in

7 Hal Berguna yang Bisa Kamu Lakukan di Usia 20-an Biar Mapan di Umur 30

Semua orang, apapun pekerjaannya pasti mengidamkan yang namanya kemapanan dalam hidup. Tidak ada satu pun manusia di dunia ini yang ingin terus-menerus hidup serba berkekurangan, bukan? Namun meraih yang namanya kemapanan tentu juga bukan perkara mudah. Ada banyak harga yang harus dibayar untuk sebuah kesuksesan. Bila sekarang kalian masih senang bermain dan bersenang-senang, coba cek ulang rencana hidup kalian.

Apabila kalian ingin sukses, kembalilah fokus mengejar yang namanya kemapanan itu agar tidak merasa terlambat ketika sudah berusia matang. Di bawah ini ada beberapa hal berguna yang dapat kalian terapkan di usia 20 tahun-an supaya nantinya kesuksesan dapat diraih ketika menginjak umur 30 tahun.

Pilihlah pekerjaan yang tepat

Pilih pekerjaan yang tepat [image source]
Saat masih mengenyam pendidikan, jangan terlalu lama mengenali kemampuan diri sendiri agar selepas lulus kalian bisa langsung memilih pekerjaan yang tepat. Profesi tepat ini maksudnya adalah yang sesuai dengan karakter kalian dan memberikanmu kesempatan berkembang. Jika ingin mapan sedini mungkin, jangan habiskan waktu untuk mencoba berbagai pekerjaan. Karena bila ini terjadi, kapan kalian akan mendapatkan posisi yang lebih baik? Segera kenali diri dan tentukan pilihan.

Bukalah usaha

Buka usaha [image source]
Jika dirasa kalian tidak cocok menjadi seorang karyawan, maka jadilah pemimpin. Cari tahu keahlian apa yang jadi senjata kalian dan bukalah bisnis di bidang tersebut. Jika kalian termasuk orang yang senang menjelajahi tempat baru, cobalah membuka travel agent. Dengan begini kita bisa menambah pemasukan dengan melakukan hal yang kita sukai. Jangan buang waktumu di bawah ketiak bos di kantor, lakukan sesuatu agar hidupmu lebih baik.

Ambil resiko

Ambil resiko [image source]
Resiko adalah teman setia untuk orang-orang sukses. Semua cerita dibalik keberhasilan seseorang pasti dilandasi oleh keberanian mereka mengambil tantangan yang beresiko. Misalnya saja bila kita tidak ingin menerima uang dengan hanya berpangku tangan pada orang lain, tentunya kita harus membuka usaha sendiri. Tidak ada bisnis yang yang dimulai dengan mulus karena pasti akan ada jalan naik turun di dalamnya. Coba saja kerjakan usaha apapun yang ingin kalian mulai bagaimanapun resikonya. Karena sebuah usaha takkan berhasil tanpa dimulai.

Carilah partner dan mentor

Cari mentor [image source]
Bila kalian merasa kesulitan saat membuka sebuah usaha, carilah rekan yang kiranya bisa membantumu. Partner ini bisa saja datang dari orang terdekatmu, jadi coba bukalah mata dan jangan sungkan untuk meminta bantuan. Selain itu kalian juga bisa mencari sosok mentor yang bisa mendampingi meniti karir maupun bisnis. Carilah orang yang selama ini sudah menginspirasi kalian dan sering-sering berdiskusilah dengan mereka.

Jangan hanya menabung

Investasi [image source]
Pasti sudah banyak yang mengatakan bahwa kita harus menabung jika ingin kaya. Namun bila kalian ingin lebih kaya, cobalah untuk melakukan unvestasi. Seperti yang kita tahu bahwa nilai uang semakin lama bisa jadi turun, maka carilah ide investasi di mana itu bisa sangat menguntungkan. Misalnya dengan bermain saham, atau investasi yang berupa tanah, rumah, maupun logam mulia. Deposito bank juga patut untuk kalian coba.

Kembangkan kemampuan diri

Kembangkan kemampuan [image source]
Yang namanya investasi tak melulu soal harta benda, melainkan juga tentang pengetahuan diri. Tidak ada orang sukses di dunia ini yang cepat puas, entah itu dalam meraih keberhasilan bisnis maupun dalam menambah pengetahuan diri. Rajinlah mengikuti seminar maupun workshop untuk sekedar meng-upgrade ilmu pengetahuanmu. Jikalau kalian terbentur masalah waktu, hal tersebut bisa kok dilakukan dengan membaca buku atau mengikuti kuliah online.

Tentukan target pendapatan masa depan

Tentukan target [image source]
Mereka yang mapan juga pastinya akan selalu memiliki mimpi-mimpi tinggi. Kalau selama ini kalian hanya mengincar pendapatan bulanan sekitar 2-5 juta, coba buat patokan lebih tinggi. Misalnya saja 20 juta atau bahkan 50 juta. Mengapa? Karena target inilah yang nantinya bisa secara tidak langsung memotivasi kita untuk tetap fokus. Mungkin tidak banyak orang yang berani berpikir demikian, tapi jika kalian mau untuk melakukan hal yang berbeda maka hasilnya juga pasti akan tidak sama dengan orang kebanyakan.

Hidup mapan tidak bisa serta merta kita dapatkan begitu saja, kecuali bila kita memang terlahir kaya. Ada banyak usaha dan perjuangan yang harus kita lakukan dalam meraihnya. Namun itu semua tergantung pilihan kita saat ini. Jika yang dilakukan hanya berdiam diri dan bersenang-senang tanpa aksi apapun, jangan harap kemapanan akan mendekat. Sebaliknya tekad dan kerja keras yang kalian lakukan hari ini pasti akan terjawab nanti. Kemapanan bisa diperoleh dengan kerja keras, bukan keluhan!

Written by Faradina

Leave a Reply

4 Pelaut Muslim Legendaris yang Keberadaannya Pernah Bikin Barat Ampun-Ampunan

Hanzhalah, Nabi yang Menaklukkan Burung Raksasa Anqa’ Sang Pemangsa Manusia