Supercard, Lisensi Khusus Pengamen Bersuara Merdu yang Hanya Ada di Depok

Dengan Supercard, jangan kaget kalau ada pengamen sekelas band Noah

oleh Arief Dian
11:00 AM on May 25, 2017

Namanya pengamen, kadang bikin kesel bukan main. Apalagi pas lagi enak-enak makan di warteg, setelah muncul satu pengamen, beberapa menit selanjutnya terbit lagi lainnya. Alhasil niat makan cuma dua puluh ribu harus keluar sampai tiga puluh ribu. Belom lagi kalau suara mereka nyanyinya sembarangan, semakin hilang rasanya selera makan kita.

Di Depok, untuk mengantisipasi hal tersebut karena dinilai merugikan warga, ada sebuah program supercard untuk pengamen. Jadi, di sana hanya pengamen yang berkualitas yang boleh beroperasi. Di jamin deh, para pengamen yang memiliki supercard ini tidak akan kalah dengan band terkenal sekelas noah. Seperti apa ceritanya? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

“Supercard” sebuah lisensi khusus pengamen

Sudah dicanangkan semenjak satu tahun yang lalu mengenai para pengamen dengan lisensi dan hak khusus bagi pengamen. Program ini adalah hasil kerja sama dari pemerintah setempat dan kemendikbud untuk meningkatkan mutu para pengamen itu. Jadi diharapkan para pengamen yang sudah lulus tes dan mendapatkan Supercard, tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Supercard [image source]
Jadi pengamen tidak hanya sembarangan menyanyi dan bermain musik di tempat-tempat umum, melainkan benar-benar menghibur juga terdidik. Akhirnya beberapa hari yang lalu, program pengamen dengan kualitas menjanjikan ini benar-benar bisa diwujudkan. Pemerintah setempat dan Kemendikbud menjamin kalau para pengamen tersebut bukan ecek-ecek.

Melewati seleksi layaknya pencarian bakat

Pastinya untuk mendapatkan supercard ini bukanlah hal yang mudah. Karena tujuannya adalah mencari pengamen yang benar-benar berbakat, untuk itu perlu diadakan sebuah seleksi ketat. Kemarin, paling tidak ada 70 orang pengamen yang mendaftar untuk mendapatkan supercard itu. Selain itu para kandidat itu juga mesti melewati seleksi ketat, baik vokal maupun bermain alat musik.

Harus melewati seleksi [image source]
Dari ke 70 orang pengamen yang mengikuti event ini, tidak semuanya akan mendapatkan supercard, sehingga sebagian meski tersingkir. Belum lagi para pengamen yang lolos mesti menempuh pendidikan singkat agar menjadi profesional. Selain masalah vokal dan musik, juri nantinya juga bakal menilai masalah attitude, sehingga pengamen yang terpilih hanya yang punya etika bagus.

Bisa main di tempat mewah

Mungkin biasanya kalau bertemu pengamen kalau tidak di warteg ya di pedagang kaki lima, namun kalau mempunyai supercard, kita bisa menemui pengamen di mana saja. Istilahnya, tidak ada lagi dilarang ngamen buat mereka yang memiliki supercard ini. Bahkan di tempat berkelas seperti restoran dan hotel, mereka bisa mengamen dengan bebas, bahkan ada kemungkinan untuk dibayar.

Punya akses tempat mewah [image source]
Semua itu adalah jaminan dari pemerintah setempat sendiri dan kemendikbud atas keprofesionalan para pengamen. Selain itu, hal tersebut dapat meningkatkan taraf hidup para pengamen yang biasanya sangat identik dengan gelandangan.

Bebas pengamen liar

Adanya supercard ini dapat menekan jumlah para pengamen liar yang ada di masyarakat. Pasalnya, jika tidak memiliki kartu izin mengamen ini, maka dia akan ditangkap oleh satpol PP. Dengan begitu tidak perlu khawatir dengan pengamen yang bikin geram masyarakat karena dalam sehari bisa datang berkali-kali. Setelah program supercard ini sempat beberapa tertunda, para musisi jalanan bersyukur karena akhirnya bakat mereka dapat ditampung dengan baik.

Anti pengamen jalanan [image source]
Namun bagaimana dengan mereka yang tidak lolos dengan seleksi tersebut? Karena tidak mempunyai izin, mereka tetap tidak boleh beroperasi di jalan raya, namun para pengamen tersebut dapat menunggu hingga audisi berikutnya dibuka kembali.

Senang pula rasanya mendengar program seperti ini, jadi kita tidak lagi mendengar para pengamen bersuara cepreng dan nyanyi asal-asalan. Kalau seperti ini kan yang memberi uang jadi ikhlas karena memang puas. Semoga saja program seperti ini dapat berkembang di daerah lain .

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis
BACA JUGA