in

Mahkota Emas Milik Kerajaan Majapahit Dijual Online, Kira-kira Asli Atau Palsu Ya?

Kekayaan Indonesia sejak dahulu memang dikenal melimpah. Hal tersebut banyak bersumber dari peninggalan dari kerajaan di masa lampau yang terkadang ditemukan sebagai artefak kuno. Seperti yang terjadi baru-baru ini, sebuah Galeri bernama Barakat di California, Amerika Serikat disebut menjual sebuah mahkota emas.

Bukan sembarang benda, mahkota emas yang dijual online di situs online Antiques.com itu disebutkan merupakan peninggalan dari masa Kerajaan Majapahit. Alhasil, hal ini pun menarik kalangan arkeolog untuk meneliti benda tersebut. Apakah asli atau palsu, temukan jawabannya pada ulasan di bawah berikut ini.

Deskripsi mahkota emas yang dijual secara online oleh sebuah galeri di luar negeri

Sebuah Galeri bernama Barakat yang berlokasi di California, Amerika Serikat, diketahui menjual sebuah mahkota emas yang disebut-sebut merupakan peninggalan kerajaan Majapahit secara online. Deskripsi yang ditulis pun sangat jelas menyebutkan nama asal kerajaan yakni Majapahit.

“Karya ini berasal dari kerajaan Majapahit, sebuah kerajaan India yang berbasis di Jawa Timur, dan memerintah antara abad ke-12 dan ke-16. Itu meluas ke seluruh Sumatra, Kalimantan dan Indonesia Timur serta Semenanjung Malaya, dan secara umum dianggap sebagai Zaman Keemasan bagi kerajaan Hindu di Kepulauan Melayu,” tulis deskripsi pada situs Antiques.com.

Mahkota emas yang diragukan oleh arkeolog Indonesia

Meski terlihat meyakinkan bagi masyarakat awam, namun hal tersebut disikapi secara berbeda oleh para peneliti sejarah. Menurut Arkeolog Universitas Indonesia (UI) Agus Aris Munandar, dirinya bahkan belum menemukan data mengenai raja-raja Majapahit yang menggunakan mahkota dari emas.

Ilustrasi sketsa Raden Wijaya dengan mahkotanya [sumber gambar]
Terlebih, kerajaan Majapahit diketahui berasal dari abad ke 14-15, buka abad ke 12-16 seperti yang disebutkan dalam deskripsi. “Sukar dipastikan dari zaman Majapahit, “Asal temuannya tidak jelas, telah lepas dari konteks budayanya, telah lepas dari matriks arkeologi,” ujar Agus yang dikutip dari Tekno.tempo.co.

Mahkota emas yang ternyata buatan baru alias bukan artefak kerajaan

Keberadaan mahkota emas yang dijual secara online di laman Antiques.com itu juga dikomentari oleh Peneliti Utama Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Bambang Budi Utomo. Bahkan, dirinya meragukan bahwa benda tersebut memang benar-benar peninggalan kerajaan Majapahit.

Mahkota Emas Milik Kerajaan Majapahit yang dianggap sebagai barang baru [sumber gambar]

Bahkan, dirinya juga mengatakan bahwa mahkota tersebut pernah diteliti oleh arkeolog asal Bali. “Beberapa tahun lalu mahkota tersebut pernah diperiksa. Kadar emasnya 16 karat, dan ada bagian yang pakai sekrup, ya sekrup kecil. Kesimpulannya mahkota tersebut buatan baru,” ujar pria yang akrab disapa Tomi itu, dilansir dari Tekno.tempo.co.

BACA JUGA: Menakar Kekayaan Majapahit yang Konon Pernah Menjadi Kerajaan Termakmur di Asia Tenggara

Segala hal yang berhubungan dengan harta milik kerajaan kuno yang pernah ada di Indonesia, memang kerap menarik perhatian banyak pihak. Seperti mahkota emas di atas yang disebut-sebut peninggalan Majapahit, ternyata merupakan benda buatan baru yang asal usulnya tidak jelas menurut para arkeolog Indonesia.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Tipe Dosen Pembimbing Saat Mahasiswa Mau Konsul Skripsi, Enggak Semuanya Kejam Kok

Menilik Keberadaan Facebook yang Diramalkan Bakal Jadi ‘Kuburan Massal’ di Masa Depan