Seniman Asal Jogja Ini Menyulap Makanan Menjadi Lukisan Keren

oleh Centralismo
10:00 AM on Feb 17, 2015

Seni memang bisa diciptakan dengan media dan bahan apapun. Di tangan dingin seorang seniman, bahan dan benda yang tampak sepele dan sederhana bisa disulap menjadi karya keren yang rumit. Hal inilah yang dilakukan Taufik Noor, seorang seniman asal Jogja yang melukis dengan media dan tinta berbahan dasar makanan.

Pada dasarnya, Taufik memang mendalami bidang fotografi dan desain produk, namun di sela-sela pekerjaan profesionalnya itu, dia menyempatkan membuat karya unik berbahan dasar makanan. Dia rajin memposting karya-karyanya tersebut di akun instagramnya: @TaufikNoor. Berikut beberapa karya unik Taufik yang kami ambil dari akun instagramnya.

Baca Juga
Inilah 4 Hal yang Terjadi Jika Indonesia Benar-benar Memboikot Produk Amerika
Mulai dari Akhir Israel Hingga Bencana, Inilah 4 Prediksi Nostradamus Tentang 2018 yang Bikin Merinding

1. Bob Marley dari Permen Cokelat

Permen cokelat adalah panganan manis yang dilapisi dengan permen warna-warni yang menarik. Bagi orang lain mungkin makanan ringan ini adalah teman yang tepat untuk menemani waktu senggang atau menonton film favorit. Namun, Taufik berkreasi lebih jauh dengan makanan manis tersebut.

Bob Marley dari Permen Cokelat
Bob Marley dari Permen Cokelat

Dia membuat gambar Bob Marley dengan permen cokelat yang dibentuk sedemikian rupa. Sebagian permen digerus hingga menjadi bubuk dan sebagian lagi dibiarkan utuh dengan warna-warni khas rastafara; merah, kuning dan hijau. Taufik percaya bahwa karya seni tidak hanya harus enak dipandang namun juga harus memberikan pesan tertentu pada penikmatnya.

2. Wajah Mantan Presiden SBY dari Es Krim

Es krim cokelat yang nikmat adalah teman yang pas ketika sedang bersantai di siang hari yang panas. Tapi siapa sangka bahwa panganan itu ternyata bisa menjadi lukisan yang sangat keren. Dibantu dengan kuas dan lilin untuk mencairkan lapisan cokelat dari es krim, Taufik membuat lukisan wajah dari mantan orang nomor satu di Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono.

Wajah Mantan Presiden SBY dari Es Krim
Wajah Mantan Presiden SBY dari Es Krim

Dalam postingnya di akun instagram tersebut, Taufik ingin menyampaikan rasa terima kasihnya kepada mantan presiden Indonesia tersebut. Dia mengatakan bahwa sebagai rakyat, selama ini dia banyak mengeluh dan mengeluh tanpa mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh sang Presiden. Lukisan ini adalah salah satu tanda terima kasih Taufik kepada bapak SBY.

3. Emma Watson dari Cokelat Pasta

Taufik memang awalnya tidak menunutut ilmu di bidang seni ataupun fotografi. Namun, pada akhirnya bakat dan keinginannya telah menuntunnya ke arah seni. Dia telah berlatih selama lebih dari 20 tahun dan masih terus berusaha mengembangkan ilmu lukisnya.

Emma Watson dari Cokelat Pasta
Emma Watson dari Cokelat Pasta

Pada karyanya kali ini, Taufik menggambar wajah Emma Watson dengan menggunakan cokelat pasta di atas selembar roti tawar. Karya ini diposting Taufik di Instagram tepat di hari ulang tahun artis yang terkenal lewat film Harry Potter tersebut. Tidak lupa, Taufik juga menyertakan link youtube dari proses pembuatan karya unik tersebut.

4. Kandidat Capres dan Cawapres dengan Bumbu Mie Instan

Karya ini bisa dibilang adalah salah satu karya paling populer dan paling unik yang pernah diciptakan oleh Taufik. Kita tentu ingat bagaimana suasana di Indonesia sangat meriah ketika masa-masa pilpres sedang berlangsug. Ketika itu, Indonesia diramaikan oleh perdebatan seru antara pendukung kedua calon pasangan presiden dan wakil presiden.

Kandidat Capres Cawapres dengan Bumbu Mie Instan
Kandidat Capres Cawapres dengan Bumbu Mie Instan

Taufik mengambil momen ini untuk membuat sebuah karya yang sangat otentik. Dia membuat lukisan wajah capres Jokowi dengan menggunakan bumbu cabe, Capres Prabowo dari Kecap dan wakil dari kedua kandidat tersebut dari bumbu mie instan. Di tengah keempat wajah tersebut, tampak peta Indonesia dibentuk dari serpihan-serpihan mie instan.

5. Wajah Gusdur dengan Nutella

Gusdur adalah salah satu pemimpin Indonesia yang banyak dicintai oleh rakyatnya. Meski masa pemerintahan Gusdur terbilang singkat, ulama besar NU ini memiliki pemikiran yang mempengaruhi dan menginspirasi banyak orang. Gusdur juga dikenal sebagai bapak pluralisme karena dia sangat menghormati keberagaman.

Lukisan Gusdur dengan Nutella
Lukisan Gusdur dengan Nutella

Kali ini Taufik membuat lukisan wajah Gusdur menggunakan selai cokelat di atas roti tawar. Selai cokelat tersebut dibentuk dengan sedemikian rupa dan teliti sehingga membentuk wajah Gusdur dengan gurat tawanya yang khas. Foto ini diposting Taufik dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Taufik percaya bahwa seni adalah salah satu media yang paling kuat untuk menyuarakan sebuah pesan. Oleh sebab itu, Taufik sering kali membuat pesan bermuatan kesadaran politik dalam setiap karyanya. Dia juga menggunakan media sosial agar karyanya bisa lebih diterima di era socmed ini.

Dalam sebuah wawancara Taufik berpesan yang kami kutip dari Provoke Online, Taufik mengatakan, “Tiap gambar yang saya lukis biasanya ada cerita di baliknya. Dan saya sadari, nggak semua orang mampu membaca gambar (karena saya kadang juga begitu) maka saya tuliskan caption-nya yang panjang lebar, itu pun sebenarnya lebih panjang dari itu, tapi kan di IG dibatasi sampai sekitar 2190an karakter. Namun kadang sebaliknya, ada sesuatu yang ingin saya tulis, jadi gambar hanya pelengkap saja. Itís not only about drawing. Itís about sending a message.” (HLH)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA