Inilah 4 Legenda Cinta yang Berakhir Tragis di Indonesia

oleh Anas Anas
10:14 AM on Oct 31, 2016

Cinta seharusnya menjadi anugerah terindah yang bisa menyatukan sepasang manusia, antara seorang lelaki dengan perempuan. Karena memang seperti itulah fitrahnya, setiap makhluk punya pasangan-pasangan sendiri. oleh sebab itu, bisa dikatakan setiap orang pasti mendambakan akhir cerita yang indah dari tiap-tiap cerita cinta yang mereka alami.

Namun sayangnya tidak setiap kisah cinta berakhir indah. Layaknya kisah Romeo dan Juliet, cerita cinta mereka memang sehidup-semati namun berakhir tragis. Sama tragisnya dengan empat legenda cinta yang terjadi di Indonesia berikut. Penasaran seperti apa kisahnya? Berikut kami ulas empat legenda cinta yang berakhir tragis di Indonesia.

Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

1. Legenda Cinta Jayaprana dan Layonsari yang Dipisahkan Bapak Angkat

Legenda cinta Jayaprana dan Layonsari menyisakan kisah tragis di antara keduanya. Jayaprana adalah seorang yatim piatu yang dirawat oleh seorang penguasa Desa Kalianget. Setelah dewasa, ia menikahi seorang gadis cantik jelita bernama Layonsari. Namun, rupanya bapak angkat Jayaprana kemudian jatuh hati kepada Layonsari. Cinta sang bapak ini benar-benar telah membutakan matanya untuk membunuh Jayaprana, anak angkat yang dibesarkannya sendiri.

Makam Jayaprana [image source]
Makam Jayaprana [image source]
Meski Layonsari telah menjanda, ternyata cintanya kepada Jayaprana tidak habis. Layonsari menolak pinangan ayah angkat Jayaprana. Kemudian Layonsari diceritakan lebih memilih untuk bunuh diri ketimbang memberikan cintanya kepada selain Jayaprana. Cerita tragis ini kini dapat ditemui di situs makam Jayaprana dan Loyansari yang terletak di daerah Bali Barat, tepatnya di Teluk Terima, Desa Sumber Klampok, Kecamatan Gerokgak.

2. Legenda Cinta Tan Bun An dan Siti Fatimah yang Berakhir di Sungai Musi

Sekitar 10 km dari Palembang, terdapat Pulau Kemaro yang memiliki sebuah legenda cinta. Kisah cinta ini adalah antara Tan Bun An, seorang saudagar kaya dari negeri Cina, dengan Siti Fatimah yang merupakan anak seorang raja. Diceritakan, Tan Bun An mengajak Siti Fatimah ke Cina untuk meminta restu orang tua Tan Bun An. Setelah beberapa waktu waktu, mereka kembali ke Palembang. Bersama dengan itu, orang tua Tan Bun An menyertakan tujuh guci yang berisi emas.

Pulau Kemaro [image source]
Pulau Kemaro [image source]
Sesampai di Sungai Musi, Tan Bun An ingin melihat hadiah emas tersebut. Terkagetnya dia ternyata guci tersebut berisi sayuran yang membusuk. Tanpa pikir panjang, ia membuang guci itu di Sungai Musi, tetapi guci terakhir jatuh dan pecah di atas dek kapal dan terlihatlah kepingan emas. Lalu ia terjun ke sungai itu untuk mengambil emas-emas yang dibuangnya. Naas Tan Bun An tak pernah muncul kembali. Melihat suaminya tak kembali, Siti Fatimah pun akhirnya menyusul terjun ke Sungai Musi.

3. Legenda Terbentuknya Setu Patengan Karena Kisah Cinta Ki Santang dan Dewi Rengganis

Situ Patengan, yang terletak di Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung, konon memiliki legenda cinta yang abadi antara dua sejoli. Disebut-sebut, Situ Patengan adalah tempat bertemu Ki Santang dengan kekasih hatinya, Dewi Rengganis. Kisah cinta ini disebut bermula saat kedua kekasih itu berjauhan dan saling cari sampai akhirnya dipertemukan di suatu tempat yang kini diyakini sebagai lokasi Situ Patengan.

Situ Patengan [image source]
Situ Patengan [image source]
Di lokasi tersebut Dewi Rengganis meminta Ki Santang untuk membuat danau dan perahu. Maka terbentuklah Situ Patengan. Sementara, perahu tersebut kini dipercaya menjadi Pulau Asmara yang berbentuk hati di tengah danau. Selain itu, di lokasi ini juga terdapat Batu Cinta yang dipercaya pula menjadi titik pertemuan dua kekasih ini.

4. Legenda Cinta Roro Jonggrang yang Dibuatkan 1000 Candi Oleh Bandung Bondowoso

Legenda cinta antara Bandung Bondowoso dengan Roro Jonggrang dapat diketahui melalui situs Candi Prambanan. Roro Jonggrang adalah seorang putri jelita yang mampu menaklukkan hati Bandung Bondowoso. Legenda ini bermula saat Bandung Bondowoso ingin memperistri Roro Jonggrang, namun Roro Jonggrang menolaknya. Untuk menggagalkan maksud ini, Roro Jonggrang meminta Bandung Bondowoso membuatkan 1000 candi dalam waktu semalam.

Arca Roro Jonggrang [image source]
Arca Roro Jonggrang [image source]
Bandung Bondowoso mengumpulkan para jin untuk pembuatan 1000 candi ini. Pembangunan ini hampir berhasil karena sudah mencapai 999 candi. Mengetahui ini, Roro Jonggrang mengumpulkan para dayang dan perempuan desa untuk memukul-mukul lesung dan membakar jerami. Para jin mengira hari sudah pagi sehingga mereka segera kabur. Bandung Bondowoso yang tahu kecurangan ini marah dan akhirnya mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca untuk melengkapi 1000 candi yang dibuatnya.

Nah, itulah empat legenda cinta yang berakhir tragis di Indonesia. Bagi kamu yang sedang menjalin kisah asmara, jangan sampai meniru legenda di atas. Pastinya cerita cinta yang diawali dengan indah akan berakhir dengan indah.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA