Bagi seseorang yang mencoba peruntungan, Bali bisa jadi pilihan yang baik lantaran menjadi tujuan wisata paling terkenal di Indonesia. Pulau dewata juga sering dijadikan lokasi shooting film atau pengambilan gambar bertaraf international. Bahkan faktanya orang Eropa justru lebih mengenal Bali daripada Indonesia.

Namun meskipun demikian, Bali memiliki satu sisi yang bisa dibilang berkebalikan dengan hal-hal menakjubkan di atas. Ya, Bali ternyata tidak selalu menyenangkan. Ada beberapa alasan kenapa seperti itu dan salah satunya adalah keberadaan sebuah gangster bernama Laskar Bali. Kabar mengatakan kalau geng satu ini kerap melakukan hal-hal buruk sehingga membuat masyarakat dan turis tidak nyaman. Laskar Bali sendiri sebenarnya menolak disebut geng dan bahkan mereka marah ketika salah satu media menyebutnya sebagai gangster berbahaya di Asia.

Lebih jauh tentang Laskar Bali, berikut adalah beberapa fakta tentang organisasi yang kental dengan kesan garang dan menakutkan itu.

Kelompok Terbesar di Bali

Kelompok Terbesar di Bali [Image Source]
Laskar Bali disebut sebagai gang paling besar di Bali dengan jumlah anggota 12 ribu orang. Tapi walau begitu, ternyata mereka tidak mau disebut sebagai gangster, melainkan “organisasi masyarakat”. Laskar Bali ini diduga punya semua kontrak keamanan dengan bar, restoran, dan klub malam. Tak hanya itu, ada kabar lain yang menyebutkan kalau mereka juga terlibat dengan bisnis-bisnis haram. Entah, untuk yang satu itu belum ditelisik kebenarannya.

Perang Antar Gangter di dalam Lapas yang Membuat Bali Gempar

Perang Antar Gangter di Dalam Lapas yang Membuat Bali Gempar (ilustrasi) [Image Source]
Kejadian ini sempat membuat Bali tegang dalam beberapa waktu. Bagaimana tidak, kerusuhan ini dilakukan oleh dua gangster besar Bali, yakni Baladika versus Laskar Bali dan terjadi di Lembaga Pemasyarakatan. Entah bagaimana awalnya, tapi ini jadi salah satu momen paling mencekam yang pernah terjadi di sana. Dari kejadian setidaknya empat orang tewas. Bentrokan antara dua kelompok ini tak hanya terjadi sekali melainkan cukup sering. Untuk motifnya sendiri adalah balas dendam.

Punya Senjata yang Tidak Main Main

Punya Senjata yang Tidak Main Main [Image Source]
Setiap gangster di mana pun pasti punya senjata khusus untuk mencelakai musuh atau saingannya, tidak terkecuali dengan Laskar Bali. Senjata mereka ternyata tidak hanya satu varian saja, melaikan ada banyak, seperti parang, rantai, pedang, gir, sabit, tombak pendek, linggis, trisula, batangan besi, dida tajam, dan tombak panjang.

Disejajarkan dengan Dua Gangster Mematikan Asia

Disejajarkan dengan Dua Gangster Mematikan Asia [Image Source]
Sepak terjang soal Laskar Bali ternyata cukup terkenal, terlebih ketika situs Rocketnews24 menulis artikel soal mereka. Di dalam artikel tersebut Laskar Bali dikatakan setara dengan dua gangster berbahaya di Asia, yakni Yamaguchi-gumi serta Triad. Dua gangster ini tak hanya yang paling menakutkan di Asia, tapi juga dunia. Kalau menelusuri lebih dalam, kamu akan tahu kalau keduanya masuk dalam 10 besar gangster paling berpengaruh di muka Bumi.

Ternyata Laskar Bali Ormas Legal

Laskar Bali legal [Image Source]
Terkenal sering membuat onar dan keributan di Bali, siapa yang menyangka kalau ternyata Laskar Bali merupakan organisasi resmi dan legal sejak 2014 silam. Mereka bahkan juga disebut sebagai organisasi politik oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bali.

Keberadaan Laskar Bali Dibutuhkan

Laskar Bali dibutuhkan [Image Source]
Meskipun memiliki kesan yang kurang baik, namun Laskar Bali sendiri nyatanya tak ditentang keberadaannya. Alasannya tak lain karena dengan eksisnya mereka, Bali juga dikatakan aman. Hal ini dirasakan betul oleh pihak-pihak pemilik hotel dan tempat hiburan. Menurut mereka, Laskar Bali ini bisa bergerak lebih cepat untuk mengamankan keributan dan lain sebagainya.

Agak membingungkan sebenarnya tentang Laskar Bali ini. Di satu sisi mereka dikenal sebagai gangster jahat, tapi di sisi lain kelompok ini justru diandalkan untuk hal-hal penting. Terlepas dari itu, rasanya tak perlu kita merasa resah ketika menginjakkan kaki ke Bali. Tempat ini akan selalu dan selalu memberikan hal-hal menakjubkan yang akan membuat kita tak pernah berhenti kagum.