in

Lembah Enarotali Papua, Rute Penerbangan yang Menyimpan Misteri Karena Selalu Telan Korban

Kecelakaan Pesawat di-Pegunungan Papua [Sumber gambar]

Berbicara tentang Papua, pulau yang letaknya di paling ujung timur Indonesia ini memang menyimpan banyak sekali misteri yang tidak kita ketahui. Mulai dari adanya tembok bawah laut yang disebut sebagai peninggalan atlantis, hingga orang-orang pedalaman yang katanya masih jauh dari kata modern, hingga gerakan-gerakan bersenjata yang tak takut menghabisi nyawa orang yang dianggap mengganggu misi mereka.

Salah satu tempat yang banyak disebut menyimpan misteri adalah Lembah Enarotali. Enarotali sebenarnya merupakan kota yang disebut paling tua dan merupakan ibukota Kabupaten Paniai. Kota tua ini diapit sejumlah gunung dan bukit, yakni Gunung Bobairo dan Bukit Diay, serta sejumlah bukit lain. Enarotali berpenduduk 150.000 jiwa. Ada empat suku besar, yakni Mee, Moni, Wolani, dan Suku Dani. Mata pencarian masyarakat yaitu bertani dan beternak dengan makanan isi ubi jalar.

Daerah Lembah di Papua [Sumber gambar]
Namun, walaupun terkenal indah, Lembah Enarotali ternyata menyimpan misteri yang masih belum terpecahkan, yakni banyaknya pesawat yang jatuh di sana. Berdasarkan catatan, ada banyak sekali kecelakaan yang sudah terjadi. Melansir kompas.com, di tahun 2016 saja, 6 pesawat sudah menjadi korbannya.

Adapun penyebab kecelakaan tersebut konon karena wilayah Papua yang kebanyakan dataran tinggi dan gunung, sehingga pilot seringkali mengambil rute di luar yang sudah disepakati demi cepatnya perjalanan. Salah satu cerita yang paling membuat bergidik adalah kisah dari pilot sebuah pesawat AURI pada tahun 1963. Walaupun terbang rendah 14.000 kaki, sang pilot dan awak kapalnya terjebak di lembah yang sulit ditembus tersebut.

Pesawat AURI 1963 [Sumber gambar]

Seperti dilansir dari Intisari Grid, posisi terbang di atas lembah Enarotali sebenarnya tidak berbahaya, tapi kesulitan yang muncul adalah bagaimana terbang melintasi rute berupa gap-gap-gap sehingga bisa menembus pegunungan dan bukit yang mengarah ke Gunung Jaya Wijaya.

Nah, belum lagi cuaca yang buruk juga bisa memperkeruh suasana. Masih berkisah tentang pesawat AURI, rute atau gap yang biasa dilintasi oleh para penerbang itu seringkali tertutup awan tebal sehingga jika nekat menembus, pesawat bisa menabrak tebing gunung atau bukit. Inilah yang menambah banyaknya deretan kecelakaan yang terjadi.

Kecelakaan Pesawat di-Pegunungan Papua [Sumber gambar]
Selain lembah yang sulit ditembus dan cuaca buruk, orang sering mengaitkan Papua dengan hal mistis karena di sana masih banyak suku yang hidup jauh dari dunia modern. Jika kemudian ada peristiwa kecelakaan yang terjadi, maka sangat kecil kemungkinan mereka bisa dibawa pulang dengan selamat. Konon, di lembah-lembah tersebut masih ada suku kanibal yang bisa menjadikan manusia sebagai korban mereka.

BACA JUGA: 3 Tempat Jatuhnya Pesawat di Indonesia yang Dianggap Sebagai Wilayah Angker

Dengan beberapa faktor di atas, tak heran jika kemudian lembah Enarotali Papua sering dikaitkan dengan hal-hal mistis. Wlauapun poin utamanya, sederet kecelakaan yang terjadi lebih banyak karena langkah keliru yang diambil oleh pilot demi cepat sampai ke tujuan. Apakah ada kekuatan lain di lembah ini? Kita juga tidak pernah tau akan hal itu, wallahua’lam.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Perbandingan Tarif Pertama Manggung 4 Pedangdut, Ada yang Pernah Dibayar Rp3500 Saja!

Teladan Keikhlasan dari Pria yang Dirikan Warung Nasi 3000-an Makan Sepuasnya