Bagi orang awam, mungkin madu tak lebih hanya sekedar tambahan makanan biasa, tapi bagi mereka yang paham, cairan manis ini punya nilai lebih. Tak hanya soal manfaat dan rasa, tapi juga bagaimana proses produksinya. Makanya, pasti suka heran kan melihat orang yang beli madu kok mahal sekali. Padahal mungkin rasanya ya begitu-begitu saja. Tapi di mata orang yang paham tentu lain ya.

Berbicara soal madu termahal, berapa sih banderol termahal untuk benda ini menurutmu? Beberapa madu di Indonesia memang dihargai sampai ratusan ribu, tapi ada satu jenis di Turki yang harganya gila-gilaan. Madu ini bernama Elvish. Tentu ada alasan kenapa madu ini dihargai sefantastis itu. Tapi yang jelas untuk memboyongnya, kamu harus sediakan uang kira-kira setara empat motor N-Max seken.

Elvish, madu termahal di dunia

Banyak madu mahal di dunia ini, tapi belum ada yang harganya menyamai jenis Elvish. Bagaimana tidak, untuk satu kilonya saja dibanderol sampai $6.800 atau sekitar RP100 juta. Harga yang super duper fantastis untuk sebuah madu kan? Beli dua kilo bisa setara rumah itu.

Ilustrasi madu Elvish [sumber gambar]
Madu ini sendiri ditemukan oleh seorang peternak asal Turki bernama Gunduz Gunay, di sebuah gua di daerah pedesaan dekat dengan kota Artvin. Madu ini tidak dikembangkan manusia, alias alami. Ketika awal Gunduz menemukannya, pria ini berhasil mendapatkan sekitar 18 kilo.

Oh iya soal harga, ketika awal-awal ditemukan dan dijual, kilogram pertamanya laku sekitar 45 ribu Euro atau sekitar Rp783 juta. Kemudian untuk kilogram keduanya di 28 ribu Euro atau Rp487 jutaan. Edan benar ya. Kini Gunduz sengaja menurunkan harganya biar cepat laku terjual. Lalu kira-kira apa sih yang membuat madu ini sangat mahal.

Elvish ditemukan di tempat yang sangat susah dijangkau

Tempat jadi alasan pertama kenapa madu ini sangat mahal. Seperti yang sudah disebutkan tadi, Elvish ditemukan di sebuah gua. Tapi, tahu kah kamu untuk mencapai gua ini ternyata sangat susah. Gunduz yang menemukan gua ini sampai harus mengajak para pendaki profesional.

Ilustrasi sarang madu di dalam gua [sumber gambar]
Madu ini ada di dalam sebuah gua dengan kedalaman sekitar 1.800an meter. Menuju ke sini banyak tantangan karena diketahui gua tersebut masih perawan, atau setidaknya belum pernah dikunjungi selama bertahun-tahun. Dengan bantuan para ahli, akhirnya Gunduz berhasil memanen madu termahal di dunia ini.

Kandungan luar biasa madu Elvish

Selain tempat, tentu alasan lain kenapa madu Elvish ini sangat mahal yakni karena kandungannya sendiri. Madu ini dikembangbiakkan oleh alam tanpa sekalipun tersentuh manusia, sehingga ia disebut sebagai The True Nectar of The Gods, alias nektar asli Tuhan. Kandungannya sendiri begitu kaya.

Manfaat madu Elvish [sumber gambar]
Elvish disebut-sebut memiliki begitu banyak mineral yang tak dipunyai madu-madu lain. Hal ini karena ia berada di tempat yang udaranya begitu murni serta kandungan mineral di sekitarnya kaya. Ketika diteliti oleh sebuah laboratorium di Prancis, dikatakan jika madu ini mengandung saripati dari tumbuhan dan bunga-bunga langka, termasuk di antaranya adalah tanaman jenis obat-obatan. Makanya tak heran kalau Elvish juga mengandung manfaat penyembuhan yang luar biasa.

Diketahui pula jika madu yang dipanen oleh Gunduz setidaknya sudah berada di gua ini selama tujuh tahun. Luar biasa ya.

BACA JUGA: Edan! 4 Bunga Langka Ini Harganya Lebih Mahal Dari Motor Sport

Dengan semua usaha untuk mendapatkannya dan nilai khasiat yang luar biasa, tentu tidak heran kenapa madu ini jadi mahal luar biasa. Indonesia sendiri sebenarnya juga bisa jadi tempat potensial untuk menemukan madu-madu seperti ini, mengingat vegetasi kita juga sangat kaya. Btw, kalian kalau punya uang Rp100 juta mending beli ini atau empat motor N-Max?