Lokasi Terakhir Pesawat Air Asia Berdasarkan Pantauan Flightradar24

oleh Alfry
09:54 AM on Dec 30, 2014

Pesawat jenis Airbus A320-200 milik maskapai Air Asia dengan nomor penerbangan QZ8501 yang hilang kontak pada Minggu (28/12) pagi sempat terekam oleh situs Flightradar24.

Flightradar24 merupakan aplikasi yang bisa mendeteksi keberadaan pesawat berdasarkan nomor penerbangannya sempat merekam rute perjalanan Air Asia QZ8501 yang hilang kontak. Dari data yang dimiliki oleh Flightradar24, QZ8501 hilang kontak pada pukul 23:12 UTC atau pukul 06.12 WIB. Posisinya terekam di lautan Kepulauan Belitung.

Baca Juga
5 Fakta Gedung BEI, Bangunan Megah yang Kemewahannya Bukan Hanya Hisapan Jempol
5 Fakta Sri Wahyuni Manalip, Si Bupati Cantik Asal Talaud yang Terancam ‘Lepas Seragam’

Lokasi Terakhir Pesawat Air Asia Berdasarkan Pantauan Flightradar24
Lokasi Terakhir Pesawat Air Asia Berdasarkan Pantauan Flightradar24

Pesawat dengan nomor registrasi PK-AXC tersebut hilang kontak ketika berada di airways M635, antara waypoint TAVIP dan RAFIS, atau berada di antara Tanjung Pandan (Belitung Timur) dan Pontianak.

Pesawat tersebut terakhir kali terpantau pada ketinggian 32.000 kaki dengan kecepatan 469 knot di atas permukaan air laut sebelum akhirnya sinyal ADS-B (Automatic Dependent Surveillance-Broadcast) yang dipancarkan pesawat hilang. Pesawat itu baru saja menempuh setengah perjalanan dari yang direncanakan.

ADS-B adalah salah satu peranti navigasi yang mentransmisikan informasi GPS pesawat, komplet dengan identitas, kecepatan dan ketinggian jelajahnya.

Flightradar24 mengklaim tidak menangkap sinyal emergency dari pesawat bertipe A320-200 QZ8501 tersebut. Biasanya jika dalam kondisi emergency, pesawat akan memasang kode Squawk 7700 di transponder mereka untuk mendapatkan prioritas penanganan dari petugas lalu lintas udara.

Hingga saat ini, tim SAR masih terus melakukan pencarian. Mereka masih fokus di sekitar Pulau Belitung. Lokasi pencarian akan dilakukan di sekitar 120 derajat arah tenggara Pulau Belitung.

“Informasi terakhir kontak ada di 025310 south 109300 east, 120 derajat arah tenggara dari Pulau Beiltung. Kita sudah mulai melakukan pencarian di lokasi itu,” kata salah seorang petugas Basarnas di pusat pengendali Kemayoran, Minggu (28/12).

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 7 Sosok Pria Paling Aneh Dengan Keunikan yang Mencengangkan di Dunia 4 Surga Dunia yang Tersembunyi di Indonesia Ini Bakal Bikin Negara Tetangga Sirik! Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia 4 Fakta Caddy, Wanita Cantik di Lapangan Golf yang Buat Dengkul Para Pria Lemes 5 Kata yang Punya Arti Beda Jika Kamu Ucapkan di Medan 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan Kocaknya 10 Meme ‘Salah Gue Apa’ Ini Dijamin Bikin Kamu Ketawa Sampe Mules Pulau Terpadat di Dunia Ternyata Ada di Indonesia Loh, Bukan Jawa Apalagi Bali Dulu Pernah Ngehits, 5 Girl Band Indonesia Ini Buyar dan Tak Terdengar Kabarnya
BACA JUGA