juga banyak kok orang dewasa yang main itu, tapi terlepas dari semua itu game tersebut memang seru kok dimainkan.

Zaman 90-an, jika ingin main permainan tembak-tembakan seperti itu, anak-anak punya cara yang agak beda. Lantaran teknologi zaman dulu yang belum memadai, alhasil anak-anak buat dan cari mainan sendiri. Mulai dari pelepah pisang hingga dompis yang bunyinya keras, semua bisa dijadikan mainan. Yuk nostalgia dengan senjatanya anak-anak 90-an.

Baca Juga
11 Foto Ini Tunjukkan Betapa Kocaknya Emak-emak Ketika Baru Pakai WhatsApp
Sudah Lama Bubar, Begini Kabar Personil Trio Kwek-Kwek yang Dulu Jadi Pujaan Kids ’90an

Pistol dompis, suaranya lebih keras ketimbang speaker masjid

Mainan yang satu ini sudah buat anak 90-an berlagak seperti koboi. Ya, apalagi kalau mengingat suara yang dikeluarkan oleh dompis ini tembilang keras ketimbang yang lain. Dulu ada dua jenis dompis yang digunakan, ada yang bentuk mirip kertas, ada pula yang sudah di susun layaknya peluru.

Pistol dompis

Kalau berdasarkan kerasnya suara sih, kedua-duanya sama-sama keras, hanya bedanya kalau yang kertas pakai pistol kayu, sedangkan yang sudah bentuk peluru pakai yang agak malah. Kalau diingat dulu ya, kita sering tuh menjemur dompis biar suara yang dikeluarkan bisa lebih keras, kadang berhasil namun kadang malah dompisnya yang melempem. Ya, namanya saja bocah, semua dipercaya.

Pistol air, bikin basah tapi tetap seru

Zaman dulu pistol yang satu ini jadi favorit para bocah, selain karena harganya yang murah, juga karena memang seru buat dimainkan. Gak jarang saking sukanya main pistol air ini sampai-sampai semua seragam jadi basah kuyub, alhasil emak waktu pulang emak sudah bersiap dengan gagang sapu.

Pistol Air

Kalau diingat dulu ada beragam jenis dari senjata air yang satu ini, mulai yang bentuk pistol biasa hingga yang sudah seperti shotgun zaman sekarang. Nah kalau cara mendapatkannya sih mudah, tinggal cari abang-abang  depan sekolah, pasti di sana ada yang jual. Sekarang mah yang seperti ini udah jarang, kalah dengan game dan lain-lain.

Pistol keren dengan peluru plastik yang bikin gagal move on

Kalau mainan yang satu ini bisa dibilang yang paling mirip dengan aslinya karena bisa menembakkan peluru layaknya senjata asli. Ya, peluru yang digunakan adalah sebuah plastik kecil bulat seperti telur cicak di mana beli lima ribu perak sudah dapat satu pak.

Pistol plastik [image source]
Ya, meskipun mungkin kelihatan tidak berbahaya, namun bakal lain cerita kalau sampai kena mata, oleh sebab itu dulu selalu diwanti-wanti oleh emak kalau pakai mainan yang satu ini. Umumnya dulu sih peluru ini dipakai buat nembaki cicak dan burung, gak sampai mati sih, namun tetap jahil kelihatannya. Duh hinanya masa kecil kita dulu ya.

Pistol dan senjata gedebok yang selalu terkenang diingatan

Nah kalau pistol mainan yang satu ini memang legenda banget. Meskipun mungkin gak mengeluarkan peluru atau suara keras seperti yang lain, tapi perjuangan untuk membuatnya itu yang tak tergantikan.  Ya apalagi kalau mengingat zaman itu kita sampai berburu ke sawah-sawah buat cari gedebok bagus buat ditebang.

pistol gedebok [image source]
Eh pas pulang tahu-tahu baju sudah hitam semua karena getah dari pohon yang satu ini memang tidak bisa dihilangkan. Ya, endingnya j emak ngomel-ngomel gak karuan karena tahu seragam kita gak berwarna putih lagi.

Memang mainan anak 90-an dahulu terlihat sangat sederhana, tetapi keseruannya tidak tergantikan. Apalagi kalau ingat kadang mainan sampai lupa waktu saking serunya main tembak-tembakan. Kalau sekarang sih nggak ada yang seperti itu, yang ada langsung nembak perempuan.

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA