5 Tempat Wingit Penuh Misteri yang Dijadikan Lokasi Bertapa Tokoh Besar Indonesia

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Jul 12, 2016

Bertapa atau semedi adalah salah satu laku yang kerap dilakukan oleh orang-orang di Indonesia. Dengan bersemedi, seseorang akan mendapatkan ketenangan batin, diberi petunjuk, dan juga diberi kesaktian hingga akan susah sekali di kalah meski menggunakan senjata setajam apa pun.

Dalam sejarah dan cerita yang diturunkan dari generasi ke generasi. Indonesia memiliki banyak sekali lokasi pertapaan yang kerap dipakai oleh tokoh besar Indonesia. Tempat-tempat itu dikenal sangat angker hingga dikenal sangat cocok untuk bersemedi dan mencari kekuatan. Mari kita bahas satu per satu tempat apa sajakah itu.

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

1. Gua Istana – Banyuwangi

Gua Istana adalah sebuah gua yang terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur. Gua ini memiliki panjang 30 meter dan lebar sekitar 8 meteran saja. Setiap hari sekitar 100-300 orang datang untuk berkunjung untuk sekadar melihat gua yang konon pernah digunakan Soekarno untuk bertapa atau meminta berkah atas usaha yang sedang dibangun.

Gua Istana [image source]
Gua Istana [image source]
Gua Istana selalu ramai menjelang 1 Muharam atau 1 Suro penanggalan Jawa. Pada tanggal ini semua orang berkumpul untuk melakukan ruwatan dan membuang sial. Selain 1 Suro, di masa pemilihan umum, para caleg juga banyak yang datang ke sini agar kelak bisa terpilih dan menjadi anggota dewan.

 2. Gunung Lawu – Karanganyar

Gunung Lawu sudah sejak lama dikenal sebagai lokasi yang kerap dihubungkan dengan hal-hal berbau mistik. Gunung Lawu memiliki banyak sekali lokasi bertapa yang kerap digunakan oleh tokoh-tokoh besar Indonesia untuk mencari wangsit hingga kekuatan. Setidaknya Soekarno, Soeharto, hingga Gus Dur pernah mendaki gunung yang sangat wingit ini.

Gua Semar [image source]
Gua Semar [image source]
Presiden ke-II Indonesia dikenal kerap mendaki sampai puncak Lawu. Juru Kunci gunung menyebut jika Soeharto sudah sangat mencintai Gunung Lawu. Di tempat ini, beliau kerap melakukan ritual-ritual kebatinan sebelum dan sesudah menjadi presiden. Hingga sekarang, lokasi pertapaan di Gunung Lawu tetap menjadi tujuan banyak sekali orang terutama di Gua Semar.

3. Pertapaan Indrokilo – Pasuruan

Pertapaan Indrokilo adalah sebuah kompleks reruntuhan candi zaman Majapahit. Lokasinya berada di sebelah utara Gunung Ringgit dan Gunung Arjuno. Untuk sampai ke sini, seseorang harus berjalan sejauh 22 km atau 3-4 jam melalui jalan desa yang cukup berbatu terjal khas pegunungan.

Pertapaan Indrokilo [image source]
Pertapaan Indrokilo [image source]
Pertapaan Indrokilo pernah digunakan oleh Soekarno untuk bersemedi. Di tempat ini konon beliau mendapatkan Wahyu Cakraningrat. Wahyu yang atau wangsit yang tak semua orang bisa mendapatkannya ini biasanya digunakan syarat untuk naik tahta dari para raja di masa lalu. Soekarno menerima Wahyu Cakraningrat untuk menjadi presiden serta memerdekakan Indonesia dari belenggu penjajahan.

4. Luweng Sampang – Gunungkidul

Luweng Sampang adalah salah satu lokasi di Gunungkidul, Yogyakarta yang kerap dijadikan lokasi pertapaan. Luweng Sampang pernah dijadikan tempat pemberhentian Sunan Kalijaga dan tempat menempa diri pada Sultan di Yogyakarta mulai Sri Sultan Hamengkubuwono I hingga ke X.

Luweng Sampang [image source]
Luweng Sampang [image source]
Di hari-hari biasa, luweng yang merupakan cerukan di dalam batu ini kerap dikunjungi oleh orang yang meminta pesugihan. Biasanya juru kunci akan menemaninya setiap malam Jumat hingga ritualnya selesai. Di hari-hari tertentu, Luweng Sampang kerap dijadikan tempat meminta berkah oleh pejabat yang ingin naik jabatan hingga orang-orang yang ingin sukses usahanya.

5. Air Terjun Madakaripura – Probolinggo

Tempat bertapa atau bersemedi selanjutnya adalah Air Terjun Madakaripura. Air terjun yang terletak di Probolinggo ini konon memiliki cerita mistik tersendiri. Menurut legenda, kawasan ini pernah dijadikan sebagai pertapaan terakhir dari Patih Gajah Mada yang merupakan jenderal perang dari Kerajaan Majapahit.

Air terjun Madakaripura [image source]
Air terjun Madakaripura [image source]
Air Terjun Madakaripura menjadi lokasi wisata yang selalu dikunjungi oleh banyak orang setiap harinya. Konon, beberapa orang yang datang dan memotret lokasi ini kerap mendapatkan penampakan dari Gajah Mada yang konon telah mendapatkan moksa da menghilang dari dunia yang fana ini.

Inilah lima tempat wingit dan penuh misteri yang dijadikan lokasi bertapa dari para tokoh besar di Indonesia. Dari lima lokasi yang disebutkan di atas, mana saja yang pernah Anda kunjungi ?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA