Lontong Balap Surabaya, Kuliner yang Enaknya Bukan Bualan Belaka

oleh Febri
09:58 AM on Oct 4, 2016

Surabaya menang kaya akan sajian kuliner bahkan beberapa hidangan khasnya sudah terkenal di seantero Nusantara. Sebut saja Lontong Balap, kamu mungkin bisa menemukannya di berbagai kota besar. Namun, nggak ada yang mengalahkan sensasi dari Lontong Balap di daerah asalnya, tentu saja Surabaya. Kamu akan menemukan cita rasa asli yang langsung menggugah selera. Ya, seperti jatuh hati pada pandangan pertama, kamu nggak akan tahan untuk berlama-lama memandangi kuah kecoklatannya dan ingin buru-buru melahap hidangan lontong balap di depanmu.

Dibanding beberapa kuliner lain, lontong balap termasuk legendaris dan sudah ada sejak zaman dulu. Konon para penjual kuliner itu berjalan cepat sambil memikul dagangan mereka untuk berebut pembeli di Pasar Wonokromo. Nah, dari situlah muncul kesan balapan di antara para penjual hingga akhirnya disematkan nama lontong balap. Kamu yang asli Arek Suroboyo pasti tahu dong dengan cerita itu.

Baca Juga
15 Status Resolusi Suka-suka ala Netizen Indonesia, dari Realistis Hingga Bikin Ngakak
Inilah 5 Fakta Makam Keramat di Purwokerto yang Tak Dipindah Meski Ganggu Lalu Lintas

Lontong balap [image source]
Lontong balap [image source]

Lontong balap memiliki kuah manis yang rasanya muncul dari bahan kecap. Sedangkan isiannya terdapat tahu, lontong, dan setumpuk tauge, lengkap dengan lentho goreng yaitu semacam gorengan yang terbuat dari kacang tolo yang dibuat menjadi adonan dengan tambahan singkong parut, kecap hingga putih telur. Lentho inilah yang paling dicari dari seorang penikmat lontong balap.

Tentu ada banyak sekali penjual lontong balap di Surabaya. meski menjual makanan yang sama, tapi rasa yang ditawarkan oleh masing-masing warung bisa beda-beda. Dalam hal ini pengetahuan dan penggunaan bumbu sangat mempengaruhi cita rasa. Salah satu warung yang konsisten menyuguhkan rasa yang mantap adalah lontong balap Pak Gendut. Lokasinya ada di Jl. Kranggan No.60, Surabaya. Tentu masih ada banyak sekali sajian khasnya, jika kamu ingin tahu puluhan
kuliner surabaya lainnya simak informasi selengkapnya di sini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren!
BACA JUGA