Kota Misteri menjadi kata yang tepat untuk menggambarkan Tembagapura. Terletak di ketinggian 2000 meter di atas laut, kota ini bisa dikatakan sangatlah istimewa diantara daerah Papua yang tertinggal ia sangatlah jauh berkembang. Bahkan tempat ini ditunjang banyak fasilitas internasional, dari mulai sekolahan sampai perbankkan.

Selain memiliki hal hebat tersebut, ternyata kota ini juga menyimpan lapangan sepak bola bertaraf Internasional. Sebagai gelanggang olahraga di ketinggian Sporthall Tembagapura adalah yang terbaik di Indonesia. Bahkan sebelum meraih gelar juara AFF, Timnas U-19 asuhan Indra Sjafri pernah berlatih di tempat tersebut dulu. Ternyata beginilah kehebatan lapangan yang pernah menyesuaikan para pemain garuda muda.

Menjadi lapangan di ketinggian yang memiliki fasilitas luar biasa

Tempat Gym di Tembagapura [Sumber Gambar]
Menjadi tempat olahraga tertinggi di Indonesia. Lapangan sepak bola milik Freeport ini juga dilengkapi oleh fasilitas yang jempolan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya sarana olahraga penunjang bertaraf internasional. Dilansir dari laman Indosport, Sporthall Tembagapura memiliki Lapangan sepakbola, lapangan tenis, lapangan squash, sporthall, dan juga state of the art gymnasium. Tempat ini sendiri sebenarnya diperuntukkan untuk para pekerja tambang yang banyak bermukim di sana. Tercatat juga pernah digunakan oleh anak asung Indra Sjafri untuk menempa fisik sebelum piala AFF Cup 2013 lalu.

Memiliki rumput sintetis kelas internasional

Rumput lapangan [Sumber Gambar]
Pada stadion sepak bola ini rumput yang digunakan adalah berjenis sintetis. Meski terlihat kurang baik apabila dibandingkan dengan rumput asli, tapi mereka menggunakannya yang berstandar internasional. Jadi jangan samakan dengan rumput-rumput yang ada pada lapangan futsal daerahmu sobat. Pemilihan sintetis ini membuat lapangan milik Freeport menjadi terlihat rata tanpa gelombang. Hal ini menjadikan stadion Sporthall Tembagapura sangat enak untuk digunakan berlatih pemain sepak bola. Seperti yang kita ketahui dengan lapangan yang baguslah pemain akan lebih bisa mengeluarkan potensinya.

Sporthall Tembagapura tahan terhadap berbagai cuaca

Cuaca di Tembagapura [Sumber Gambar]
Terletak di bagian tengah, tepatnya di Kabupaten Mimika, dan rangkaian Pegunungan Sudirman membuat iklim di Tembagapura bisa dikatakan sangatlah ekstrem. Kondisi ini menjadikan pemilihan rumput jenis sintetis di lapangan Sporthall menjadi suatu yang tepat. Lantaran dengan sintetis menjadikan lapangan mampu mengantisipasi cuaca di sana yang sering berubah-ubah. Hal ini juga menyebabkan tempat olahraga ini akan memiliki masa yang lebih panjang. Bagaimana sobat apa kalian ingin bermain bola di Sporthall Tembagapura? Kalau aku sih iya.

Sangat baik untuk pembentukan fisik olahragawan

Timnas Berlatih [Sumber Gambar]
Selain bakat dan kerja keras, fisik juga menjadi suatu penting yang harus diperhatikan oleh atlet. Tanpa hal ini akan sangat sulit untuk mereka mampu meraih kesuksesan. Saking pentingnya banyak pelatih menyiapkan program latihan khusus untuk memperkuat para pemainnya. Seperti apa yang dilakukan Indra Sjafri saat memboyong Evan Dimas dan kawan-kawan ke Tembagapura. Daerah ketinggian akan sangat cocok untuk pembentukan fisik seorang atlet. Hal ini disebabkan pada ketinggian 2000 dpl, pemain dapat melatih aklimatisasi dalam tubuhnya. Dilansir laman Indosport, Aklimatisasi adalah proses fisiologis dan adaptasi pemain terhadap lingkungan.

Merupakan lapangan sepak bola multifungsi

Lapangan Multifungsi [Sumber Gambar]
Sporthall Tembagapura juga bisa dikatakan sebagai lapangan yang multifungsi. Dilansir dari laman Detik.com, pada hari raya lebaran setiap tahunnya digunakan untuk sholat idhul fitri. Bahkan pada bulan Agustus lapangan berada ketinggian di 2000 meter di atas permukaan laut juga digunakan sebagai tempat upacara memperingati kemerdekaan. Hampir banyak acara budaya atau perayaan hari besar lainnya diadakan di lapangan bersuhu dingin tersebut. Penggunaan Sporthall Tembagapura untuk aktivitas lain ini menunjukkan kepedulian Freeport terhadap warga sekitar.

Sebagai daerah yang bisa dikatakan jauh tertinggal di Indonesia, hal ini pastinya sangat menakjubkan. Apabila ke depan fasilitas ini terus muncul di sana sangat besar kemungkinan sepak bola daerah Indonesia timur akan mengalami perkembangan pesat. Ditambah lagi bakat pemain Papua yang tidak perlu diragukan lagi kehebatan, akan menjadikan mereka semakin hebat.