Belakangan nama Luna Maya dan Deddy Corbuzier tengah ramai diperbincangkan. Seperti yang diketahui, keduanya merupakan juri di ajang pencarian bakat Indonesia’s Next Top Model. Di salah satu episode, komentar Luna dan Deddy kepada salah seorang model Danella Ilene Kurniawan menimbulkan reaksi keras di kalangan publik.

Pasalnya, kedua juri tersebut justru memberikan komentar pedas saat Ilene menceritakan penyakit mental eating disorder yang pernah dialaminya. Ternyata hal itu juga membuat anak pengacara kondang Hotman Paris, Felicia Hutapea buka suara. Lalu bagaimana kronologinya hingga Luna dan Deddy mendapat kritik keras dari Felicia? Berikut rangkuman untuk Sobat Boombastis.

1. Berawal dari viralnya video cuplikan dari ajang INTM

Sumber gambar: popbela.com

Sebuah video penjurian di acara INTM beredar di Twitter. Dalam video tersebut, terlihat Ilene sedang menjelaskan gejala eating disorder yang ia alami.

“Yang pertama jadi pengen makan terus, yang kedua jadi kayak gak mau makan apa-apa. Tapi gak sampai muntahin,” jelas Ilene.

Model cantik ini merasakan tekanan di dunia modelling untuk menjaga berat badannya. Hal itu membuat Ilene nekat mencoba berbagai diet tak sehat hingga dirinya mengalami stres. Ilene juga mengaku mengalami bullying yang memperburuk kondisi mentalnya. Ia lantas menemui psikiater dan didiagnosa dengan penyakit eating disorder. Selain itu, ia juga mengalami insomnia dan suicidal thought atau pikiran untuk bunuh diri.

2. Tanggapan Luna Maya dan Deddy Corbuzier

Sumber gambar: kompas.com

Saat menceritakan kondisinya tersebut di depan para juri, Ilene justru mendapat komentar tak mengenakkan dari Luna dan Deddy.

“Saya suka banget makan, jadi saya eating disorder kali ya?” kata Luna.

“Kamu tuh cantik. Kamu tuh model, tinggi. Terus seksi iya, pinter iya. Kalau kamu depresi, kamu menghina tukang martabak yang jualan depan rumah saya,” komentar Deddy.

3. Felicia Hutapea turut memberikan perhatian

Sumber gambar: instagram.com/lambe_turah

Kejadian yang menimpa Ilene mendapatkan simpati dari banyak pihak. Salah satunya adalah Seribu Tujuan. Dalam postingan instagram, Seribu Tujuan menuliskan pesan untuk INTM, Luna dan Deddy bahwa depresi dan eating disorder itu nyata. Felicia pun merepost unggahan Seribu Tujuan dan mention akun milik Deddy dan Luna.

“Kesehatan mental itu gak lucu,” tulis Felicia.

Sumber gambar: instagram.com/lambe_turah

Di postingan selanjutnya, Felicia juga menyinggung komentar Luna dan Deddy kepada Ilene.

“Maksudnya bagaimana?” tanya Felicia.

Sumber gambar: instagram.com/lambe_turah

Ia juga beranggapan komentar kedua juri tersebut bisa menjadi salah satu bukti kesehatan mental tak dianggap serius di Indonesia. Lantaran kebanyakan orang menganggap penyakit mental tidak mungkin dimiliki oleh orang yang sehat atau tinggi, seksi dan cantik seperti Ilene sehingga bisa menjadi bahan tertawaan di media massa.

“Memangnya ketika orang bunuh diri karena depresi atau masuk rumah sakit karena eating disorder itu lucu?” tulis Felicia lagi.

4. Respon Luna Maya tentang postingan Felicia

Sumber gambar: instagram.com/lambe_turah

Melihat hal itu, Luna mengirimkan pesan pada Felicia.

“Aduh capek lah. Kamu atur aja asumsi kamu. Kamu gak tau kan tentang kesehatan mental seseorang. Kamu pikir dengan menyerang saya, kamu lebih baik dari saya. No dear kamu sama aja bully. Tapi it’s ok, lagi emosi,” tulis Luna.

“Okay, saya pernah depresi. Itu kenapa saya tidak terima dimana seseorang yang **** kepada kalian. Kalian malah lucu-lucuin di tv. Lol,” jawab Felicia.

“Semua orang pernah depresi. Aduh anak kecil banget,” balas Luna.

5. Reaksi Felicia saat mengetahui respon Luna

Sumber gambar: instagram.com/lambe_turah

Felicia memposting percakapannya dengan Luna di Instagram. Ia memperingatkan agar tak memberikan reaksi seperti Luna kepada orang yang mengalami gangguan mental.

“Tolong jangan bilang ini ke orang dengan penyakit mental,” tulis Felicia.

Postingan terakhir Felicia tersebut belum mendapatkan balasan lagi dari Luna.

6. Klarifikasi dan permintaan maaf Deddy Corbuzier

Sumber gambar: instagram.com/makrumpita

Setelah bungkam dengan komentarnya yang menimbulkan kontroversi, akhirnya Deddy Corbuzier menanggapi dengan menuliskan caption yang cukup panjang melalui laman instagramnya. Pertama, ia meminta maaf jika menyinggung penderita gangguan kesehatan mental. Deddy juga menjelaskan bahwa video yang beredar sudah dipotong dan tak menampilkan cuplikan saat ia memberikan motivasi.

Sumber gambar: instagram.com/makrumpita

Mengenai komentarnya, Deddy menganggap wajar menanggapi kontestan yang complain tentang badan dan makan lantaran sudah tugas seorang model untuk menjaga badan. Ia menyarankan untuk lebih bersyukur karena menurutnya itulah salah satu cara melawan depresi. Deddy juga memuji Luna karena tetap berjuang mengatasi depresinya dibandingkan mengeluh. Ia pun meminta publik bertanya pada modelnya secara langsung bagaimana kejadian yang sebenarnya sebelum video tersebut dipotong. Terakhir Deddy mengungkapkan bahwa sebelumnya ia tak membicarakan masalah ini karena negara sedang kacau dan lebih membutuhkan banyak energi.

Sepertinya dari kejadian ini, kesadaran terhadap isu kesehatan mental sepertinya mulai meningkat di kalangan masyarakat Indonesia. Kita pun bisa belajar untuk tak menganggap remeh penyakit mental apalagi menyalahkan penderitanya. Gangguan kesehatan mental adalah masalah bersama dan perlu kepedulian dari banyak pihak.